Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Identitas Buku ۩Judul Novel: Negeri 5 Menara ۩Penulis: A. Fuadi ۩Penerbit: PT Gramedia ۩Kota Terbit: Jakarta ۩Tahun Terbit : 2009 ۩Jumlah Halaman : 432.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Identitas Buku ۩Judul Novel: Negeri 5 Menara ۩Penulis: A. Fuadi ۩Penerbit: PT Gramedia ۩Kota Terbit: Jakarta ۩Tahun Terbit : 2009 ۩Jumlah Halaman : 432."— Transcript presentasi:

1 Identitas Buku ۩Judul Novel: Negeri 5 Menara ۩Penulis: A. Fuadi ۩Penerbit: PT Gramedia ۩Kota Terbit: Jakarta ۩Tahun Terbit : 2009 ۩Jumlah Halaman : 432 halaman

2 Sinopsis Sekilas A. Fuadi, menceritakan Alif Fikri seorang anak laki-laki yang baru lulus Madrasah Tsanawisah (SMP) di daerah Danau Maninjau, Padang. Mencita-citakan masuk ke SMA dan melanjutkan kuliah ke ITB bersama teman sekaligus rivalnya, Randai. Namun, sayang seribu sayang, impian masuk SMA di Padang harus dikubur karena Amak, sebutan bagi ibu bagi orang Padang, menginginkan anak laki-lakinya meneruskan ke sekolah Agama, akhirnya Alif pun memilih untuk merantau ke tanah Jawa dan masuk Pondok Madani. Pondok Madani (PM) yaitu Pondok Pesantren khusus bagi laki-laki, dari PM-lah Alif akhirnya mengenal Baso, Raja, Atang, Said dan Dulmajid sampai akhirnya mereka berkawan akrab dan mengusung nama Sahibul Menara, karena mereka sering menghabiskan waktu di kaki menara PM. Ceritanya memang hanya seputar bagaimana perjuangan Alif dan kawan- kawan dalam beradaptasi dan memulai hidup juga belajar di PM. Namun, A. Fuadi mampu membuat buku ini layaknya motivasi untuk menggapai cita-cita dengan mantra dari sebuah hadits “Man Jadda Wajada” yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.

3

4 Unsur Interinsik ۩ Tema Tema novel Negeri 5 menara adalah Pendidikan. ۩ Penokohan 1.Alif Fikri : Cerdas, gigih, mudah goyah, sedikit perasa, tidak mudah menyerah, memiliki bakat dan minat menulis. 2.Raja : Percaya diri, pintar, mengetahui banyak hal. 3.Said :Tidak perasa, pandai mengambil sisi positif dari setiap hal, optimis, berperawakan kekar, dewasa. 4.Dulmajid : berpikiran sederhana, taat pada aturan, beranimo belajar tinggi, jujur, paling keras, dan paling setia kawan 5.Atang : Humoris, baik hati, taat pada aturan. 6.Baso : Pintar, berbakti pada orang tua, tertutup, tidak sungkan berbagi ilmu, berkemauan keras.

5 ۩ Alur Alur novel Negeri 5 Menara adalah alur mundur, karena menceritakan masa lalu Alif Fikri sebagai tokoh utama bersama kelima sahabatnya ketika ia menempuh pendidikan di Pondok Madani, sebuah pesantren di Jawa Timur. ۩ Latar 1.Washington DC, Desember Maninjau, Bukittinggi, Sumatera Barat 3.Pondok Madani, Jawa Timur 4.Dipati Ukur, Bandung : tempat tinggal Atang 5.Surabaya : tempat tinggal Said 6.London, Desember 2003 ۩ Sudut Pandang Dalam novel Negeri 5 Menara, pengarang menempati posisi sebagai pemeran utama. Ditunjukkan dengan cara pengarang bercerita sebagai tokoh aku yang menjadi pusat cerita.

6 ۩ Kebahasaan Gaya Bahasa, untuk setiap penulis memiliki kekhasan tersendiri. Cara bertutur atau menulis seringkali dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berhubungan dengan kesukuan, angkatan zaman, aliran ataupun profesi. Namun dalam hal ini, A. Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara ini tidak banyak terpengaruh faktor kesukuan. Justru sebagai seorang yang berpendidikan dan memiliki minat tinggi terhadap menulis adalah dasar baginya untuk menghasilkan karya mempesona ini. Pemilihan kata yang tepat, pendeskripsian yang bening memukau. Majas, Terdapat beberapa majas yang digunakan dalam novel ini, misalnya majas hiperbola :  “ Antrian mandi mengekor seperti ular”. Majas yang digunakan untuk mengungkapkan betapa panjangnya antrian tersebut.  “Animo belajarnya memang maut” untuk mengungkapkan semangat yang menggebu-gebu”

7 Sekian & Terima Kasih


Download ppt "Identitas Buku ۩Judul Novel: Negeri 5 Menara ۩Penulis: A. Fuadi ۩Penerbit: PT Gramedia ۩Kota Terbit: Jakarta ۩Tahun Terbit : 2009 ۩Jumlah Halaman : 432."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google