Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BEBASIS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PORTAL)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BEBASIS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PORTAL)"— Transcript presentasi:

1

2 PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BEBASIS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PORTAL)

3 PENDAHULUAN 1.PAKEM ??? 2.Jejaring Sosial ??? 3.Portal Internet ??? 4.E-learning ??? 1.Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan 2.struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi 3.Situs yang menyediakan informasi 4.Pembelajaran Jarak Jauh

4 PP 19 BAB IV STANDAR PROSES PASAL 19 yang berisi : “Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.” PERMEN NO.22 TH 2006 TENTANG STANDAR ISI. Yang berisi : Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu:(a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.

5 PAKEM E-learning Jejaring Sosial Portal Internet

6 Tujuan dan Batasan Masalah Tujuan : Tujuan dari penelitian adalah merancang dan membangun system pembelajaran berbasis web yang bersifat aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan berbasis jejaring sosial (studi kasus perancangan dan pembuatan portal) Batasan Masalah : Pembuatan halaman portal yang berisi modul video, agenda, news, dan course list sebagai halaman awal dalam sistem pembelajaran elektronik berbasis web dengan menggunakan strategi PAKEM

7 Konsep dan Teori Pembelajaran PAKEM Aktif ??? Kreatif ??? Efektif ??? Menyenangkan ??? Teori Pembelajaran Teori behaviorisme Teori belajar kognitif menurut Piaget Teori pemrosesan informasi dari Gagne Teori belajar gestalt

8 Analisis dan Pembahasan Struktur Navigasi UserStruktur Navigasi Admin

9 Storyboard Halaman UserStoryboard Halaman Admin

10 Uninfied Modelling Language Sequence Halaman Portal User

11 Sequence Halaman Portal Admin

12 Kesimpulan dan Saran Kesimpulan -Dalam pembuatan suatu situs pembelajaran elektronik dibutuhkan suatu pengetahuan dalam memahami bagaimana manusia berinteraksi dalam suatu proses pembelajaran -Dibutuhkan suatu media yang dapat membuat pengguna suatu situs pembelajaran elektronik merasa berinteraksi dengan materi yang dipelajarinya -Suatu antar muka pengguna yang baik akan menjadikan pengalaman belajar pengguna menjadi lebih baik, hal tersebut sudah dapat dicapai pada situs yang dikembangkan -Portal bisa dijadikan sarana penyampaian informasi pada e-learning

13 Saran Untuk para peneliti dan pengembang : bagaimana suatu situs pembelajaran elektronik dibuat dengan memperhatikan kebutuhan pengguna, dan tidak hanya memenuhi kebutuhan peneliti dan pengembang, dalam artian perhatikan kebutuhan pengguna lebih baik dibandingkan memperhatikan teknologi dan alat pengembangan yang digunakan. Serta memperhatikan seluruh aspek yang ada dalam proses pembelajaran dan dunia internet, seperti interaksi, inteaktifitas, dan keamanan. Sehingga suatu situs pembelajaran elektronik yang baik dan berorientasi pengguna dapat dikembangkan dengan efektif.


Download ppt "PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN BEBASIS JEJARING SOSIAL (STUDI KASUS PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PORTAL)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google