Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN CAKUPAN ISI ( Content Summarry ) Presentasi Tugas Rancangan dan Penilaian Tugas Dokumen Laporan Tugas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN CAKUPAN ISI ( Content Summarry ) Presentasi Tugas Rancangan dan Penilaian Tugas Dokumen Laporan Tugas."— Transcript presentasi:

1 MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN CAKUPAN ISI ( Content Summarry ) Presentasi Tugas Rancangan dan Penilaian Tugas Dokumen Laporan Tugas Perancangan TUJUAN PEMBELAJARAN ( Learning Outcomes ) Mampu mempresentasi Analisa-analisa Mampu mempresentasi Konsep Rancangan Arsitektur Mampu mempresentasi Rancangan Arsitektur: Rancangan Massa bangunan dan ruang luar di dalam tapak Rancangan Bangunan: Bentuk & Struktur Bangunan Rancangan Ruang di dalam bangunan Rancangan Ruang Luar: Sirkulasi dan Ruang Terbuka serta Rancangan Elemen- elemen ruang luar pendukungnya. Dalam bentuk penyajian: Analisa-analisa Konsep Rancangan Arsitektur Rancangan Denah (Ground Plan, Site Plan, Denah Bangunan, Denah Ruang) Rancangan Penampang Skematik (Tampak-Potongan Tapak, Bangunan dan Ruang) Rancangan Detail Perspektif dan Maket KRITERIA PENILAIAN ( Assesment Criteria ) Kemampuan menjelaskan hasil karyanya Kelengkapan hasil karya/ substansi Ketajaman dan kreatifitas Rancangan (s/d Maket) secara menyeluruh Keaktifan dalam presentasi METODE PENILAIAN (Assesment Method) 1. Presentasi Tugas 2. Penilaian Tugas Analisa hingga Konsep Rancangan 3. Penilaian Tugas Rancangan Arsitektur Rancangan Massa bangunan dan Ruang luar di dalam tapak Rancangan Bangunan: Bentuk & Struktur Bangunan Rancangan Ruang di dalam bangunan Rancangan Ruang Luar Maket PENYAMPAIAN (Delivery) Simulasi, Presentasi & Penilaian Tugas Tugas dikumpulkan di Studio PUSTAKA (References)

2 Semua PUSTAKA yang digunakan pada Materi Perkuliahan sebelumnya

3 NONAMA MAHASISWANIM NILAI PRESENTER* NILAI PENANYA** NILAI AKHIR MATERI PRESENTASI & PENILAIAN PRESENTASI TUGAS PERANCANGAN ARSITEKTUR I Data dimensi tubuh, gerak, perabot, ruang hingga suasana ruang telah dikerjakan selama 6 minggu dimulai dari minggu ke 1 hingga minggu ke 7. Setelah itu, dilanjutkan dengan Tugas Gambar Rancangan Arsitektur dengan “proses” yang telah dikerjakan selama 6 minggu, dimulai dari minggu ke 9 hingga minggu ke 14 (dengan nilai “proses”) dan dipresentasikan pada minggu ke 15. Presentasi tersebut disajikan dalam bentuk: Rancangan Denah (Ground Plan, Site Plan, Denah Bangunan, Denah Ruang) Rancangan Penampang Skematik (Tampak-Potongan Tapak, Bangunan, Ruang) Rancangan Sequence & Vista (Perspektif-perspektif) Maket Presentasi Tugas dilakukan oleh setiap mahasiswa dengan mempersilakan mahasiswa lain untuk mengajukan pertanyaan, komentar dan kritik selain dari dosen penguji. PENILAIAN PRESENTASI Nama Penguji: Mahasiswa sebagai presenter/ penanya: tanda tangan:

4 Keterangan: * Nilai setiap mahasiswa untuk mutu presentasi dan tanggapan atas pertanyaan penanya **Nilai setiap mahasiswa untuk mutu pertanyaan, kritik, komentar atau tanggapan terhadap presentasi presenter

