Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR-DASAR ILMU SEJARAH OLEH DANAR WIDIYANTA, M.HUM. PROGRAM STUDI ILMU SEJARAH, FISE, UNY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR-DASAR ILMU SEJARAH OLEH DANAR WIDIYANTA, M.HUM. PROGRAM STUDI ILMU SEJARAH, FISE, UNY."— Transcript presentasi:

1

2 DASAR-DASAR ILMU SEJARAH OLEH DANAR WIDIYANTA, M.HUM. PROGRAM STUDI ILMU SEJARAH, FISE, UNY

3 PERTEMUAN KETIGA MAKNA DAN KEGUNAAN SEJARAH

4 MEMBUKA PEMBELAJARAN PERSIAPAN ALAT/MEDIA DAN MAHASISWA. APPERSEPSI PENYAMPAIAN POKOK BAHASAN. MENENTUKAN STRATEGI PEMBELAJARAN

5 MAKNA DAN KEGUNAAN SEJARAH A. MAKNA SEJARAH B. KEGUNAAN SEJARAH 1. GUNA INTRINSIK 2. GUNA EKSTRINSIK

6 APA BEDANYA MAKNA DAN GUNA? MENURUT KAMUS UMUM BAHASA INDONESIA MAKNA : ARTI ATAU MAKSUD. LEBIH FILOSOFIS GUNA : MANFAAT, FAEDAH, FUNGSI. LEBIH FUNGSIONAL.

7 MAKNA SEJARAH DAPATKAH KITA BELAJAR DARI SEJARAH ? TIDAK, KENAPA? DAPAT, KENAPA? BISA YA BISA TIDAK, KENAPA?

8 PERISTIWA SEJARAH HANYA SEKALI TERJADI DAN TIDAK BISA DIULANGI LAGI PERISTIWA KHUSUS PERTICULAR / UNIQUE EVENT (SULIT UNTUK MENGHADAPI MASA KINI DAN YAD). PERISTIWA MASSAL/ MASSA OCURRANCES (MEMUNGKINKAN MELIHAT SEMACAM PERULANGAN / KECENDERUNGAN DARI SEJUMLAH PERISTIWA)

9 KARYA SEJARAH BERVARIASI SECARA KONTINUM DARI YANG BERSIFAT IDEOGRAFIS (MENEKANKAN PERISTIWA KHUSUS) DAN NOMOTATIS (MENEKANKAN PERUMUSAN ATAU MENGGUNAKAN GENERALISASI). PREDIKSI SEBAGAI KELANJUTAN GENERALISASI DIANGGAP JUGA BISA MEMBERIKAN PERSPEKTIF SEJARAH.

10 MARCH BLOCK DI SAMPING SIFAT KETERBATASAN DARI SEJARAH UNTUK MEMPREDIKSI YANG AKURAT, NAMUN MASIH DIANGGAP MAMPU MEMBERIKAN PENGERTIAN YANG LEBIH BAIK BAGI MASA KINI YANG MENJADI LANDASAN BAGI HARAPAN MENCAPAI MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK.

11 PRINSIP BELAJAR DARI MASA LAMPAU BELAJAR DARI MASA LAMPAU (BELAJAR DARI PENGALAMAN) MEMBERI MAKNA PENTING DARI BELAJAR SEJARAH. TANPA MASA LAMPAU BOLEH DIKATAKAN MANUSIA KEHILANGAN PEGANGAN DALAM MENGHADAPI PROBLEM MASA KINI DAN YAD.

12 MAKNA SEJARAH SEJARAH BISA MEMBERIKAN KEARIFAN DAN KEBIJAKSANAAN BAGI YANG MEMPELAJARINYA. BACON : HISTORIES MAKE MAN WISE. CROSE : ALL HISTORY IS CONTEMPORARY HISTORY. CARR : UNENDING DIALOGUE BETWEEN THE PRESENT AND THE PAST ( DIALOG YANG TIDAK BERKEPUTUSAN ANTARA MASA KINI DAN MASA LAMPAU). COLLINGWOOD :... SEJARAH BAGI MANUSIA IALAH UNTUK MENGENAL DIRINYA SENDIRI.

