Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DESAIN SISTEM SECARA TERINCI OLEH Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DESAIN SISTEM SECARA TERINCI OLEH Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT."— Transcript presentasi:

1 DESAIN SISTEM SECARA TERINCI OLEH Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT

2 DESAIN OUTPUT TERINCI Bentuk output-output terinci: a. Bentuk Laporan. Laporan dari suatu sistem informasi dapat berbentuk tabel dan berbentuk grafik. 1. Laporan Berbentuk Tabel.  Notice Report  Equipoised Report  Variance Report  Comparative Report 2. Laporan berbentuk Grafik.  Bagan Garis ( line chart)  Bagan Batang ( Bar chart)  Bagan Pastel ( pie chart)

3 b. Pedoman Desain Laporan  Untuk Laporan formal, terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu: Judul Laporan, Tubuh Laporan dan catatan kaki laporan yang berisi ringkasan, subtotal, dan grand total.  Kualitas kertas disesuaikan dengan keperluan.  Margin pencetakan c. Alat-alat Output terinci  Printer layout form  Kamus data output

4 DESAIN INPUT TERINCI Desain input terinci dimulai darai desain dokumen dasar dengan baik sehingga kemungkinan kesalahan input relative kecil. a. Dokumen Dasar Dokumen dasar merupakan formulir yang digunakan untuk menangkap data. Data yang telah ditangkap dimasukkan kekomputer sebagai input Sistem informasi. Dokumen dasar dapat membantu dalam penanganan arus data sebagai berikut: 1. Dapat menunjukkan macam data yang dikumpulkan dan ditangkap. 2. Data dapat dicatat dengan jelas, konsisten dan akurat. 3. Dapat mendorong lengkapnya data. 4. Bertindak sebagai pendistribusian data. 5. Dokumen dasar dapat membantu didalam pembutktian terjadinya suatu transaksi yang sah. 6. Dokuemen dasar dapat digunakan sebagai cadangan atau pelindung dari file-file computer.

5 b. Cara Mengurangi Jumlah Masukan Ada beberapa cara untuk melakukan pengurangan jumlah input tanpa mengurangi kelengkapannya, antara lain :  Menggunakan kode  Data yang realtif konstan disimpan dalam File Induk Acuan  Jam dan Tanggal diambilkan dari sistem  Rutin perhitungan dilakukan oleh sistem

6 3. Desain Dialog Layar Terminal Desain dialog layar terminal merupakan rancang bangun dari percakapan antar pemakai sistem dengan computer, percakapan ini bisa berupa proses memasukkan kesistem, menampilkan output informasi kepada user datau keduanya. a.Pedoman Desain Dialog. b.Strategi Dialog c.Untuk menggambar dialog layar terminal lengkapi dengan Bagan Dialog. d.Dilengkapi dengan Bagan Tata letak layar terminal. e.Semua dijelaskan dengan Kamus Data Dialog.

7 DESAIN DATABASE TERINCI Desain database terinci merupakan desain keperluan database secara rinci yang meliput penggunaan file-file dalam suatu sitem informasi. Adapun untuk desain database ini bisa menggunakan teknik: Normalisasi maupun Diagram Entity Relatinship (DER) dan dilengkapi dengan Penjelasan Data di dalam Kamus Data File.

8 DESAIN TEKNOLOGI TERINCI Desaian teknologi terinci lebih menekankan pada desain kebutuhan kapasitas memori untuk menyimpan database, sistem operasi maupun untuk kebutuhan penyimpanan system informasi ( Program)

9 DESAIN MODEL DAN KONTROL SECARA RINCI Desain model terinci mendefinikan secara rinci urut-urutan langkah-langkah dari masing- masing proses ydigambarkan dalam DAD, yang meliputi: a. Desain Program Komputer Secara Modular. b. Alat-alat Desain Program Komputer c. Metodologi Desain Program Komputer. d. Langkah Desain Program secara Moduler.

10 MEMBUAT LAPORAN HASIL DESAIN SISTEM TERINCI Laporan desain terinci bisa dipecah menjadi dua, yaitu laporan yang pertama untuk user lebih menekankan bentuk input dan output yang akan digunakan pada system informasi. Laporan yang kedua untuk programamer dan ahli-ahli teknik pendukung pengembangan sistem. Kedua laporan tersebut berisi teknis sehingga sering disebut dengan Teknical Manual.


Download ppt "DESAIN SISTEM SECARA TERINCI OLEH Muhammad Taqiyyuddin Alawiy, ST., MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google