5 PENILAIAN TUGAS Setelah dipresentasikan tugas dikumpulkan untuk dinilai kelengkapannya. Penilaian dari kelengkapan tugas meliputi : Analisa-analisa Konsep Rancangan Rancangan Massa bangunan dan Ruang Luar Rancangan Bangunan a. Rancangan Bangunan: Hubungan bangunan satu dengan bangunan yang lain Hubungan ruang satu dengan ruang yang lain b. Rancangan Bentuk Bangunan Bentuk keseluruhan bangunan Bentuk bangunan satu dengan bangunan yang lain (fasade, atap) c.Rancangan Struktur Bangunan Struktur keseluruhan bangunan Bahan keseluruhan bangunan 5.Rancangan Ruang di dalam bangunan Rancangan ruang-ruang di dalam bangunan sesuai dengan jenis ruangnya dan perabot-perabot yang digunakan. 6. Urut-urutan pemandangan dalam rancangan arsitektur bangunan rumah studio arsitektur. Tujuannya membimbing pemilik/ pengunjung ke tempat yang dikehendaki, dan mempersiapkan bagi klimaks yang akan dihadapi baik bagi pemilik dan pengunjung. Pemandangan tersebut dapat digambarkan: Pemandangan dari luar tapak ke tapak: menggambarkan fasade, bentuk bangunan serta ruang luarnya Pemandangan di tapak menuju bangunan: fasade Main Entrance bangunan dan ruang luarnya Pemandangan di ruang dalam: gambaran hubungan antara satu ruang dengan ruang lainnya sehingga terbentuk vista.Perolehan vista pada suatu ruang sangat tergantung kepada pemakainya: Pemilik: misalnya di ruang tidur dengan view ke ruang luar Pengunjung: misalnya di ruang pamer dengan view ke dinding pameran 7. Rancangan Detail Rancangan Detail (denah, tampak, potongan, aksonometri/ perspektif detail bagian arsitektur yang menonjol/ menarik/ unik/ berbeda) 8. Maket Bentuk penyajian Gambar Rancangan terdiri: Kelengkapan penyajian gambar seperti lembar bekikut ini namun belum dibendel. DOKUMEN TUGAS RANCANGAN ARSITEKTUR & MAKET Tugas yang telah dikerjakan yang disajikan dalam kertas A3, tebal (linen, padalarang atau concorde atau kertas yang lain, tidak transparan), teknik warna.

6 KODENAMA TUGASSkala SketSketsa bangunan sederhana sebagai karya arsitektur T1Dimensi ukuran tubuh diri sendiri T2Dimensi kebutuhan ruang gerak T3Dimensi perabot T4Dimensi ruang T5Pemrograman dan Konsep Disain T6Ground Plan dan Site Plan1: T7Denah-denah1:100 T8Tampak-tampak dan Potongan-potongan1:100 T9Sequence T10Foto Maket Presentasi Laporan Tugas dibendel atau di-klip, dikumpulkan saat UAS DOKUMEN TUGAS PERANCANGAN ARSITEKTUR I Tugas yang telah dikerjakan di dokumenkan, teknik warna pada perancangan. Kelengkapan Laporan meliputi : Cover: Dokumen Tugas Mata Kuliah Perancangan Arsitektur I, nama mahasiswa, NIM, Jurusan Arsitektur FTSPUniversitas Mercu Buana. Yang lain kembangkan sendiri: misalnya ditambah dengan gambar saudara, hasil scan dari tugas, foto maket, foto saudara, dll. Bentuk, jenis tulisan, margin, gambar BEBAS sesuai kreatifitas saudara. Dokumen Tugas MK Perancangan Arsitektur I Semester II/ 4 sks/ Nama Mahasiswa NIM Jurusan Arsitektur FTSP Universitas Mercu Buana Daftar Isi harus berurutan sesuai materi pada KOP setiap lembar tugas saudara (misalnya seperti dibawah ini) Daftar Isi bisa lebih terinci dari pada rincian diatas, baik dalam kode dan nama tugas. Penjabaran dari Daftar Isi tersebut dalam Dokumen meliputi: Sketsa Awal sampai Tugas ke-5 (Data dimensi dan suasana ruang) Site Plan/ Rancangan Tapak/ Bagian atas; bangunan terlihat atapnya, dan rancangan ruang luar, skala 1:100 Ground Plan/ Rancangan Dasar Tapak: Bangunan, Ruang Dalam (lengkap dengan perabot) dan Ruang Luar Denah (misalnya ada mesanin, semi basement), Skala 1:100, Tampak Depan, Tampak Samping, Tampak Belakang, (terlihat batas bangunan: taman, dll serta terlihat batas tapak: pagar, trotoar, dll), Skala 1:100 Potongan memanjang dan Potongan melintang (tandai A-A, B-B) (terlihat ruang dalam bangunan/ perabot yang digunakan dan struktur bangunan, terlihat batas bangunan: taman/ tanaman, paving, kolam, dll serta terlihat batas tapak: pagar, trotoar, dll), Skala 1:100 Rancangan Sequence ( minimal 4 gambar perspektif). Sequence I (minimal 1 gambar perspektif dari sudut pandang representatif di luar tapak yang memperlihatkan keseluruhan Fasade Bangunan dan Ruang Luar) Sequence II (minimal 1 gambar perspektif dari sudut pandang di tapak yang memperlihatkan focal point/ main entrance menuju bangunan, sebagian Fasade Bangunan dan sebagian Ruang Luar) Sequence III (minimal 1 gambar perspektif ruang di dalam bangunan yang memperlihatkan hubungannya dengan ruang lain di sekitarnya baik di dalam maupun di luar bangunan)

7 Vista (minimal 1 gambar perspektif) dari ruang tertentu (sebagai klimaks) di dalam bangunan ke luar ke bangunan. Maket Presentasi, skala 1:100


Download ppt "MINGGU KE- 15 PENJABARAN ISI SATUAN ACARA PENGAJARAN CAKUPAN ISI ( Content Summarry ) Presentasi Tugas Rancangan dan Penilaian Tugas Dokumen Laporan Tugas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google