Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER ? Computare (Latin) to compute menghitung Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER ? Computare (Latin) to compute menghitung Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER ? Computare (Latin) to compute menghitung Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Bekerja secara otomatis.

2 ILMU KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Tahun 1960 dimulainya formalisasi Ilmu Komputer: –Ilmu Komputer (Computer Science)‏ –Teknik Komputer (Computer Engineering)‏ –Komputing (Computing)‏ –Informatika (Informatics)‏ Dasar Ilmu Komputer adalah matematika dan engineering (teknik)‏ Matematika menyumbangkan metode analisa Engineering menyumbangkan metode desain

3 DEFINISI ILMU KOMPUTER Studi sistematik tentang proses algoritmik Menjelaskan dan mentrasformasikan informasi Berhubungan dengan: –Teori-teori –Analisa –Desain –Efisiensi –Implementasi –Aplikasi-aplikasi Pertanyaan mendasar berhubungan dengan Ilmu Komputer adalah, "Apa yang bisa diotomatisasikan secara efisien".

4 Persepsi Yang Salah Tentang Ilmu Komputer Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang komputer. Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menulis program komputer. Ilmu Komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengunaan aplikasi- aplikasi komputer.

5 4 golongan besar alat pengolah data Peralatan manual: Peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, menggunakan tenaga tangan manusia. Peralatan Mekanik: Peralatan yang sudah berbentuk mekanik, digerakkan dengan tangan secara manual. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

6 Perkembangan Teknologi Komputer Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan membutuhkan tempat yang besar, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan yang besar. Kemajuan industri komponen elektronika IC (integrated circuit) telah mendorong terciptanya berbagai perangkat chip IC yg beragam dan mendukung berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuan teknologi elektronik tidak terlepas dari adanya kemajuan di bidang pengetahuan dan pengolahan bahan semiconductor khususnya silicon

7 Pemanfaatan Teknologi Komputer Manfaat omputer saat ini cukup beragam mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan proram-program, penyelesaian problem-problem ilmiah dan bisnis Dunia Anak, telah lama mengenal alat permaian games yg dikendalikan oleh sistem komputer Bidang industri, komputer digunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi Bidang department store, menggunakan komputer sebagai mesin cash register Bidang pendidikan, banyak peralatan laboratorium yg dilengkapi komputer agar dapat bekerja lebih teliti dan dapat mengatasi kendala hambatan indra manusia Dan lain – lain….

8 Terminologi Komputer Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sbb: - menerima input - memproses input tadi sesuai dengan programnya - menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan - menyediakan output dalam bentuk informasi Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.


Download ppt "KOMPUTER ? Computare (Latin) to compute menghitung Alat elektronik Dapat menerima input data Dapat mengolah data Dapat memberikan informasi Menggunakaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google