Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WING W PANDOE. Aristoteles, berpendapat bahwa seni adalah bentuk peniruan alam. Namun tidak sekedar itu, pencipta harus mengekspresikan idenya untuk menambah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WING W PANDOE. Aristoteles, berpendapat bahwa seni adalah bentuk peniruan alam. Namun tidak sekedar itu, pencipta harus mengekspresikan idenya untuk menambah."— Transcript presentasi:

1 WING W PANDOE

2 Aristoteles, berpendapat bahwa seni adalah bentuk peniruan alam. Namun tidak sekedar itu, pencipta harus mengekspresikan idenya untuk menambah keindahan seninya melebihi alam nyata. John Dewey, filosof dan tokoh pendidik Amerika Serikat, menyatakan bahwa kesenian adalah mutu hasil perbuatan serta hasilnya sekaligus. Sebuah kesenian baru terwujud apabila manusia bekerjasama dengan hasil perbuatannya sehingga terwujudlah penghayatan yang memberikan kenikmatan kepadanya. Kenikmatan tersebut timbul karena penghayatan itu mengandung sifat teratur dan membebaskan jiwa. Ki Hajar Dewantara, menyatakan bahwa kesenian adalah keindahan yang berdasar pada ketertiban. Sedangkan moral (kesucian) berdasarkan pada ketertiban yang lain. Itulah sebabnya kita sering melihat korelasi antara rasa agama, rasa kesusilaan, dan rasa kesenian di dalam budi seseorang. Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaanya yang hidup dan bersifat indah, hingga dapat menggerakkan perasaan manusia.

3  APRESIATIF, memberikan penilaian/penghargaan terhadap karya  KREATIF; kemampuan berkarya melihat potensi diri  SENSITIF ; merasakan, peka terhadap perubahan sosial

4

5  Manusia memiliki hak untuk memberikan penalaran terhadap obyek yang bersentuhan dengannya. Penalaran ini tergantung seberapa besar ia memiliki referensi dan berbagai ilmu pengetahuan.

6  Manusia adalah makhluk kreatif, berkemauan bebas dan memiliki sifat subyektif lainnya.  Manusia merupakan Agent yang kreatif (creative agents) dalam mengonstruksi dunia sosial (socials worlds). (Mark Weber)

7 Bersentuhan dengan obyek seni, dipastikan akan menggerakkan perasaan kita. Rasa indah, rasa haru, rasa semangat, juga keburukan-keburukan akan terjadi spontan pada saat itu. Semakin tinggi intensitas berhubungan dengan karya seni, seseorang akan memiliki kepekaan terhadap berbagai perubahan sosial.

8 suatu proses penciptaan dari keinginan manusia untuk berekspresi, menyampaikan gejolak jiwanya, dan menciptakan karya bersumber dari ekspresi tersebut, atas nilai etis (moral) dan estetis (keindahan)

9 Estetika adalah gerak perasaan manusia (emosional) yang digerakkan oleh rangsangan elemen-elemen seni, misal : bunyi, syair, warna, gerak, dll. Plato, fisuf Yunani kuno, berkeyakinan bahwa keindahan itu ada di dalam pernyataan gagasan yang murni, yang tak mungkin diharapkan ada atau muncul sepenuhnya di muka bumi atau alam semesta ini. Pengalaman keindahan itu tidak pernah bergantung pada senang dan tidak senangnya seseorang atau pribadi pada subyek artistik, tetapi terletak pada pemahaman intelektual terhadap subyek artistik itu. ESTETIKA BARAT ESTETIKA TIMUR

10 Berdasar pada media yang digunakan. SENI RUPA ; bermediakan bentuk 2D dan 3D. SENI PERTUNJUKAN ; bermediakan gerak, suara, laku SENI SASTRA ; bermediakan bahasa dan tulisan

11 SENIRUPA ; Seni Lukis, Seni Poster, Seni Kriya, Seni Dsain, Fotografi, Batik, dll. SENI PERTUNUKAN (performing arts); Seni Musik, Seni Teater, Seni Tari SENI SASTRA ; Puisi, Cerpen, Sajak, Novel, dll

12 MATERI    WEBSITE MAIL Id YM : paw_rs2 FB : Wing Pandoe


Download ppt "WING W PANDOE. Aristoteles, berpendapat bahwa seni adalah bentuk peniruan alam. Namun tidak sekedar itu, pencipta harus mengekspresikan idenya untuk menambah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google