13 KEGUNAAN SEJARAH INTRINSIK (BERGUNA SEBAGAI PENGETAHUAN) MELIPUTI : 1.SEJARAH SEBAGAI ILMU. 2.SEJARAH SEBAGAI CARA MENGETAHUI MASA LAMPAU. 3.SEJARAH SEBAGAI PERNYATAAN PENDAPAT. 4.SEJARAH SEBAGAI PROFESI.

14 KEGUNAAN SEJARAH EKSTRINSIK (BERGUNA DI LUAR DIRINYA) MELIPUTI : 1.GUNA EDUKATIF (MEMBERI PELAJARAN). 2.GUNA INSPIRATIF. 3.GUNA REKREATIF. 4.GUNA INSTRUKTIF.

15 GUNA EDUKATIF PUNYA FUNGSI PENDIDIKAN, YAITU: SEBAGAI PENDIDIKAN MORAL, PENDIDIKAN PENALARAN, PENDIDIKAN POLITIK, PENDIDIKAN KEBIJAKAN, PENDIDIKAN PERUBAHAN, PENDIDIKAN MASA DEPAN, PENDIDIKAN KEINDAHAN DAN SEBAGAI ILMU BANTU.

16 GUNA INSPIRATIF PRIYONO : PELAJARAN SEJARAH NASIONAL ADALAH SALAH SATU ALAT UNTUK MENUMBUHKAN ATAU MEMPERTEBAL NASIONALISME DAN PATRIOTISME. HAMENGKUBUWONO IX : SEJARAH INDONESIA HARUS DAPAT MENJADI SUMBER SEMANGAT YANG DAPAT MENGERAKKAN JIWA BANGSA INDONESIA UNTUK MELANJUTKAN PERJUANGAN SEBAGAI BANGSA YANG MERDEKA. KUNTOWIJOYO : SEJARAH BISA SEBAGAI LATAR BELAKANG, SEBAGAI RUJUKAN DAN SEBAGAI BUKTI.

17 GUNA REKREATIF BISA MEMBERI KESENANGAN 1.CERITANYA YANG INDAH DA BAGUS TENTANG TOKOH ATAU PERISTIWA SEJARAH. 2.PESONA PERLAWATAN, MEMBAWA PENULIS ATAU PEMBACANYA KE SUATU PERINSTIWA YANG JAUH DARI KITA BAIK DALAM RUANG MAUPUN WAKTU. SEOLAH-OLAH MELAKUKAN PERLAWATAN KE NEGERI-NEGERI YANG JAUH, MENYAKSIKAN PERISTIWA MASA LAMPAU DALAM SUASANA YANG BERBEDA DENGAN SUASANA SEKARANG.

18 GUNA INSTRUKTIF MENJELASKAN PRINSIP KERJA TEKNIK TERTENTU DARI YANG SEDERHANA SAMPAI PERKEMBANGANNYA YANG CANGGIH. MENUNJANG BIDANG KEJURUAN DAN KETRAMPILAN SEPERTI NAVIGASI, TEKNOLOGI SENJATA, TAKTIK MILITER, JURNALISTIK, DLL.

19 MENUTUP PEMBELAJARAN KESIMPULAN : MAKNA : PELAJARI MASA LAMPAU UNTUK SEKARANG DAN YAD. GUNA SEJARAH : INTRINSIK DAN EKSTRINSIK. EVALUASI : JELASKAN MAKNA SEJARAH? JELASKAN MAKSUD PESONA PERLAWATAN?

20 MENUTUP PEMBELAJARAN TUGAS DAN REMIDI PESAN DAN TINDAK LANJUT - TUGAS YANG SUDAH SELESAI BISA DIKUMPULKAN. - MINGGU DEPAN DISKUSI TENTANG GERAK DAN KEKUATAN DALAM SEJARAH.


Download ppt "DASAR-DASAR ILMU SEJARAH OLEH DANAR WIDIYANTA, M.HUM. PROGRAM STUDI ILMU SEJARAH, FISE, UNY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google