Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO MENYUSUN KTSP dengan Pola Pikir BACKWARD DESIGN SMP TARAKANITA 4, JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO MENYUSUN KTSP dengan Pola Pikir BACKWARD DESIGN SMP TARAKANITA 4, JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 LOGO MENYUSUN KTSP dengan Pola Pikir BACKWARD DESIGN SMP TARAKANITA 4, JAKARTA

2 TARAKANITA  Sebanyak 22 guru atau 91,66 % dari total responden (n: 24) menyatakan bahwa design pembelajaran dimulai dengan menentukan tujuan, kemudian strategi, dan terakhir bukti hasil belajar.  1 guru atau 4,17 % menyatakan bahwa design pembelajaran dimulai dengan menentukan strategi, kemudian tujuan, dan terakhir bukti hasil belajar.  1 guru atau 4,17 % menyatakan bahwa design pembelajaran dimulai dengan menentukan tujuan, kemudian bukti hasil belajar, dan terakhir strategi RUANG LINGKUP PERMASALAHAN

3 TARAKANITA Kerangka Berpikir Guru SMP Tarakanita 4

4 TARAKANITA Kerangka Berpikir Guru SMP Tarakanita 4

5 TARAKANITA  Sebanyak 3 guru yang mendapat pengimbasan konsep BD belum sejalan dengan prinsip BD.

6 TARAKANITA  Hasil supervisi perencanaan pembelajaran guru di awal tahun pembelajaran, menunjukkan bahwa hanya 10 atau 32,25% guru yang lengkap mengumpulkan administrasi pembelajaran sampai batas waktu pengumpulan administrasi pembelajaran awal tahun tanggal 31 Agustus Selebihnya sebanyak 21 atau 67,74% guru belum lengkap (terlambat) mengumpulkan administrasi pembelajaran di awal tahun. Data ini menunjukkan bahwa para guru belum sepenuhnya memberi perhatian yang penuh pada design pembelajaran atau perencanaan pembelajaran yang harus dilakukan. ADMINISTRASI PEMBELAJARAN AWAL TAHUN

7 TARAKANITA ADMINISTRASI PEMBELAJARAN AWAL TAHUN

8 TARAKANITA »Sebagian besar para guru belum mengetahui konsep Backward Design »Tingkat pemahaman (persepsi) Guru SMP Tarakanita 4 mengenai hakekat atau prinsip Backward Design masih rendah. Guru masih memiliki pemahaman konsep yang umum terjadi di luar pembelajaran siswa yakni tujuan, strategi, dan bukti hasil belajar »Kurangnya komitmen yang tinggi untuk melakukan perencanaan pembelajaran dengan matang RUMUSAN MASALAH

9 TARAKANITA  Membantu para Supervisor dan para Guru memahami kerangka pikir dan prinsip Backward Design  Meningkatkan kemampuan para guru SMP Tarakanita 4 dalam membuat perencanaan pembelajaran berdasarkan Backward Design TUJUAN PELATIHAN

10 TARAKANITA  Pelaksanaan pelatihan yang difokuskan pada merubah pola pikir lama ke dalam kerangka pikir Backward Design  Para guru mampu menentukan tujuan, bukti hasil belajar, dan strategi pembelajaran serta jabaran dari masing- masing elemen tersebut  Perencanaan pembelajaran tahun sudah berdasarkan kerangka pikir Backward Design. FOKUS

11 TARAKANITA  Short term: Para guru dan supervisor memiliki pengetahuan baru tentang kerangka pikir dan prinsip Backward Design Para guru dan supervisor memiliki keterampilan baru dalam merancang perangkat pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design  Intermediate: Para guru membuat rancangan perangkat pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design  Long term: Para guru semakin kompeten dalam membuat rancangan perangkat pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design OUTCOMES

12 TARAKANITA  Short term: 90 % guru pada saat pelatihan mampu membuat satu contoh design pembelajaran berdasarkan Backward Design dari satu KD untuk masing-masing mata pelajaran.  Intermediate: Pada saat mentoring, para guru sudah membuat perangkat pembelajaran kurikulum berdasarkan Backward Design untuk satu semester  Long term: Penilaian DP3 komponen fungsional 80% guru baik dan 20% guru sangat baik. INDIKATOR

