Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RESENSIRESENSI BUKUBUKU Daftar Isi Identitas Buku Sinopsis Unsur Intrinsik Tema dan Alur Penokohan Latar dan Amanat Sudut Pandang Gaya Cerita Keunggulan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RESENSIRESENSI BUKUBUKU Daftar Isi Identitas Buku Sinopsis Unsur Intrinsik Tema dan Alur Penokohan Latar dan Amanat Sudut Pandang Gaya Cerita Keunggulan."— Transcript presentasi:

1

2

3

4 RESENSIRESENSI BUKUBUKU

5 Daftar Isi Identitas Buku Sinopsis Unsur Intrinsik Tema dan Alur Penokohan Latar dan Amanat Sudut Pandang Gaya Cerita Keunggulan dan Kekurangan Kesimpulan

6 Judul: Laskar Pelangi Sampul: Gambar beberapa anak-anak Penulis: Andrea Hirata Penerbit: Bentang Kota Tempat Terbit : Jl. Pandega Padma 19, Yogyakarta Tahun Terbit: Cetakan III, Juli 2007 Tebal halaman: 533 halaman Identitas

7 Sinopsis Cerita terjadi di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitong Timur. Dimulai ketika sekolah Muhammadiyah terancam akan dibubarkan oleh Depdikbud Sumsel jikalau tidak mencapai siswa baru sejumlah 10 anak. Ketika itu baru 9 anak yang menghadiri upacara pembukaan, akan tetapi tepat ketika Pak Harfan, sang kepala sekolah, hendak berpidato menutup sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.

8 Mulai dari sanalah dimulai cerita mereka. Mulai dari penempatan tempat duduk, pertemuan mereka dengan Pak Harfan, perkenalan mereka yang luar biasa di mana A Kiong yang malah cengar-cengir ketika ditanyakan namanya oleh guru mereka, Bu Mus. Kejadian bodoh yang dilakukan oleh Borek, pemilihan ketua kelas yang diprotes keras oleh Kucai, kejadian ditemukannya bakat luar biasa Mahar, pengalaman cinta pertama Ikal, sampai pertaruhan nyawa Lintang yang mengayuh sepeda 80 km pulang pergi dari rumahnya ke sekolah!

9 Kisah sepuluh kawanan ini berakhir dengan kematian ayah Lintang yang memaksa Einstein cilik itu putus sekolah dengan sangat mengharukan, dan dilanjutkan dengan kejadian 12 tahun kemudian di mana Ikal yang berjuang di luar pulau Belitong kembali ke kampungnya. Kisah indah ini diringkas dengan menarik dan mengharukan oleh Andrea Hirata, kita bahkan bisa merasakan semangat masa kecil anggota sepuluh Laskar Pelangi ini!

10 Novel ini bertema tentang pendidikan. Namun terdapat pula sub bab yang bertemakan persahabatan, percintaan, ekonomi. Tapi yang lebih menonjol adalah tema pendidikan. Tema Maju, karena jalan cerita selalu mengarah kedepan, tidak pernah menceritakan cerita sebelumnya Plot (alur)

11

12

13

14 Latar Tempat Sekolah: “... Aku duduk dibangku panjang di depan sebuah kelas... “ Toko sinar harapan : “... Aku berpaling dan bergegas meninggalkan toko itu...” Latar Cerita Latar Waktu Pagi: “... Pagi itu waktu aku masih kecil...” Siang: “... Sekarang sudah hampir tengah hari, udara semakin panas...” Malam: “... Pada suatu ketika, saat hari sudah jauh malam...”

15 sekolah karena harus mengurusi keluarga yang ditinggal mati ayahnya. 1) Suasana Sedih Berpisah dari Lintang yang memutuskan berhenti sekolah karena harus mengurusi keluarga yang ditinggal mati ayahnya. 2) Suasana Senang. Saat tim cerdas cermat SD Muhammadiyah berhasil memenangkan pertandingan. 3) Suasana Cemas. Saat Pak Harfan, Bu Muslimah dan calon murid SD Muhammadiyah beserta orang tuanya menunggu untuk melengkapi jumlah siswa menjadi 10 calon siswa yang mendaftar agar sekolah tidak ditutup. Latar Suasana

16  Nilai sosial budaya: Jalinlah persahabatan dengan sesama dan jauhkan rasa dengki.  Nilai moral: Jangan jadikan kondisi yang ada sebagai penghalang untuk meraih impian kita.  Nilai edukatif: Mengajarkan kita untuk berjuang dalam menjalani hidup Amanat

17 Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah sudut pandang orang pertama pelaku utama karena dalam penceritaan novel penulis menggunakan kata ‘aku’. Tokoh ‘aku’ dalam novel ini diceritakan paling dominan sehingga si tokoh ‘aku’ dapat dikatakan sebagai tokoh atau pelaku utama. Sudut Pandang

18  Bentuk cerita: cerita ini berbentuk novel  Gaya bahasa: Di sini saya tidak mengetahui gaya bahasanya, karena ada kata-kata yang sulit untuk dipahami. Ada beberapa bahasa daerah tersebut dan ada pula kata-kata ilmiah pada novel laskar pelangi ini. Gaya cerita

19

20 Kesimpulan Novel laskar pelangi ini sangat cocok dan disarankan untuk dibaca oleh semua kalangan. Karena dalam novel ini terdapat nilai-nilai moral dalam kehidupan.

21


Download ppt "RESENSIRESENSI BUKUBUKU Daftar Isi Identitas Buku Sinopsis Unsur Intrinsik Tema dan Alur Penokohan Latar dan Amanat Sudut Pandang Gaya Cerita Keunggulan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google