Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN BADAN PENGEMBANGAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN PUSAT PENYULUHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SISTEM INFORMASI PENYEBARLUASAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN BADAN PENGEMBANGAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN PUSAT PENYULUHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SISTEM INFORMASI PENYEBARLUASAN."— Transcript presentasi:

1 KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN BADAN PENGEMBANGAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN PUSAT PENYULUHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SISTEM INFORMASI PENYEBARLUASAN MATERI PENYULUHAN KP (Cyber extension Pusluh KP)

2 Guna percepatan diseminasi materi penyuluhan kelautan dan perikanan yang bersumber dari teknologi kelautan dan perikanan yang dihasilkan unit kerja teknis lingkup KKP dan memuat teknologi kelautan dan perikanan spesifik lokasi di daerah, Pusluh KP telah menginisiasi membangun sistem informasi penyebarluasan materi penyuluhan KP atau cyber extension. Teknologi KP terekomendasi yang sudah dihasilkan dapat dimuat dalam aplikasi cyber extension sehingga dapat digunakan oleh penyuluh perikanan se Indonesia sebagai bahan penyusunan materi penyuluhan kepada pelaku utama perikanan Materi penyuluhan spesifik lokasi yang sudah dihasilkan oleh daerah memungkinkan diupload pada cyber extension PENDAHULUAN

3 PENGERTIAN Cyber Extension adalah suatu mekanisme pertukaran informasi melalui area cyber, suatu ruang imajiner-maya di balik interkoneksi jaringan komputer melalui peralatan komunikasi. area cyberkomunikasi Secara etimologi, cyber extension terdiri dari dua kata yaitu cyber dan extension. Cyber menurut Oxford Dictionary berarti yang berhubungan dengan Teknologi Informasi, Internet, dan virtual reality. Sedangkan Extension secara harfiah dapat disebut sebagai “tindakan atau proses memperluas atau memperpanjang sesuatu”. Itu bisa Perluasan area, waktu maupun ruang. Jadi Extension atau penyuluhan adalah sebuah mekanisme sentral dalam proses pembangunan, baik dari segi transfer teknologi dan pengembangan sumber daya manusia. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Cyber Extension merupakan media komunikasi inovasi baru yang bersifat hybrid dan konvergen yang memanfaatkan jaringan internet, komunikasi melalui komputer dan multimedia interaktif digital untuk menjembatani proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi baru di berbagai bidang secara cepat.etimologiCyberInternet Extensionmedia komunikasi inovasi baruhybridkonvergenkomputer multimedia interaktif digitaltransformasi

4 Tampilan muka SISTEM INFORMASI PENYEBARLUASAN MATERI PENYULUHAN KP (Cyber extension Pusluh KP) address : mfcepusluh.bpsdmkp.kkp.go.id

5 GAMBARAN UMUM Cyber Extension Pusluh KP Substansi Materi Secara umum, cyber extension Pusluh KP akan memuat materi penyuluhan KP yang bersumber dari teknologi KP yang terekomendasi yang disusun dalam bentuk materi penyuluhan. Selain itu, cyber extension ini juga mengakomodir materi penyuluhan KP dari kelembagaan penyuluhan di provinsi dan kabupaten/kota khususnya dari penyuluh perikanan di Indonesia yang memuat hasil teknoligi spefisik lokasi dan kearifan lokal Untuk itu, setiap provinsi dan kabupaten/kota termasuk penyuluh perikanan akan diberi akses untuk mengirimkan materi penyuluhan yang sudah berhasil di aplikasikan dari daerah masing-masing. Bentuk Materi Media tertulis dan tertayang (video).

6 MEKANISME PENYUSUNAN DAN PENGUNGGAHAN (UPLOAD) MATERI PENYULUHAN KP MELALUI CYBER EXTENSION DARI SUMBER TEKNOLOGI KKP

7

8 PENUTUP Aplikasi Cyber extension diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan khususnya penyuluh perikanan dalam memberikan materi penyuluhan kepada pelaku utama dan pelaku usaha KP. Operasional dan pemanfaatan cyber extension membutuhkan komitmen kerja sama yang baik dari berbagai stakeholder pembangunan KP, khususnya lembaga penghasil teknologi dan lembaga penyuluhan.

9 Kementerian Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan


Download ppt "KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN BADAN PENGEMBANGAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN PUSAT PENYULUHAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SISTEM INFORMASI PENYEBARLUASAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google