Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Statistika Industri I TIP-FTP-UB Pengampu: Azimmatul Ihwah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Statistika Industri I TIP-FTP-UB Pengampu: Azimmatul Ihwah."— Transcript presentasi:

1 Statistika Industri I TIP-FTP-UB Pengampu: Azimmatul Ihwah

2 Before mid lectures

3 Score and rules Your final score will be from Imma (50%) and Nur Laila (50%) Imma’s score elements : - Task= 10% -Quiz= 20 % -Discussion= 20% - Middle Exams= 50% Rules : - 15 minutes tolerance of lateness, be valid to both students and lecture (except the lecture inform for lateness) - all devices : silent  please kindly out of the class if it’s important -You may eating or drinking, except something disturb, ex ‘keripik’, rice bowl include the dish, etc. -If you try anything to cheat, you’ll get 0 for quiz

4 Statistics are everywhere!

5 Apa itu STATISTIKA Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang pengumpulan data dan penyajian data. Dari data yang ada tersebut kita dapat melakukan analisis untuk menarik kesimpulan dan melakukan prediksi. Kesimpulan mengenai apa? Bagaimana kita bisa menarik kesimpulan itu? Kesimpulan mengenai populasi berdasarkan data yang ada pada bagian dari populasi itu.

6 Populasi dan Sampel Jadi, apa itu Populasi? apa yang disebut bagian dari populasi itu? Populasi adalah kumpulan keseluruhan pengukuran, objek, atau individu yang sedang dikaji. Bagian dari populasi itulah yang disebut sampel. Contoh: jika populasinya mahasiswa Universitas Brawijaya, maka sampelnya mahasiswa FTP, atau mahasiswa Fakultas Kedokteran

7 Statistika Statistika dibedakan menjadi dua jenis: 1.Statistika Deskriptif adalah bagian statistika yang mempelajari cara penyusunan data yang dikumpulkan. Seperti penyajian data dalam bentuk tabel, grafik ataupun dalam konstanta yang mewakilinya (mean,median,modus) 2. Statistika Induktif/Inferensial adalah bagian statistika yang mempelajari tata cara penarikan kesimpulan mengenai populasi berdasarkan data yang ada pada sampel. Misalnya ingin mengetahui berapa proporsi cabe yang rusak pada saat panen di wilayah X dan hanya diambil n kg. Ternyata diketahui p kg cabe yang rusak dari n kg cabe yg diambil tadi. Statistika Induktif mempelajari bagaimana menggeneralisasikan hasil tersebut terhadap populasi cabe di wilayah X.

8 Statistika Inferensial Statistika Inferensial diklasifikasikan menjadi dua: 1.Statistika Inferensial Parametrik Prosedur penarikan kesimpulan dengan berdasarkan sejumlah asumsi, seperti normalitas data, independensi. 2. Statistika Inferensial Nonparametrik Disebut pula metode bebas distribusi. Karena metode ini hanya sedikit membuat dugaan mengenai populasi asal sampel.

9 Statistika Industri Analisa data dalam penelitian bidang industri dengan menggunakan prinsip dan metode dalam Statistika.

10 Variabel dan Data Variabel berasal dari kata ‘vary’ dan ‘able’ yang berarti dapat berubah. Dalam penelitian, variabel dapat diartikan sebagai sifat-sifat yang memiliki nilai dan dapat diteliti. Nilai dari variabel ini dapat berubah. Data adalah sesuatu yang mewakili variabel. Jadi data merupakan bahan mentah yang dapat diolah untuk memperoleh informasi/keterangan.

11 Klasifikasi Variabel ditinjau dari ada tidaknya gap antar nilai pengamatan Variabel Diskrit Variabel yang cacah nilainya berhingga atau nilainya dapat didaftar. Contoh cacah anak dalam keluarga. Variabel Kontinyu Variabel yang cacah nilainya tidak berhingga dan nilainya tidak dapat didaftar. Contoh tinggi badan. Data yang menggambarkan variabel diskrit disebut data diskrit, sedangkan data yang menggambarkan variabel kontinu disebut data kontinyu.

12 Klasifikasi Variabel menurut tingkat pengukuran Variabel Nominal -> ada klasifikasi dan kategori pengamatan Contoh: jenis kelamin Variabel Ordinal -> ada klasifikasi dan tingkatan Contoh: tingkat pendidikan Variabel Interval -> ada klasifikasi, tingkatan dan terdapat satuan pengukuran Contoh: nilai UTS Statistika Industri I Variabel Rasio -> ada klasifikasi, tingkatan, terdapat satuan pengukuran dan mempunyai nilai nol mutlak Contoh: tinggi badan, temperatur pemanggangan Variabel nominal dan ordinal merupakan variabel kualitatif, sedangkan variabel interval dan rasio merupakan variabel kuantitatif.

13 Pengelompokan Data (cont.) Data menurut sumbernya: 1. Data internal Data yg sumbernya diperoleh dari dalam unit (objek) penelitian. Contohnya adalah data keuangan perusahaan. 2. Data eksternal : Data yg sumbernya berasal dari luar unit (objek) penelitian Contohnya adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi pelanggan

14 Pengelompokan Data (cont.)  Data menurut cara memperolehnya : 1. Data primer : data yang diusahakan dan dimanfaatkan oleh orang pertama (data yang dihimpun langsung oleh peneliti). Misal data berat badan Mahasiswa FTP Pada Makul Statind I Kelas P yang diukur dengan cara peneliti membawa timbangan untuk mengukur langsung. 2. Data sekunder : data yang diperoleh atas usaha pihak lain. Misal data dari Badan Pusat Statistik (BPS)

15 Pengelompokan Data (cont.) Data menurut waktu pengumpulannya : 1. Data Cross Section Data cross-section adalah data yang menunjukkan titik waktu tertentu. Contohnya laporan keuangan per 31 desember 2006, data pelanggan PT. angin ribut bulan mei 2004, dan lain sebagainya. 2. Data Time Series / Berkala Data berkala adalah data yang datanya menggambarkan sesuatu dari waktu ke waktu atau periode secara historis. Contoh data time series adalah data perkembangan nilai tukar dollar amerika terhadap euro eropa dari tahun 2004 sampai 2006, jumlah pengikut jamaah nurdin m. top dan doktor azahari dari bulan ke bulan, dll.

16 Review Akan dilakukan penelitian untuk mengetahui capaian panen beras di Indonesia. Diperoleh data berat beras dari 50 kabupaten (dalam ribuan ton) di Indonesia sebagai berikut : Apakah populasi dan sampel dalam penelitian tersebut? Tentukan jenis variabel dari data tersebut!


Download ppt "Statistika Industri I TIP-FTP-UB Pengampu: Azimmatul Ihwah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google