Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh: Annisa Fauzia (0605015) Kelas: Bahasa A No. Absen: 35.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh: Annisa Fauzia (0605015) Kelas: Bahasa A No. Absen: 35."— Transcript presentasi:

1

2

3 Disusun oleh: Annisa Fauzia ( ) Kelas: Bahasa A No. Absen: 35

4 SEBUAH KARYA MANIS LUNA TR SWEET ANGEL#2 THE ROSE

5 IDENTITAS NOVEL JUDUL NOVEL: SWEET ANGEL #2 THE ROSE PENGARANG: LUNA TR TAHUN TERBIT: JUNI, 2005 PENERBIT: CINTA, JALAN YODKALI NO 16 BANDUNG DIDISTRIBUSIKAN OLEH: MIZAN MEDIA UTAMA JLNCINAMBO(CISARANTEN WETAN) NO 146 UJUNGBERUNG BANDUNG KETERANGAN NOVEL: 344 HALAMAN.:ILUS.;17 CM (NOVEL) ISBN

6 ARE YOU READY??

7 Arista Rayesti ialah siswa baru di SMA Triasa yang merupakan SMA favorit di Jakarta yang bertempat di daerah Jakarta Selatan. Asalnya ia berada di Malaysia, Ia adalah siswa kelas dua, panggilan singkat namanya ialah Ista. Merupakan suruhan pihak intelijen negara Indonesia untuk mencari uang dari kasus penyelewengan dua tahun lalu 3,5 triliun di Indonesia, namanya Sudarmadi. Kemungkinan anak Sudarmadi berada di SMA tersebut. Mengapa Ista? Karena ia memiliki kemampuan genoid yang menjadikanya sebagai jagoan, selain itu jika Ista berhasil, Ista akan mendapat hadiah berupa pelepasan kasus buron sebagai pembunuh ibunya sendiri, padahal yang membunuh adalah Rastaji, musuh besarnya…..

8 Ista yang pintar, cerdas, dan cantik, disukai teman-teman barunya, ia memiliki teman baru bernama Viana, Winda, Sasha, dan juga trio kwek-kwek Anna, Rasti, Desi yang selalu menganggu Viana, Viana memang murid favorit di sekolahnya. Di sekolahnya, Ista ditemani Pa Aditya yang menyamar menjadi guru untuk membantu Ista mencari anak Sudarmadi.

9 Ista memiliki guru favorit bernama Rena, dia pintar dan juga cantik, Tapi,,,,,,,,,, Ista melihat sesuatu yang aneh darinya…………. Dengan kemampuan genoidnya, Ista memiliki kecurigaan pada temanya yang merupakan anak Sudarmadi, siapa itu????? Ketika Ista seolah di beri pintu untuk menelusurinya Tiba-tiba saja?????/// Berhari-hari Viana berada di sekolah barunya mandapat kebahagiaan, teman yang baik, dan juga pacar bernama Ryan yang merupakan kakak sobatnya, Viana.

10 DIA SURUHAN MUSUH BESARNYA ISTA…..RASTAJI….. DIA ANAK GENOID…….. TERNYATA RASTAJI MENGETAHUI MISI ISTA, DAN RONALD DI DATANGKAN UNTUK MENGHALANGI MISI ISTA DENGAN TUJUAN,,,,, UANGGGG SUDARMADI…. MEMBUNUH ISTAAAA……. …..RONALD…… PERLU DI KETAHUI, GENOID HANYA BISA DI BUNUH OLEH GENOID LAGI,,,,DAN GENOID YANG TERSISA HANYA MEREKA BER DUA…..

11 RONALD dengan mudah mencari anak Sudarmadi, dia berkesimpulan DESY……… Suatu saat Desy di culik ke gedung kosong Gianta Tower di Kuningan, Jakarta…..Tapi, di culik juga dengan Viana…. ISTA TAK BERKUTIK, SEDANGKAN ADITYA MASIH BERTAHAN…

12 Ista datang untuk membantu mereka, dan melampiaskan dendamnya kepada Rastaji karena telah membunuh ibunya…… Ronald bertindak menangani Ista….. TIBA SAATNYA RONALD UNTUK MEMBUNUH ISTA…. PERTEMPURAN DUA GENOIDPUN DIMULAI………. ISTA TAK RELA TEMANYA DI CULIK DAN DI ANIAYA OLEH RASTAJI…

13 Mati kau Ista!!!.... Kau yang mati ronald!!!

14 DAR DER DOR PAK PIK PUK…. ISTA LEMAH……… (OH MY GOD, KAPAN HAIDKU…?) DATANGLAH HAID ITU,,,, ISTA KUAT…. MELAWAN RONALD…. PRAK PRIK PRUK RONALD MATI….

