Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 SUPLEMENT SURVEI CONTOH DESAIN SURVEI EKONOMIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 SUPLEMENT SURVEI CONTOH DESAIN SURVEI EKONOMIS."— Transcript presentasi:

1 1 SUPLEMENT SURVEI CONTOH DESAIN SURVEI EKONOMIS

2 2 Bagaimana menentukan besarnya sample (sample size) ?

3 3

4 4 Sebagai ilustrasi misalnya tingkat presisi yang diiinginkan diasumsikan sama dengan variance dan kedua biaya sampling yang dinyatakan dengan besarnya sampel (n). Sebagai ilustrasi misalnya tingkat presisi yang diiinginkan diasumsikan sama dengan variance dan kedua biaya sampling yang dinyatakan dengan besarnya sampel (n). Kita akan dapat menjawab dua pertanyaan sebagai berikut : Kita akan dapat menjawab dua pertanyaan sebagai berikut :

5 5 Bagaimana menentukan besarnya sample (sample size) ?

6 6

7 7

8 8 Bagaimana memperkirakan Variance elemen ?

9 9

10 10 Contoh / Ex.2.6 a. Dari sebuah populasi pekerja dengan dari sebuah pabrik akan dipilih sebuah sampel acak, untuk mengetahui tentang perilaku pekerja pabrik. Diperkirakan proporsinya dari 10 persen sampai 60 persen, sehingga variancenya : Dari sebuah populasi pekerja dengan dari sebuah pabrik akan dipilih sebuah sampel acak, untuk mengetahui tentang perilaku pekerja pabrik. Diperkirakan proporsinya dari 10 persen sampai 60 persen, sehingga variancenya :

11 11 Contoh / Ex.2.6 a. Pertanyaan 1. Untuk n = 400 pekerja, berapa besarnya estándar error prpoporsinya Pertanyaan 1. Untuk n = 400 pekerja, berapa besarnya estándar error prpoporsinya

12 12 Contoh / Ex.2.6 a. Pertanyaan 2. Berapa besarnya sampel apabila kita menginginkan estándar error suatu proporsi tidak lebih dari 2 persen. Pertanyaan 2. Berapa besarnya sampel apabila kita menginginkan estándar error suatu proporsi tidak lebih dari 2 persen.

13 13 Contoh /Ex.8.3a Dari Contoh 5.3.a, telah dipilih sebanyak 40 klaster, dimana setiap klaster terdiri dari 10 elemen. Apabila diketahui rata-rata dari sampel (proporsi) adalah 46,25 persen dengan variance proporsinya sebesar Berapa banyaknya ukuran sampel (sampel terpilih) secara SRS jika menggunakan variance yang sama. Dari Contoh 5.3.a, telah dipilih sebanyak 40 klaster, dimana setiap klaster terdiri dari 10 elemen. Apabila diketahui rata-rata dari sampel (proporsi) adalah 46,25 persen dengan variance proporsinya sebesar Berapa banyaknya ukuran sampel (sampel terpilih) secara SRS jika menggunakan variance yang sama.

14 14 Contoh /Ex.8.3a

15 15 Contoh /Ex.8.3a

16 16

17 17

18 18

19 19

20 20 Contoh Penghitungan Spesifik Klaster (Ex.8.3b) Pada contoh 8.3a cost per elemen klaster sebesar $2.20 untuk setiap klaster terdiri dari banyaknya elemen, dan cost elemen SRS sebesar $3.00 untuk Pada contoh 8.3a cost per elemen klaster sebesar $2.20 untuk setiap klaster terdiri dari banyaknya elemen, dan cost elemen SRS sebesar $3.00 untuk

21 21 Contoh Penghitungan Spesifik Klaster (Ex.8.3b) dan dan dan

22 22 Contoh Penghitungan Spesifik Klaster (Ex.8.3b) Dari Dari Dari Untuk Klaster

23 23 Penghitungan optimum Cluster Size Untuk kasus yang lain: Untuk kasus yang lain: Untuk kasus yang lain Untuk kasus yang lain

24 24 KASUS I

25 25 KASUS I KASUS I a. Jelaskan mengenai fungsi biaya di atas, dengan menjelaskan apa saja jenis biaya yang perlu diperhitungkan pada biaya yang berkaitan dengan elemen dan apa saja yang berkaitan dengan biaya klaster b. Apakah yang dimaksud dengan intraclass correlation coefficient, berikan contoh kondisi yang mungkin terjadi di lapangan c. Bagaimana kaitannya dengan deff. Bagaimana gambaran dari def pada soal di atas. d. Hitung besarnya optimum b dengan mengeisi pada tabel di atas, juga hitung deffnya. Jelaskan hasil/penghitungan di atas ditinjau dari : 1) dari sisi besaran roh, 2) dari sisi

26 26 Kasus II Probability sampling dalam suatu survei pada umumnya diperlukan untuk menyajikan data yang diharapkan dapat mewakili populasi. Penentuan besarnya sampel sangat memegang peranan penting sesuai metode sampling yang digunakan. Probability sampling dalam suatu survei pada umumnya diperlukan untuk menyajikan data yang diharapkan dapat mewakili populasi. Penentuan besarnya sampel sangat memegang peranan penting sesuai metode sampling yang digunakan. Unsur-unsur apa saja yang mempengaruhi penghitungan besarnya sampel. Berikan contoh unsur-unsur tersebut masing-masing pada one stage (SRS dan Cluster) dan two stage sampling. Biaya diasumsikan tidak ada masalah. Unsur-unsur apa saja yang mempengaruhi penghitungan besarnya sampel. Berikan contoh unsur-unsur tersebut masing-masing pada one stage (SRS dan Cluster) dan two stage sampling. Biaya diasumsikan tidak ada masalah.

27 27 Kasus II Apabila harus ada unsur keseimbangan antara biaya dan efisiensi metode sampling, tuliskan rumus untuk membandingkan dan jelaskan cara membandingkannya. Apabila harus ada unsur keseimbangan antara biaya dan efisiensi metode sampling, tuliskan rumus untuk membandingkan dan jelaskan cara membandingkannya. Tuliskan rumus fungsi biaya dan jelaskan serta berikan contoh jenis biayanya serta notasi yang digunakan (asumsi biaya untuk two stage sampling). Tuliskan rumus fungsi biaya dan jelaskan serta berikan contoh jenis biayanya serta notasi yang digunakan (asumsi biaya untuk two stage sampling). Dengan melihat butir b dan c, jelaskan dalam kondisi bagaimana cluster two stage akan cenderung lebih efisien disbanding cluster one stage dengan over all sampling fraction 1/90. Cluster one stage langsung dipilih 1/90 cluster, sedangkan cluster two stage dengan memilih 1/15 cluster pada stage pertama dan stage kedua dipilih 1/6 rumahtangga. Dengan melihat butir b dan c, jelaskan dalam kondisi bagaimana cluster two stage akan cenderung lebih efisien disbanding cluster one stage dengan over all sampling fraction 1/90. Cluster one stage langsung dipilih 1/90 cluster, sedangkan cluster two stage dengan memilih 1/15 cluster pada stage pertama dan stage kedua dipilih 1/6 rumahtangga.


Download ppt "1 SUPLEMENT SURVEI CONTOH DESAIN SURVEI EKONOMIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google