Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SENI DALAM PANDANGAN UMUM KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian seni secara umum serta menyebutkan struktur keilmuan cabang-cabang seni. (ENIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SENI DALAM PANDANGAN UMUM KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian seni secara umum serta menyebutkan struktur keilmuan cabang-cabang seni. (ENIS."— Transcript presentasi:

1 SENI DALAM PANDANGAN UMUM KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian seni secara umum serta menyebutkan struktur keilmuan cabang-cabang seni. (ENIS NIKEN HERAWATI, M.HUM)

2 PENGERTIAN APRESIASI Apresiasi Apresiasi Upaya untuk pengenalan terhadap obyek seni kepada masyarakat luas Apresiasi bisa secara: Apresiasi bisa secara:AktifPasif

3  Apresiasi Aktif Melibatkan apresian dalam kegiatan tertentu.  Apresiasi Pasif dapat dilakukan ketika seseorang menyaksikan pertunjukan/pameran tanpa ada tindakan untuk mengkritik atau menilai pertunjukan maupun pameran yang dilihat.

4 PENGERTIAN SENI  Segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia (Ki Hajar Dewantara).  Kegiatan rohani manusia yang merefleksi realitas(kenyataan) dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani sipenerimanya (Akhdiat K. Miharja).

5  Hasil karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman- pengalaman batinnya, pengalaman- pengalaman batin tersebut disajikan secara indah atau menarik sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada orang lain yang menghayatinya (Soedarso, SP.).

6 SENI SECARA TEORITIS DAPAT DIBAGI MENJADI DUA BAGIAN BESAR Seni Murni Seni yang dibuat tanpa mempertimbangkan kepentingan tertentu di luar fungsi atau bentuk yang ia punyai Seni Terapan Seni yang penciptaannya dirancang untuk kepentingan tertentu di luar fungsi sebenarnya.

7 KEDUDUKAN SENI PADA MASYARAKAT MEMILIKI TIGA WILAYAH  Wilayah Kreatif= Seniman  Wilayah Rekreatif= Pengamat  Wilayah Apresiatif= Pecinta Seni

8 SECARA GARIS BESAR APRESIASI SENI BERHUBUNGAN DENGAN TIGA HAL  SENI DENGAN ALAM  SENI DENGAN LINGKUNGAN  SENI DENGAN EKSPRESI

9 PENGERTIAN S Seni dengan Alam Mengisyaratkan manusia untuk selalu ingat pada alam sebagai sumber penciptaan karya seni. Seni dengan Lingkungan Memberi pesan kepada masyarakat untuk selalu dekat dengan lingkungan sekitarnya. Seni dengan Ekspresi Keduanya saling mendukung, tidak bisa dipisahkan karena di dalam seni ada ekspresi.

10 Sekian dan Terimakasih


Download ppt "SENI DALAM PANDANGAN UMUM KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian seni secara umum serta menyebutkan struktur keilmuan cabang-cabang seni. (ENIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google