Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM a. Apresiasi  Istilah apresiasi berasal dari kata latin appretiatus yang merupakan bentuk past participle, yng artinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM a. Apresiasi  Istilah apresiasi berasal dari kata latin appretiatus yang merupakan bentuk past participle, yng artinya."— Transcript presentasi:

1

2 APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM

3 a. Apresiasi  Istilah apresiasi berasal dari kata latin appretiatus yang merupakan bentuk past participle, yng artinya to value at price atau penilaian pada harga. Dalam bahasa inggris disebut appreciation yang artinya penghargaan dan pengertian.  Apresiasi seni merupakan usaha proses sadar yang dilakukan seseorang dalam menghadapi dan memahami karya seni.  Mengapresiasi adalah sebuah proses untuk menafsirkan sebuah makna yang terkandung dalam karya seni.

4 Memahami estetika dalam seni rupa merupakan salah satu wujud pelaksanaan apresiasi seni,dan merupakan suatu proses penyadaran yang dilakukan penikmat dalam menghadapi dan menghargai sebuah karya seni. Jadi apresiasi adalah proses pengenalan nilai-nilai seni, untuk menghargai dan menafsirkan makna (arti) yang terkandung di dalamnya. Dan apresiasi menuntut ketrampilan dan kepekaan estetika guna mendapatkan pengalaman estetik bukanlah sesuatu yang mudah muncul dengan sendirinya atau mudah diperoleh, karena memerlukan latihan dan perhatian yang sungguh-sungguh.

5 Pengertian Apresiasi Seni * Menikmati, menghayati dan merasakan suatu objek atau karya seni * mencermati karya seni dengan mengerti dan peka terhadap segi-segi estetiknya, sehingga mampu menikmati dan memaknai karya-karya tersebut dengan semestinya

6 a. Persepsi  Kegiatan ini mengenalkan pada anak didik akan bentuk-bentuk karya seni di Indonesia, misalnya, mengenalkan tari-tarian, musik, rupa, dan teater yang berkembang di Indonesia, baik tradisi, maupun moderen.Pada kegiatan persepsi kita dapat mengarahkan dan meningkatkan kemampuan dengan mengidentifikasi bentuk seni. b. Pengetahuan  Pada tahap ini pengetahuan sebagai dasar dalam mengapresiasi baik tentang sejarah seni yang diperkenalkan, maupun istilah-istilah yang biasa digunakan di masing-masing bidang seni. Kegiatan apresiasi meliputi

7 c. Pengertian Pada tingkat ini, diharapkan dapat membantu menerjemahkan tema ke dalam berbagai wujud seni, berdasarkan pengalaman, dalam kemampuannya dalam merasakan musik. d. Analisis  Pada tahap ini, kita mulai mendeskripsikan salah satu bentuk seni yang sedang dipelajari, menafsir objek yang diapresiasi. e. Penilaian  Pada tahap ini, lebih ditekankan pada penilaian tehadap karya-karya seni yang diapresiasi, baik secara subyektif maupun obyektif.

8 f. Apresiasi Apresiasi merupakan bagian dari tujuan pendidikan seni di sekolah yang terdiri dari tiga hal; value ( nilai ), empathy dan feeling. Value adalah kegiatan menilai suatu keindahan seni, pengalaman estetis dan makna / fungsi seni dalam masyarakat. Sedangkan empathy, kegiatan Memahami, dan menghargai. Sementara feeling, lebih pada menghayati karya seni, sehingga dapat merasakan kesenangan pada karya seni. Sejalan dengan rumusan di atas S.E. Effendi mengungkapkan bahwa apresiasi adalah mengenali karya sehingga menumbuhkan pengertian, penghargaan, kepekaan untuk mencermati kelebihan dan kekurangan terhadap karya.

9 pendekatan dalam melakukan apresiasi  Menurut Soedarso (1987) ada tiga pendekatan dalam melakukan apresiasi yakni : 1). pendekatan aplikatif, 2). pendekatan kesejarahan, 3). pendekatanproblematik.  Pendekatan aplikatif, adalah pendekatan dengan cara melakukan sendiri macam-macam kegiatan seni.  Pendekatan kesejarahan adalah,dengan cara menganalisis dari sisi periodisasi dan asal usulnya.  Pendekatan problematik, dengan cara memahami permasalahan di dalam seni.