15 TERNAYA MEMANG DESY ANAK SUDARMADI,,,,,KUNCI NYA ADA PADA KALUNG DESY YANG TERDAPAT NO REKENING BANK LUAR NEGERI SWISS, YANG MERUPAKAN PENYIMPANAN UANGNYA…. RASTAJI BERHASIL… TAPI HANYA SEBAGIAN………

16 ADITYA YANG SELAMA PENYAMARAN GURUNYA DEKAT DENGAN RENA BERHASIL MENCARI FAKTA BHWA RENA ADALAHH ANAK SUDARMADI TAPI BERBEDA IBU DENGAN DESY……. RASTAJI BODOH! DIA MELUPAKAN FAKTA PENTING ITU!!!!! DAN SAMBUNGAN NO REKENING BANK SWISS ADA PADA KALUNG RENA….. …….RENA….BU GURU RENA…..

17 RASTAJI TAK BERHASIL!!!!! DIA DI BUNUH OLEH ISTA DENGAN CARA DIJATUHKAN KE TELUK JAKARTA…. DENDAMNYA PUN TERBALAS!!! LALU, KIKA MENGHILANG…..

18 YAAA,,,,KIKA… NAMA ASLINYA ADALAH RIZKA HANDAYANI….PANGGILANNYA KIKA. ISTA ITU NAMA SAMARAN.

19 UANG ITUPUN TERSEMATKAN… DESY DAN VIANA YANG SEMULA MEMBENCINYA KARENA ISTA PEMBOHONG, AKHIRNYA LULUH ATAS TINDAKAN ISTA MEMBANTU MEREKA… TUDUHAN BURON KEPADA ISTA PUN DICABUT,,,TAPI KIKA MENGHILANG…

20 BAGIAN YANG MENARIK

21 “ Alaa, elo kok SBGL banget sih?” “ Apaan tuh?” “ Sok banget geto, loh!” (halaman 47 paragraf 3 kalimat pertama)

22 “ Yee..tuh, kan, elo yang naksir dia! Ambil gih, kalo dia juga mau ama elo! Jangan SCTM deh.” “ Apaan SCTM?” “ Sok cuek, tapi mau!” (halaman 47 paragraf 6 kalimat pertama)

23 Cowok yang ditabraknya menahan tubuh Kika supaya nggak jatuh. Kayak adegan di film-film, Kika melihat wajah cowok itu. “ Lumayan, imut juga.” Gumamnya dalam hati. (halaman 52 paragraf 3)

24 “ Kau tidak bisa lari Kika.” “ Elo siapa?” “Nanti kau akan tahu. Juga mengenai apa yang ada di balik pintu itu. Satu hal yang pasti, kita tidak berbeda. Kita adalah satu, kau tidak bisa lari dari semua ini!” “Mimpi itu lagi”. Kika terbangun dari tidurnya. (halaman 53 paragraf 1) Bagian ini sangat menarik dan membuat penasaran pembaca tentang siapa yang sering hadir dalam mimpi Kika tersebut.

25 Ucapan Desy itu membuat langkah Viana terhenti. Wajahnya menyiratkan rasa terkejut yang sangat. (halaman 55 paragraf 7)

26 Saat keempat cowok itu makin dekat ke arahnya, tatapan mata Kika tiba-tiba berubah. Tatapan yang tadinya lembut itu berubah seperti tatapan mata seekor harimau. Entah kapan mulainya, tiba-tiba tubuh Kika bergerak cepat, hanya dalam hitungan detik kempat penyerangnya tersungkur. Serangan Kika tidak hanya cepat, tapi keras, dan tepat pada bagian yang mematikan. (halaman 66 paragraf 7)

27 “Alasan utama gue mundur adalah demi menjaga nama baik sekolah, juga siswa SMA Triasa ini, bokap gue hanya narapidana tersangka yang ditahan akibat tuduhan korupsi” (halaman 159 paragfaf 1)

28 “ Gue nggak peduli apa yang menimpa keluarga elo. Gue ikut prihatin, tapi itu nggak akan mengubah perasaan gue sama elo!” ujar Yogi pada Viana. (halaman 172 paragraf 5).