13 BACKWARD DESIGN DOKUMEN AKTIVITAS Pandangan Tentang Kurikulum

14 BACKWARD DESIGN MARI BERMAIN

15 BACKWARD DESIGN Tujuan yang tidak jelas dapat menyebabkan kebingungan Kita sering kali meloncat pada aktivitas pembelajaran di kelas atau MATERI tanpa menjelaskan TUJUAN PEMBELAJARAN terlebih dulu Tujuan Pembelajaran: JELAS, KHUSUS Tujuan yang jelas membantu guru dan siswa untuk TERFOKUS Refleksi

16 BACKWARD DESIGN TUJUAN dan BUKTI BELAJAR yang JELAS membuat pembelajaran menjadi EFEKTIF Bukti belajar dan tujuan yang jelas membantu guru memilih STRATEGI pembelajaran yang sesuai Refleksi

17 BACKWARD DESIGN RANCANGAN URUTAN DESIGN

18 BACKWARD DESIGN MENGAPA “BACKWARD“ ?

19 BACKWARD DESIGN Saya ingin siswaku MAMPU MELAKUKAN apa ya? PRODUK SEPERTI APA yang bisa mereka buat?

20 BACKWARD DESIGN

21 Kita terbiasa langsung melompat pada aktivitas pembelajaran di kelas tanpa menjelaskan pada siswa tujuan pembelajaran yang akan dicapai Dengan menentukan bentuk assessment di depan, kita memastikan adanya kesesuaian antara tujuan dan strategi pembelajaran dan bahwa mengajar itu berfokus pada hasil yang diinginkan

22 TUJUAN BUKTI BELAJAR METODE BELAJAR GOAL EVIDENCESTRATEGY BACKWARD DESIGN

23 Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar MATERI POKOK INDIKATOR Understanding School Values Tujuan Dimana?

24 Merumuskan MATERI POKOK SK: Mengungkapkan Informasi dalam Bentuk Surat Dinas KD: Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Berdasarkan Unsur-Unsur dan Struktur PENGETAHUANKETERAMPILANSIKAP Apa yang harus DIKETAHUI siswa? Apa yang harus BISA DIBUAT / DIP RODUKSI / DI HASILKAN siswa? Apa yang harus BISA DIDEMONST RASIKAN / DI PERAGAKAN siswa? Apa yang harus DITERAPKA N siswa? 1. Unsur - Unsur Surat Lamaran Pekerjaa n 2. Struktur Surat Lamaran Pekerjaa n Surat Lamaran berdasark an iklan Penggunaa n kaidah - kaidah EYD dalam penulisan Surat Lamaran 1. Kejujura n 2. Keteliti an 3. Kesantun an berbahas a

25 Merumuskan INDIKATOR 1.Merumuskan MATERI POKOK Menambahkan KATA KERJA pada materi pokok yang sudah ditetapkan

26 Merumuskan INDIKATOR Tambahkan KATA KERJA PENGETAHUANKETERAMPILANSIKAP 1. Unsur - Unsur Surat Lamaran Pekerjaan 2. Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Surat Lamaran berdasa rkan iklan Penggunaan kaidah - kaidah EYD dalam penulisan Surat Lamaran 1. Kejujuran 2. Ketelitian 3. Kesantunan berbahasa 1. MENGIDENTI FIKASI unsur - unsur dalam surat lamaran pekerjaan 2. MENJELASKA N struktur surat surat lamaran pekerjaan MEMBUAT surat lamaran pekerja an berdasa rkan iklan MEMPERBAIK I surat lamaran pekerjaan dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, dan penggunaan EYD 1. Dalam membuat surat lamaran, siswa MENGGUNAKAN DATA yang SESUAI dengan keadaan siswa 2. MENUNJUKKAN SIKAP TELITI dalam membuat surat lamaran pekerjaan 3. MENUNJUKKAN KESANTUNAN berbahasa dalam membuat surat lamaran pekerjaan

27 Merumuskan UNDERSTANDING Merumuskan Materi Pokok dan Indikator = BELUM CUKUP Pengetahuan- pengetahuan detil akan segera dilupakan… Pengetahuan yang lebih banyak tidak menjamin pemahaman yang lebih…

