Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan SI 1 Dua alasan utama pentingnya Manajemen Informasi 1. Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen - pengaruh ekonomi internasional - meningkatnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan SI 1 Dua alasan utama pentingnya Manajemen Informasi 1. Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen - pengaruh ekonomi internasional - meningkatnya."— Transcript presentasi:

1 Pengenalan SI 1 Dua alasan utama pentingnya Manajemen Informasi 1. Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen - pengaruh ekonomi internasional - meningkatnya kekompleksan teknologi - penyusutan kerangka waktu - tekanan pesaing - tekanan sosial 2.Keberadaan alat untuk memecahkan masalah Manajer adalah seseorang yang bertanggungjawab untuk mengarahkan penggunaan segala jenis sumber. Ketrampilan yang harus dimiliki oleh manajer, yaitu : 1.Komunikasi 3. Pemahaman komputer 2.Pemecahan masalah 4. Pemahaman informasi

2 Pengenalan SI 2 Manajer dan Sistem ARTI SISTEM Kelompok Elemen atau Group of Elements. Sebuah sistem harus mempunyai lebih dari satu elemen. Elemen terpadu (Integrated Elements). Semua elemen dari suatu sistem harus mempunyai beberapa hubungan yang logis. InputTransform Output Control Gambar 1 Bagian komponen dari suatu sistem

3 Pengenalan SI 3 ELEMEN SISTEM System Subsystem A Sub-subsystem A-1 Sub-subsystem A-2 Sub-subsystem A-3 Subsystem B Elemental part C Sub-subsystem B-1 Sub-subsystem B-2 Sub-subsystem B-3 Gambar 2 Komposisi sistem

4 Pengenalan SI 4 ARTI SUBSISTEM Subsistem (subsystem) adalah sistem yang ada dalam sistem yang lebih besar. Hal ini berarti sistem berada pada beberapa tingkat. ARTI SUPERSISTEM Jika suatu sistem merupakan bagian dari sistem yang lebih besar, maka sistem yang lebih besar tersebut dinamakan supersistem. DATA DAN INFORMASI Data terdiri dari kenyataan dan gambar yang secara relatif tak mempunyai arti bagi si pemakai. Informasi adalah data yang diproses, atau data yang mempunyai arti bagi si pemakai. Transformasi dari data menjadi informasi dilakukan oleh information processor (pemroses informasi). Pemroses informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konsep. Banyak istilah yang digunakan untuk menandai unit komputerisasi-pemrosesan data, MIS, sistem komputer, sistem informasi dan sebagainya. Kita akan menggunakan istilah Pelayanan Informasi (Information service), dengan memberi penekanan pada informasi (dari pada data) dan dimaksudkan untuk memberikan pelayanan ke seluruh organisasi tersebut.

5 Pengenalan SI 5 SPESIALIS INFORMASI Spesialis Informasi digunakan untuk menjelaskan semua orang yang bekerja dalam pelayanan informasi. Ada 3 kategori utama, yaitu : 1.Analis sistem (bekerja dengan informasi yang dirancang oleh pemakai menjadi sistem yang baru) 2.Programmer (memberi kode instruksi yang memberikan pedoman bagi komputer) 3.Operator (mengoperasikan peralatan) KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI YANG LENGKAP Sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan semua media untuk menampilkan informasi. Sistem tersebut terdiri atas komponen formal dan informal dan memungkinkan manajer untuk memahami apa yang telah terjadi di masa lampau, apa yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi di masa datang.

6 Pengenalan SI 6 Computer-based information system (CBIS) Data procesing system Management information system Decision support systems Office automation systems Expert systems Information Decisions Problem solution Gambar 3. Sistem Informasi yang menggunakan komputer

7 Pengenalan SI 7 PENCAPAIAN CBIS Dalam beberapa hal, tiap subsistem CBIS adalah seperti organisme hidup. Proses ini disebut System Life Cycle (SLC). Fase ini terdiri dari fase: Perencanaan Analisis dan disain Implementasi Operasi dan kontrol MANAJEMEN SUMBER INFORMASI Manajemen puncak sebaiknya menetapkan penggunaan komputerisasi dalam organisasinya yang akan berguna untuk mengetahui penciptaan sumber informasi dan pengelolaannya. Perencanaan formal untuk manajemen sumber informasi ini disebut Information Resourches Management (IRM) atau Manajemen sumber Informasi.

8 Pengenalan SI 8 Jika Perusahaan menerapkan IRM, maka ada 3 unsur utama yang harus diperhatikan, yaitu : 1.Eksekutif puncak bagian komputer melaporkan secara langsung kepada pimpinan dan ia diberi titel chief information officer (CIO) atau kepala bagian informasi. 2.CIO turut ambil bagian dengan eksekutif lain dalam penyusunan rencana jangka panjang untuk organisasi. 3.Salah satu rencana jangka panjang tersebut harus dibuat agar kebutuhan informasi dapat memberi keputusan pelayanan melalui komputerisasi personal (mikrokomputer), dengan penggunaan komputer remote dari terminal penggunaan komputerisasi terpusat. IRM adalah kebijaksanaan yang bersifat formal terhadap manajemen sumber informasi dan akan menjadikan keadaan yang dinamis dan bahkan kondisi yang lebih baik dalam penggunaan komputer.


Download ppt "Pengenalan SI 1 Dua alasan utama pentingnya Manajemen Informasi 1. Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen - pengaruh ekonomi internasional - meningkatnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google