Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 7 INTERNET  Pendahuluan  Definisi internet  Pemanfaatan Internet  Interaksi Elektronik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 7 INTERNET  Pendahuluan  Definisi internet  Pemanfaatan Internet  Interaksi Elektronik."— Transcript presentasi:

1 BAB 7 INTERNET  Pendahuluan  Definisi internet  Pemanfaatan Internet  Interaksi Elektronik

2 PENDAHULUAN Interconnected Network atau lebih dikenal sebagai internet lahir sebagai hasil langsung dari keperluan-keperluan penelitian dan pengembangan oleh pemerintah, universitas, dan perusahaan besar.

3 Apa itu Internet???? ???????????? Ger……ger….z berat……..okqf q………….kff’’a ;

4 Internet adalah suatu jaringan komputer yang anggotanya terdiri dari jaringan-jaringan lain yang lebih kecil. Ribuan jaringan-jaringan kecil ini dimiliki dan didirikan baik oleh institusi, lembaga Pendidikan, perusahaan komersil, Organisasi dan bahkan individual.

5 Tujuan Utama??? Tujuan utama internet yaitu untuk dapat bekerja bersama-sama secara efisien, sehingga memungkinkan untuk sharing data dan informasi secara bersama-sama.

6 Setiap komputer dan jaringan secara langsung maupun tidak langsung terhubung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone. Setiap komputer dan jaringan yang terhubung tersebut di bedakan satu dengan yang lainnya menggunakan nama yang unik yang disebut alamat IP (IP Address). Komputer dan jaringan tersebut bisa memiliki platform yang berbeda, misalnya Unix, Linux, Windows, dll. Hal ini memerlukan adanya standard aturan/protokol yang harus disepakati agar setiap komputer dan jaringan tersebut dapat saling berkomunikasi. Protokol yang digunakan di Internet adalah TCP/IP (Transmission Control Protokol / Internet Protokol).

7

8 Beberapa alasan mengapa Internet semaking populer: 1.Informasi dapat di share dengan pertukaran pesan antar komputer diseluruh dunia. 2.Banyaknya orang yang membutuhkan informasi tentang suatu hal, namun secara geografis sangat berjauhan untuk memperoleh informasi tersebut. 3.Kualitas informasi sendiri adalah sangat kompleks, teknis, dan subyek yang selalu berubah-ubah. Ex. Informasi fluktuasi harga. 4.Waktu sebagai faktor yang sangat penting, baik dari nilai informasi tersebut atau ketersediaan informasi yang dibutuhkan.

9 Sistem Kerja Internet Data dari komputer sumber keluar ke modem Dalam bentuk Sinyal elektromagnetik, kemudian sinyal tersebut diubah menjadi sinyal telepon (pulsa) oleh modem. Selanjutnya sinyal masuk ke modem kembali dan kemudian diubah menjadi Sinyal elektromaghnetik sebelum akhirnya Masuk ke komputer tujuan.

10

11 Koneksi ke internet Koneksi ke internet dapat menggunakan koneksi dial-up melalui: –jaringan telepon PSTN (Public Switched Telephone Network) atau –lewat ponsel GPRS (General Packet Radio Service), Dalam hal ini ponsel harus dihubungkan ke PC, Modus koneksinya adalah kabel data serial, infrared, CompactCard, Flash, dan Bluetooth.

12

13

14

15 Interaksi elektronik  e-Commerce  e-Banking  e-Goverment  e-Learning

16 Keterangan e-Commerce : Berkaitan dengan kegiatan yang bersifat komersial di Internet. Ex: Aktifitas transaksi perdagangan melalui sarana Internet. e-Banking : Berkaitan dengan aktifitas perbankan di Internet e-Government : Berkaitan dengan aktifitas dibidang pemerintahan. e-Learning : Berkaitan dengan aktifitas pembelajaran di internet, dalam bentuk sekolah maya.

17

18 Internet service Browser dan Browsing Search Engine Chating File Transfer Remote Login Cybercrime

19 Kode dalam Web KodeKeterangan.net atau.net.id.com atau.co.org atau.or.edu atau.ac.mil.gov Menandakan bahwa pendirinya adalah Internet Service Provider. Menandakan bahwa pemiliknya adalah perusahaan. Menandakan bahwa pemiliknya adalah sebuah organisasi. Menandakan bahwa pemiliknya adalah lembaga pendidikan. Menandakan Pemiliknya adalah organisasi militer. Menandakan pemiliknya merupakan situs pemerintahan.


Download ppt "BAB 7 INTERNET  Pendahuluan  Definisi internet  Pemanfaatan Internet  Interaksi Elektronik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google