Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABARAKATUH. PRESENTASI NOVEL DIBAWAH LINDUNGAN KA’BAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABARAKATUH. PRESENTASI NOVEL DIBAWAH LINDUNGAN KA’BAH."— Transcript presentasi:

1 ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABARAKATUH

2 PRESENTASI NOVEL DIBAWAH LINDUNGAN KA’BAH

3 DIBAWAH LINDUNGAN KA’BAH TEMA TOKOH LATAR/SETTING AMANAT ALUR SUDUT PANDANG GAYA PENULISAN

4 TEMA Novel Di Bawah Lindungan Ka’bah karya Hamka ini, bertemakan percintaan. Seperti kebanyakan novel populer lainnya.

5 Tokoh Aku Orang pertama dalam novel “Di Bawah Lindungan ka’bah” Hamid Seorang sahabat yang baik hati, taat beribadah, tidk suka membuang waktu percuma,dan seoarang muslim yang patut dicontoh. Saleh Teman Hamid dari kampung yang hendak menunaikan ibadah haji sebelum berangkat menyelesaikan sekolahya di Mesir. Pak Paiman Tukang kebun di rumah Engku Haji Ja’far. Engku Haji Ja’far Ayah Zainab yang baik hati yang mau membiayai hamid sekolah dan mengangkat Hamid sebagai anak laki-lakinya.

6 Mak Asiah Istri Engku Haji Ja’far dan ibunya Zainab yang dermawan serta patuh kepada suaminya. Zainab Seorang gadis cantik yang santun dan patuh kepada orang tua yang merupakan anak tunggal dari Engku Haji Ja’far dan Mak Asiah. Rosna Sahabat Zainab dan juga istri Saleh.

7 Latar/setting Mekkah Saat “Aku”, Saleh dan Hamid menunaikan ibadah haji dan juga pada saat kematian Hamid. Padang Masa Hamid dan Zainab sedang sekolah setingkat SD dan SMP. Padang panjang Ketika Hamid melanjutkan sekolah yang setingkat dengan SMU. Madinah Ketika “Aku”, Hamid dan Saleh menunaikan salah satu rukun ibadah haji.

8 Amanat Pesan yang ingin disampaikan penulis dalam novel ini yaitu segala sesuatu membutuhkan pengorbanan. Kita sebagai manusia hanya bisa berencana, berharap dan berusaha semaksimal mungkin, tetapi semua kehendak bergantung pada sang khaliq.

9 Alur Maju Menceritakan ketika “aku” berangkat ke Mekkah, dan bertemu dengan Hamid dan pada saat menjelang hamid meninggal. Mundur Menceritakan tentang kehidupan masa lalu hamid.

10 Sudut Pandang Dalam penulisan novel ini, penulis menggunakan sudut pandang orang pertama dan orang ketiga. Orang pertama yaitu “aku” Orang ketiga yaitu Hamid, Saleh, Pak Paiman, Engku Haji Ja’far, Mak Asiah, Zainab dan Rosna.

11 Gaya Penulisan Gaya penulisan yang digunakan penulis “Hamka dibawah lindungan ka’bah” menggunakan bahasa melayu.

12 WABILAHI TAUFIK WALHIDAYAH WASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.


Download ppt "ASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABARAKATUH. PRESENTASI NOVEL DIBAWAH LINDUNGAN KA’BAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google