Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengapa perlu manajemen data? Data adalah sumber daya penting organisasi yang perlu dikelola seperti mengelola aset penting lainnya. Saat ini, pimpinan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengapa perlu manajemen data? Data adalah sumber daya penting organisasi yang perlu dikelola seperti mengelola aset penting lainnya. Saat ini, pimpinan."— Transcript presentasi:

1 Mengapa perlu manajemen data? Data adalah sumber daya penting organisasi yang perlu dikelola seperti mengelola aset penting lainnya. Saat ini, pimpinan tidak dapat berhasil tanpa data yang berkualitas mengenai internal dan lingkungan eksternal mereka. Inilah mengapa berbagai organisasi dan para pimpinan perlu melakukan manajemen sumber daya data, yaitu sebuah aktivitas manajerial yang mengaplikasikan teknologi sistem informasi seperti manajemen database, gudang data, dan alat manajemen data lainnya dalam tugas untuk mengelola sumber daya data organisasi agar dapat memenuhi kebutuhan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan.

2 manajemen data adalah pengembangan dan penerapan arsitektur, kebijakan, praktik, dan prosedur yang secara benar menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu organisasi."

3 Data yang dikelola : 1. Kehidupan beragama (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu) a. Rumah Ibadat b. lembaga social keagamaan c. Kitab suci d. rohaniwan e. dana zakat/kolekte/punia/paramita f. seni budaya g. Peristiwa nikah dan perceraian (Islam)

4 lanjutan 2. Kerukunan intern dan antar umat beragama  tokoh agama;  penyelesaian konflik yang berlatar belakang agama;  kerjasama intern dan antar umat beragama dibidang sosial ekonomi  dialog antar umat beragama.  sekretariat bersama antar umat beragama;  forum kerukunan umat beragama;  lembaga keagamaan;

5 lanjutan 3. Pendidikan agama dan pendidikan keagamaan (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan Khonghucu) Data guru agama pada sekolah umum negeri dan swasta Data guru dan siswa pada sekolah keagamaan Data dosen dan siswa pada perguruan tinggi agama negeri

6 lanjutan 4. Penyelenggaraan ibadah haji pendaftaran haji; keberangkatan dan pemulangan haji; jemaah haji yang sakit dan meninggal dunia; dan data lain yang relevan dengan tugas dan fungsi

7 lanjutan 5. Data tata kelola kepemerintahan terdiri atas satuan kerja; kepegawaian; anggaran; barang miliki Negara (BMN); pendidikan dan latihan; penelitian;dan pengawasan.

8 KATALOG DATA Disusun berdasarkan substansi dan kategori tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam rangka upaya menyediakan data dan informasi untuk mewujud kan tata kelola pemerintahan yang baik dengan prinsip transparan, efektif dan akuntabel.

9 Aplikasi pengelola data di lingkungan Kementerian Agama 1. Biro Kepegawaian ----  SIMPEG 2. Ditjen Pendis  EMIS 3. Ditjen Bimas Islam ----  SIMBI (SIMKAH, SIWAK, SIMAS) 4. Ditjen PHU ----  SISKOHAT 5. Sekjen ----  E-MPA (e-data, e-planning, e-audit dan e-monev)

10 ORGANISASI PENGELOLA DATA Pusat (eselon I di lingkungan Kemenag, kordinator Pinmas) Kanwil Prov. (Bag TU, Bidang-bidang dan pembimas, kordinator subbag Inmas ) Kankemenag Kab./Kota (Subbag TU, Seksi-seksi dan Penyelenggara ) Madrasah Megeri (Kasubbag TU atau Guru/Pegawai yang diberi tugas sbg pengelola data) KUA (Pegawai yang diberi tugas sebagai pengelola data)

11 Yang dilakukan PIC  Pengumpulan bahan data  Input data  Updating data  Validasi dan verifikasi data Pada masing-masing Satker.

12 Penggunaan data (e-data) 1. Data Perencanaan 2. Pemetaan Data 3. Konten data PPID 4. Memenuhi UU no. 14 tahun 2008 psl 2 ayat 1

13 SYSTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN System pendukung keputusan atau DSS digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisa dan membentuk data yang dikoleksi, dan mengambil keputusan yang benar atau membangun strategi dari analisis, tidak pengaruh terhadap computer, basis data atau manusia penggunanya.

14 lanjutan Persyaratan yang biasa dimiliki dalam penerapan Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Tinggi: Pengumpulan data dari beragam sumber (data pegawai, data dosen, data guru, data rumah ibadah, data haji, dsb). Penformatan dan penggunaan data. Lokasi database yang sesuai serta pembangunan format untuk pembuatan laporan dan analisa berbasis pengambilan keputusan. Perangkat dan aplikasi yang serba bisa dan mampu memberikan pelaporan, monitoring dan analisa terhadap data.

15 Gudang Data (Data warehouse) Gudang data adalah sumber pusat dari data yang dinamis dapat digunakan untuk penambangan data, dan juga dapat digunakan sebagai analisis bentuk lainnya, untuk pendukung keputusan.

16 Karakteristik Gudang Data Dinamis Multidimensi Biasanya gudang data menggunakan struktur multidimensi Berbasis web Saat ini,gudang data didesain untuk menyediakan lingkungan komputasi yg efisien untuk aplikasi berbasis web

17 Manfaat Gudang Data User dapat mengakses data yg dibutuhkan dgn cepat dan mudah karena semuanya terletak disatu tempat User dapat melakukan analisis secara intensif terhadap data User dapat memiliki pandangan yg menyeluruh mengenai data organisasional

18 Information dashboard merupakan sebuah alat yang memberikan tampilan antarmuka dalam berbagai bentuk, seperti diagram, laporan, indikator visual, mekanisme alert, yang dipadukan dengan informasi yang dinamis dan relevan. Information dashboard menyajikan informasi mengenai Key Performance Indicators (KPI’s) secara sekilas. Tujuan penggunaan information dashboard, yaitu untuk mengukur kinerja, memonitor proses yang sedang berjalan, dan memprediksi kondisi di masa mendatang.


Download ppt "Mengapa perlu manajemen data? Data adalah sumber daya penting organisasi yang perlu dikelola seperti mengelola aset penting lainnya. Saat ini, pimpinan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google