29 “ Coba elo lihat muka si Desy sama para “bebeknya” waktu liat kampanye elo, lucu banget! Cemberut kayak marmut, sayang HP gue ketinggalan di kelas, kalo bawa, pasti udah gue potret.” (halaman 173 paragraf 6)

30 Sebagai genoid, Kika memang pintar dalam segala hal. Tapi dalam urusan cinta, dia nggak berubah sama sekali. Masih tetep bego dan nggak berpengalaman. (halaman 187 paragraf 5 kalimat ke-2)

31 Mata Kika dan Ryan berpandangan, seolah-olah ingin mengungkapkan isi hati masing-masing. (halaman 236 paragraf 5)

32 Ruangan itu begitu gelap. Sama sekali tidak ada penerangan di dalamnya Satu-satunya sumber cahaya berasal dari luar, yaitu sinar bulan purnama yang sedikit menembus jendela yang tertutup tirai. (halaman 241 paragraf 1)

33 “Gue jadi ngerasa keilangan kalo ga ada elo, nggak ada lagi yang bisa gue ajak berantem. Nggak enak kalo sehari aja nggak lihat muka perang elo, gue jadi nggak semangat sekolah!”. (halaman 248 paragraf 2).

34 “ Kita kemana nih, jalannya bercabang?” “ Lurus aja.” “ Kenapa lurus?” “ Biasanya yang baek-baek kan, jalannya lurus diridhoi Allah, hehe.” (halaman 255 paragraf 5)

35 Tubuh Kika tergantung dan terayun-ayun pada seutas kabel di lantai 37. “ Tinggi juga!, kalo jatuh, gue bisa jadi kornet!”. (halaman 269 paragraf 1)

36 Sambil terus menembak, Kika menerima telepon dari Ryan yang disambungkan ke earsetnya. “Ista lagi ngapain, ko ada suara tembakan? “ Oo, itu suara temen lagi maen PS, mungkin tugas jadi agen bikin mereka agak stress, jadii rada…rada…” (halaman 296 paragraf 1)

37 “Ada saat ketika kita nggak bisa selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, walau kita paksakan sekalipun. Meski Ista ingin sekolah, tapi Ista nggak bisa.” (halaman 303 paragraf 5)

38 Kika menarik pelatuk pistolnya. Suara tembakan menggema dalam gedung. Hal yang sama juga terjadi pada Ronald. Dua buah peluru beradu di udara. (halaman 310 paragraf 4)

39 Ronald menerjang dengan tongkat besi di tangannya. Tongkat itu diputar-putarkannya membentuk putaran maut. (halaman 314 paragraf 3)

40 “ Seperti cewek lain, gue juga dapet haid secara teratur. Tapi, jika pada cewek lain, haid bikin mereka lemas dan merasa kesakitan, pada genoid cewek, siklus haid justru meningkatkan tenaga hingga dua kali lipat, bahkan lebih.” (halaman 317 paragraf 6)

41 Kayaknya cukup disini aja dari Ista, entar Ista kirim lagi kalo ada kesempatan, dan Ista harap, kamu nggak akan melupakan Ista untuk selamanya, paling nggak di dalam hati kamu. Ista akan selalu bangga punya teman seperti kamu. Sekarang, Ista ada di suatu tempat yang tenang dan nggak ada seorang pun yang ngenalin Ista. Agen Intelijen juga nggak tau Ista ada dimana. Kalo waktunya tiba, Ista sendiri yang akan dateng nemuin kamu. Ista janji. (halaman 337 paragraf 1)

42 UNSUR-UNSUR INTRINSIK A.TEMA MISTERI DI BALIK PERSAHABATAN B.AMANAT * PERSAHABATAN SEJATI DATANGNYA DARI HATI. KALAU KITA SELALU MENGINGAT ARTI PERSAHABATAN YANG KITA MILIKI DALAM HATI KITA, MAKA KITA AKAN MERASA SELALU DEKAT. PERSAHABATAN TERSEBUT AKAN TETAP ABADI SELAMANYA, WALAUPUN KITA SALING BERJAUHAN DAN MUNGKIN TIDAK AKAN PERNAH BERTEMU LAGI * JANGAN MENYALAH GUNAKAN KEMAMPUAN LEBIH YANG DIMILIKI UNTUK HAL-HAL YANG TIDAK BAIK, GUNAKANLAH KEMAMPUAN TERSEBUT SECARA TEPAT DALAM MENGHADAPI SESUATU YANG PERLU DIATASI.