28 Merumuskan UNDERSTANDING UNDERSTANDING  KESIMPULAN yang memaknai berbagai elemen pengetahuan yang terpisah - pisah dan mungkin tampak sepele  Cara terbaik : MENGUNGKAP dan MELAKUKAN hal yang dipelajari ( Wiggins & McTighe, Understanding by Design, 2006) INDIKATOR : “ Siswa MAMPU untuk………..” UNDERSTANDING : “ Siswa MEMAHAMI bahwa……… ”

29 Merumuskan SCHOOL VALUE Nilai - nilai hidup yang sesuai dengan Visi - Misi Sekolah ( Spiritualitas Sekolah ) COMPASS ION Credo & Conselebration Competency of the brain Conviction Communion of community Creativity

30 FORMAT KTSP

31 BACKWARD DESIGN KDMATERI INDIKATOR UNDERS TANDING PENILAI AN SCHOOL VALUES SUMBER

32 1234 Satu bentuk asesmen hanya memberi gambara n minimal penguas aan siswa. Menggun akan lebih dari satu dapat menguku r lebih efektif Asesme n, selain menguk ur pemaha man, harus memban tu siswa meliha t koneks i dengan kontek s dunia nyata Selected Response Assesment ( PG, menjodohk an, jawaban singkat ) harus disertai dengan asesmen yang mengukur tingkat analisa, evaluasi, penerapan, dan penciptaa n ) Meranca ng bukti hasil belajar di depan membant u Guru meranca ng strateg i pembela jaran EVIDENCE: Gagasan Mendasar

33 EVIDENCE: Rancangan Bukti Hasil Belajar ASESMEN terdiri dari : 1. FORMATIF ASSESMENT Mengukur keefektifan pengajaran & proses belajar Ditujukan untuk melakukan penyesuaian - penyesuaian Dapat dilakukan beberapa kali dalam KD yang sama 2. SUMATIF ASSESMENT Mengukur tingkat pengetahuan / pemahaman siswa menyeluruh Ditujukan untuk melakukan evaluasi & penilaian Dilakukan satu kali dalam satu KD

34 BACKWARD DESIGN TEKNIKBENTUK 1. TES TERTULISA. TES ISIAN B. TES URAIAN C. TES PILIHAN GANDA D. TES MENJODOHKAN E. DLL 2. TES LISANA. DAFTAR PERTANYAAN 3. TES UNJUK KERJAA. TES IDENTIFIKASI B. TES SIMULASI C. UJI PETIK KERJA PRODUK / HASIL D. UJI PETIK KERJA PROSEDUR / PROSES E. UJI PETIK KERJA PROSEDUR DAN PRODUK

35 BACKWARD DESIGN 4. PENUGASANA. TUGAS PROYEK B. TUGAS RUMAH 5. OBSEVASILEMBAR OBSERVASI 6. WAWANCARAPEDOMAN WAWANCARA 7. PORTO FOLIO DOKUMEN PEKERJAAN, KARYA DAN / ATAU PRENSENTASI SISWA

36 1 Informa l check underst anding ( observa si, think loud ) Quiz dan Test Academi c prompts ( pertany aan terbuka ) 3 Tugas pribadi Rubrik Pertany aan - pertany aan refleks i 2 Nyata, disimul asikan Konteks tual Rubrik EVIDENCE: Rancangan Bukti Hasil Belajar Assesme nt Lain ( AL ) Anchor Performa nce Ass ( APA ) Self Assesme nt ( SA )

37 BACKWARD DESIGN  Nilai adalah pencapaian hasil belajar peserta didik secara komulatif dalam satu semester.  Komulatif artinya perata-rataan dari: setiap nilai ulangan harian per kompetensi dasar, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.  Bobot setiap ulangan harian sama dengan bobot ulangan tengah semester dan akhir semester

38 BACKWARD DESIGN UH1 + UH2 + UH3...dst. + UTS + UAS NR= Banyaknya UH, UTS, dan UAS Semua nilai dinyatakan dengan angka skala

39 BACKWARD DESIGN UH1: 70 UH2: 80 UH3: UH4: 80 NR= UH5: 65 8 UH6: 70 NR= 74 UTS: 65 UAS: 70

40 LOGO Selamat Mendesain Administrasi Pembelajaran


Download ppt "LOGO MENYUSUN KTSP dengan Pola Pikir BACKWARD DESIGN SMP TARAKANITA 4, JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google