Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATA. Pengertian data Data berasal dari bahasa latin, bentuk jamak dari datum, yaitu serangkaian bukti, fakta, atau informasi yang menggambarkan tentang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATA. Pengertian data Data berasal dari bahasa latin, bentuk jamak dari datum, yaitu serangkaian bukti, fakta, atau informasi yang menggambarkan tentang."— Transcript presentasi:

1 DATA

2 Pengertian data Data berasal dari bahasa latin, bentuk jamak dari datum, yaitu serangkaian bukti, fakta, atau informasi yang menggambarkan tentang suatu hal atau suatu keadaan

3 Jenis Data Menurut Sifatnya Data Kualitatif yaitu informasi yang tidak berbentuk angka tetapi informasi yang dinyatakan dalam kata atau keterangan Contoh: Sangat, cukup, rata-rata, sebagian kecil. Data kuantitatif: informasi yang dinyatakan dalam bentuk angka Contoh: Volume penjualan tahun 2008 sebanyak 250 unit Biaya promosi bulan Januari sebanyak Rp ,-

4 Data kuantitatif dalam statistik terbagi dua, yaitu : Diskrit : data yang selalu memiliki nilai bulat dalam bilangan asli, tidak ada pecahan. contoh: Jumlah mahasiswa 59 orang (persis 59 orang tidak ada 59,5 orang) Kontinum : data yang memiliki nilai sebaran baik bulat maupun pecahan. contoh: tinggi badannya 167,40 cm, berat badan 50,5 kg.

5 MACAM SKALA PENGUKURAN Skala nominal Adalah skala pengukuran yang menyatakan kategori, kelompok atau klasifikasi. Seperti Jenis kelamin, Laki-laki diberi bobot 1, wanita bobot 2. Agama, Islam diberi bobot 1, kristen diberi bobot 2, Katolik diberi bobot 3, Hindu diberi bobot 4 dan seterusnya). Skala nominal digunakan dalam data yang tidak menjelaskan nilai peringkat, jarak, atau perbandingan.

6 Skala ordinal Skala ordinal adalah skala pengukuran yang menyatakan kategori, dan juga dapat menyatakan peringkat objek yang diukur. Skala ordinal menunjukkan suatu tingkatan peringkat penilaian atau preferensi seseorang terhadap sesuatu hal.

7 Skala selang (interval): Skala interval merupakan skala pengukuran yang menyatakan kategori, peringkat dan jarak objek yang diukur. Skala interval dapat dinyatakan dengan angka 1 sampai dengan 5 atau angka 1 sampai dengan 7. Skala pengukuran ini menggunakan konsep jarak atau interval yang sama (equality interval). Skala ini biasanya menggunakan metode likert dan semantic differensial.

8 Skala rasio Merupakan skala pengukuran yang menyatakan kategori, peringkat, jarak dan perbandingan objek yang diukur. Skala rasio menggunakan nilai absolut, seperti nilai uang, atau ukuran berat dan jarak, sehingga skala ini memperbaiki kelemahan skala interval yang menggunakan nilai relatif.

9 Data Menurut cara memperolehnya Data Primer yaitu informasi yang dikumpulkan dari tangan pertama, dikumpulkan dan diolah sendiri oleh peneliti atau pengumpul data Contoh: data tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan teller Bank X (data ini berasal dari hasil jawaban kuesioner) Data sekunder yaitu informasi yang diperoleh dari hasil publikasi dan diolah oleh pihak lain Contoh: Data nilai penjualan yang diambil dari laporan keuangan, data inflasi, volume penjualan, dan sebagainya.

10 Data Menurut waktu Data cross section yaitu kumpulan informasi yang berasal dari satu waktu Contoh: Jumlah penjualan selama bulan April Data time series yaitu kumpulan informasi yang berasal dari sederetan waktu. Periode waktu dapat berupa harian, mingguan, bulanan, kuartalan, semesteran dan tahunan.


Download ppt "DATA. Pengertian data Data berasal dari bahasa latin, bentuk jamak dari datum, yaitu serangkaian bukti, fakta, atau informasi yang menggambarkan tentang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google