43 C.ALUR Alur yang di gunakan ialah alur maju dan alur mundur. Dimana, kisah yang disajikan menyajikan kisah yang pernah terjadi sebelumnya, selain itu kisah lain disajikan dalam alur maju (sekarang dan kedepannya).

44 NOTOKOHWATAK 1. Rizka Handayani (Kika/ Ista) Cerdik, Penyayang, Mementingkan Persahabatan, nekad, terkadang emosinya meluap-luap, pendendam, misterius 2.Viana Supel, Easy Going, Mudah terpengaruhi, Baik, rendah diri. 3.DesySelalu ingin bersaing, Licik, Sombong. 4.AdityaHati-hati, penuh perhitungan. 5.RastajiJahat, Licik, berwatak keras. 6.RyanPenyayang, baik. 7.RenaPendiam, tenang. 8.RonaldPendendam, keras, Misterius D.TOKOH DAN WATAK

45 E.LATAR, TEMPAT, WAKTU 1.Panti Asuhan di Johor Baru, Malaysia. 2.Sekolah (SMA Triasa Jakarta Selatan). 3.Gedung kosong Grianta Tower di daerah Kuningan, Jakarta. Malam hari. 4.Rumah Viana. 5.Rumah Sakit. F.Sudut Pandang Pengarang sebagai orang luar, tidak ikut campur dalam cerita.

46 G.Gaya Penulisan Gaya penulisan pengarang dikatakan normal, tidak menggunakan kata-kata berlebih, tidak banyak menggunakan majas, ataupun berbelit-belit yang menyebabkan pembaca sulit memahami artinya. Penulisan dengan menggunakan kata-kata sederhana akan lebih memudahkan pembaca menangkap makna yang terkandung dalam cerita tersebut.

47 Dalam sebagian percakapan, terdapat bahasa-bahasa non baku yang lebih dikenal dengan bahasa gaul, seperti - saya= gue - kamu= elo - ingin= pengin - kalau= kalo - Ayah= bokap dll. Lanjutan

48 Percakapan dengan menggunakan bahasa non baku (gaul) ini, digunakan dalam rangka percakapan remaja (anak SMA) di Jakarta. Adapun bahasa yang digunakan dalam menarasikan ataupun memaparkan suatu kejadian atau kegiatan diluar percakapan menggunakan bahasa baku dengan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar.

49 UNSUR EKSTRINSIK A.BIOGRAFI PENGARANG LUNA TR. (Tidak dipaparkan riwayat hidup pengarang). B.WAKTU PENCIPTAAN Novel merupakan cetakan kesatu di bulan Juni tahun 2005, dan novel ini termasuk karya angkatan tahun Waktu penciptaan di tahun 2005 di mana zaman sudah semakin maju dan berkembang. Banyak penggunaan kata-kata baru yang tidak baku sebagai bentuk dari perkembangan zaman, selain itu isi cerita juga di sesuaikan dengan situasi zaman pada saat itu.

50 C.SITUASI PENCIPTAAN Novel yang merupakan angkatan tahun 2000, penciptaan isi novelnya disituasikan tidak terlepas dari hal ihwal percintaan, meskipun novel ini sebenarnya berisi mengenai sebuah misteri dalam pencarian seorang target dan musuh, tapi masih tetap menyisipkan kisah percintaan di dalamnya. D.Karya sejaman Banyak karya lain yang juga seangkatan dengan novel ini, seperti novel karya penulis ternama Andrea Hirata, Laskar pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, ataupun karya ternama lain Taufiqurrahman Al- Azizy seperti Ayat-ayat cinta, Ma`rifat cinta, dll.

51 *SELESAI* Terimakasih….


Download ppt "Disusun oleh: Annisa Fauzia (0605015) Kelas: Bahasa A No. Absen: 35."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google