Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ilmu politik merupakan salah satu ilmu tertua dari berbagai cabang ilmu yang ada. Meskipun beberapa cabang ilmu pengetahuan yang ada telah mencoba melacak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ilmu politik merupakan salah satu ilmu tertua dari berbagai cabang ilmu yang ada. Meskipun beberapa cabang ilmu pengetahuan yang ada telah mencoba melacak."— Transcript presentasi:

1

2

3 Ilmu politik merupakan salah satu ilmu tertua dari berbagai cabang ilmu yang ada. Meskipun beberapa cabang ilmu pengetahuan yang ada telah mencoba melacak asal-usul keberadaannya hingga zaman Yunani kuno, tetapi hasil yang dicapai tidak segemilang apa yang telah di capai ilmu politik. Sejak sekelompok orang mulai hidup bersama, masalah yang menyangkut pengartian dan pengawasan mulai muncul dan sejak itulah para pemikir politik mulai membahas masalah-masalah yang menyangkut lingkup serta batasan penerapan kekuasaan, hubungan antara yang memerintah dengan yang diperintah, serta sistem apa yang paling menjamin adanya pemenuhan kebutuhan akan pengaturan dan pengawasan sebagai konsekuensi adanya kebebasan pemikiran manusia.

4 (a)Tidak ada orang yang tidak terlibat politik; (b) berpolitik adalah penentuan sikap politik terhadap situasi yang sedang berkembang. (a)Tidak ada orang yang tidak terlibat politik; (b) berpolitik adalah penentuan sikap politik terhadap situasi yang sedang berkembang. ILMU POLITIK MERUPAKAN SALAH SATU ILMU TERTUA DARI BERBAGAI CABANG ILMU YANG ADA. Zoon politicon atau man is by nature a political animal

5 TEORI TEORI ADALAH SUATU GENERALISASI YANG ABSTRAK MENGENAI BEBERAPA FENOMENA. GENERALISASI-GENERALISASI DISUSUN BERDASARKAN KONSEP. KONSEP MERUPAKAN HASIL PEMIKIRAN MAUPUN HASIL PENGAMATAN ATAS DASAR FAKTA/DATA. TEORI ADALAH SUATU GENERALISASI YANG ABSTRAK MENGENAI BEBERAPA FENOMENA. GENERALISASI-GENERALISASI DISUSUN BERDASARKAN KONSEP. KONSEP MERUPAKAN HASIL PEMIKIRAN MAUPUN HASIL PENGAMATAN ATAS DASAR FAKTA/DATA.

6 Deskripsi, yaitu teori memberikan penjelasan, gambaran atau analisa terhadap sebuah fenomena politik. Sebuah teori, memiliki sudut pandang tertentu dalam menjelaskan, menggambarkan fenomena sosial politik. Oleh karena itu, sebuah teori memiliki peran deskriptif. Prediksi, yaitu memberikan penjelasan mengenai sejumlah kemungkinan sosial politik yang bakalan terjadi bila sebuah perilaku politik tertentu terjadi. Guidance, yaitu memandu dalam melaksanakan sebuah model atau program rekayasa sosial. Dalam sebuah teori, terdapat adanya sebuah cirri atau karakteristik yang khas. Oleh karena itu, bagi seseorang yang akan melakukan perubahan sosial dengan paradigma teori tertentu, maka sebuah teori dapat menjadi bimbingan langkah politiknya untuk mencapai tujuan tertentu. Kritik, yaitu memberikan komentar kritis terhadap sejumlah perilaku politik yang terjadi. Implikasi dari fungsi (c), maka teori pun dapat beralih posisi ke fungsi kritik, atau kontrol terhadap perilaku politik tertentu.

7 POLITIK DALAM ARTI KEPENTINGAN POLITIK DALAM ARTI KEBIJAKAN PENDEFINISIAN SECARA INSTITUSIONAL PENDEFINISIAN MENURUT HAKIKAT POLITIK ITU SENDIRI


Download ppt "Ilmu politik merupakan salah satu ilmu tertua dari berbagai cabang ilmu yang ada. Meskipun beberapa cabang ilmu pengetahuan yang ada telah mencoba melacak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google