10 Seorang pengamat akan berbeda dengan pengamat lainnya dalam menilai sebuah pertunjukan seni. Hal ini didasarkan pada pengalaman estetik, dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Bahasan kajian dalam mengapresiasi seni pada tingkatan awal dengan pendekatan aplikatif adalah sebagai berikut:  Seni Musik Klasik Ciri khas musiknya Bentuk musik dari zamannya Struktur musiknya Gaya musiknya  Seni Musik Tradisi Ciri-ciri khas musiknya : - Laras - Pola tabuhan - Instrumen yang dimainkan - Struktur musiknya - Gaya musiknya Fungsi seni Ekspresif (nilai-nilai keindahan) Makna / pesan yang terkandung

11  Seni Tari Kreatif Mencermati identifikasi gerak Mencermati keharmonisan gerak dan musik Mencermati kreativitas gerak Mencermati kemampuan wiraga / kelenturan Mengidentifikasi jenis tari berdasarkan garapan Mengidentifikasi tari berdasarkan orientasi Mengidentifikasi berdasarkan fungsinya  Seni Teater Mengidentifikasi perbedaan teater dan film Mengidentifikasi keberhasilan suatu pementasan Mengidentifikasi nada ucapan dan makna dalam dialog Mengidentifikasi plot lakon  Seni Rupa Makna Gaya Material Elemen Estetika

12  Apresiasi bukanlah sebuah proses pasif, ia merupakan proses aktif dan kreatif, agar secara efektif mengerti nilai suatu karya seni, dan mendapatkan pengalaman estetik (Feldman,1981)  Pengalaman estetik yang dinyatakan oleh John Dewey (1934)adalah: pengalaman yang dihasilkan dari proses penghayatan karya.

13  Daya imaji merupkan hasil tanggapan sesaat indra yang kemudian menghasilkan interaksi antara persepsi luar dan persepsi dalam.  Hasil interaksi tersebut disebut interpretasi yang kemudian berkumpul sebagai nilai hayati (isi atau makna)

14 Untuk memahami kesenian membutuhkan pengalaman estetika bagi seorang penikmat, pengalaman yang ditemukan dari hasil penghayatan suatu karya seni, disamping tergantung pada karya seni itu sendiri, juga tergantung pada kondisi intelektual serta kondisi emosional si penikmat.

15 Tingkat pemahaman seseorang tergantung dari ingkat intelektual dan latar belakang budayanya, tingkatan tersebut menurut Steppen C. Pepper memberikan empat tingkatan ultimatum kesenangan berdasarkan tingkat relatifitas seseorang. Yaitu:

16 Tingkat 1 disebut tingkat Subjektif relatifitas  Yaitu dimana seseorang dalam memberikan ultimatum senang dan tidak senang karena adanya keputusan subjektifitas.  Misalnya:  “saya senang dengan film itu karena dimainkan oleh bintang yang saya idolakan”

17 Tingkat 2 yaitu tingkat culture relatifitas  Yaitu: ultimatum senang atau tidak senang atas keputusan sikap psikologis karena ikatan latar belakanag budaya.  Misalnya:  Saya senang karena karya seni yang disajikan merupakan kebudayaan dari daerahku.

18 Tingkat 3 yaitu tingkat biologikal relatifitas  Yaitu: dimana ultimatum senang dan tidak senang didasari atas keputusan yang berdasarkan atas intrinsik yang muncul setelah menikmati karya tersebut.

19 Tingkat 4 adalah tingkat relatifitas yang disebut absolut  Yaitu: ultimatum senang atau tidak senang bukan dari intrinsik tetapi cendrung kepada sikap ekstrinsik. Ultimatum yang didsasarkan dari pengaruh luar.  Misal:  Semua seni itu indah, tetapi berusaha menikmati dengan segala segala kekuatan aspek psikologis yang ia miliki.

20 Menumbuhkan minat dan apresiasi terhadap seni budaya  Apresiasi terhadap warisan budaya dan seni Islam masa lalu  Memperluas wawasan mengenai pengaruh Islam terhadap berbagi cabang seni budaya di tanah air.  Menumbuhkan kesadaran harga diri atas dominasi nilai-nilai Budaya Barat.


Download ppt "APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM a. Apresiasi  Istilah apresiasi berasal dari kata latin appretiatus yang merupakan bentuk past participle, yng artinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google