Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JURUSAN ARSITEKTUR - FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JURUSAN ARSITEKTUR - FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA."— Transcript presentasi:

1 JURUSAN ARSITEKTUR - FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN CAKUPAN ISI ( Content Summarry ) Presentasi Tugas Rancangan Tapak dan Penilaian Tugas TUJUAN PEMBELAJARAN ( Learning Outcomes ) Mampu mempresentasikan Rancangan Tapak atas Konsep Perancangan Tapak yang sudah dibuat. KRITERIA PENILAIAN ( Assesment Criteria ) 1. Kemampuan menjelaskan hasil karyanya 2. Kelengkapan hasil karya/ substansi 3. Ketajaman dan kreatifitas Rancangan Tapak (s/d Maket) secara menyeluruh 4. Keaktifan dalam presentasi METODE PENILAIAN (Assesment Method) 1. Presentasi Tugas 2. Penilaian Tugas Mandiri Konsep Perancangan Tapak Rancangan Tapak Rancangan Ruang Luar Rancangan Elemen-elemen Ruang Luar Maket PENYAMPAIAN (Delivery) Simulasi Presentasi Tugas Penilaian Tugas PUSTAKA (References) Semua PUSTAKA yang digunakan pada Materi Perkuliahan sebelumnya (References)

2 JURUSAN ARSITEKTUR - FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA PEMROGRAMAN TAPAK Pendataan tapak: Gambar tapak, Kondisi Lokasi dan Tapak. Analisis Tapak, Tanggapan Rancangan, Penzoningan Konsep-konsep Disain Tapak PERANCANGAN (DISAIN TAPAK) 1. Rancangan Skala Tapak: Site Plan, untuk dilanjutkan jadi maket tapak. Ground Plan, massa bangunan dan rincian ruang luar Tampak Tapak (minimal 2 sisi pandangan yang representatif) Tampak Potongan Tapak (minimal 2 potongan yang menarik dan dapat memperlihatkan tampak hubungan ruang dalam dan ruang luar) Sequence I (minimal 1 gambar perspektif dari sudut pandang representatif di luar tapak yang memperlihatkan keseluruhan Fasade Bangunan dan Ruang Luar) 2. Rancangan Bagian Tapak: Denah dan Tampak Potongan (minimal 3 jenis ruang luar yang memperlihatkan hubungannya dengan kulit bangunan). Sequence II (minimal 1 gambar perspektif dari sudut pandang di tapak yang memperlihatkan focal point/ main entrance menuju bangunan, sebagian Fasade Bangunan dan sebagian Ruang Luar) 3. Rancangan Bagian Bangunan dan Elemen Ruang Luar: Denah dan Tampak Potongan (minimal 3 jenis elemen ruang luar yang memperlihatkan hubungannya rancangan ruang luar atau dengan kulit bangunan). Sequence III (minimal 1 gambar perspektif bagian tertentu dari bentuk dan kulit/ fasade bangunan dan hubungannya dengan ruang luar di sekitarnya) Vista (minimal 1 gambar perspektif) dari ruang tertentu di dalam bangunan ke luar ke bangunan. 4. Maket Presentasi Tapak (bangunan dan ruang luar) dan Maket Presentasi 1 jenis Ruang Luar tertentu. TEKNIK PRESENTASI Semua gambar disajikan diatas kertas ukuran A3 tebal/ linen, minimal 120 gr. Skala masing-masing gambar harus proporsional, disesuaikan antara besar gambar dan besar kertas A3. Penyajian gambar diserahkan pada kreatifitas masing-masing mahasiswa, dimana format penyajian masing-masing lembar disesuaikan dengan komposisi gambar yang baik, rapi serta notasi dan ukuran yang jelas. Teknik presentasi dengan teknik warna. Setelah presentasi, Tugas dikembalikan untuk dilengkapi, dikumpulkan saat UAS.

3 JURUSAN ARSITEKTUR - FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA Contoh karya mahasiswa (Kasirun)


Download ppt "JURUSAN ARSITEKTUR - FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN UNIVERSITAS MERCU BUANA MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google