Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aplikasi Mikroprosesor pada Robot NAMA:ARIF PRASETYA W NIM:L200090107.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aplikasi Mikroprosesor pada Robot NAMA:ARIF PRASETYA W NIM:L200090107."— Transcript presentasi:

1 Aplikasi Mikroprosesor pada Robot NAMA:ARIF PRASETYA W NIM:L

2 PERALATAN ELEKTRONIK BERBASIS MIKROPROSESOR Saat ini hampir setiap peralatan elektronik yang kita jumpai bekerja berdasarkan urutan operasi yang dikendalikan oleh mikroprosesor. Peralatan-peralatan berbasis mikroprosesor seperti itu dapat dijumpai di hampir semua bidang: otomotif, kesehatan, mesin-mesin manufaktur, peralatan rumah- tangga, mainan anak-anak, dsb. Di industri manufaktur, banyak proses (atau bagian dari proses) manufaktur yang dikerjakan oleh robot, yaitu salah satu sistem berbasis mikroprosesor. Robot jenis ini biasanya disebut dengan Robot Industri. Masalah pemeliharaan sistem berbasis mikroprosesor pada dasarnya dapat dibagi menjadi 2, yaitu sistem mikroprosesor yang melekat (embedded microprocesssor system) dan yang tidak melekat pada sistem (misalnya personal komputer). Beberapa teknik pelacakan kerusakan untuk kedua tipe sistem mikroprosesor tersebut adalah sama, tetapi ada teknik pelacakan yang unik untuk sistem berbasis Personal Computer (PC).

3 Konsep & Struktur Dasar Mikroprosesor Mikroprosesor merupakan sebuah perangkat berbentuk IC, dapat diprogram dan difungsikan sebagai pusat pemroses data digital, atau pembuat keputusan logik dan dapat mempengaruhi operasi atau kinerja sistem. Oleh karena itu, IC ini sering disebut unit pusat pemroses atau Central Processing Unit (CPU).

4 Dasar Sistem Berbasis Mikroprosesor Kontrol sebuah sistem yang bekerja secara tetap dan terus menerus dapat dilakukan oleh sebuah mikroprosesor. Jika diinginkan kontrol tersebut bekerja secara otomatis, maka perlu menggunakan umpanbalik yang akan memberikan informasi kepada mikroprosesor tentang hal yang dikontrolnya.

5 Aplikasi Mikroprosesor pada Robot Robot adalah salah satu sistem berbasis mikroprosesor yang sering digunakan untuk aplikasi yang sangat luas, misalnya robot pemasang baut atau pengecat bodi mobil di industri manufaktur, penjejak sumber api di tim pemadam kebakaran, pencari sampel material pada penelitian di bulan, mainan anak-anak, dan lain-lain.

6

7 Jenisnyapun bermacam-macam, tergantung pada beberapa faktor, antara lain: banyak atau jenis tugas yang dapat dilakukannya, sistem kontrol yang digunakan, tingkat kecerdasannya (mampu belajar, membuat keputusan, melakukan tindakan tertentu setelah mengalami pembelajaran, misalnya menjawab pertanyaan, dan lain-lain).

8 Pekerjaan utama dalam kontrol robot meliputi: Pengaturan putaran dan posisi poros (kecepatan dan letak) Jalur interpolasi (misalnya linier atau melingkar) Transformasi koordinat (misalnya koordinat ruang dalam sambungan) Komunikasi dengan perangkat-perangkat pengindra, operator dan alat pemrogram Pemrogaman (misalnya menyim-pan dan meng-edit program) Diantara pekerjaan tsb, transformasi koordinat dan pengaturan jalur interpolasi merupakan suatu pekerjaan yang menuntut proses perhitungan dan pengambilan keputusan logik yang sangat cepat, karena hasil perhitungan tersebut seringkali diteruskan atau disambung dengan perhitungan berikutnya atau dibandingkan dengan suatu nilai, sehingga didapat jalur yang tepat dan gerakan yang halus.

9 SEKIAN


Download ppt "Aplikasi Mikroprosesor pada Robot NAMA:ARIF PRASETYA W NIM:L200090107."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google