Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desain output terinci dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan seperti apa bentuk dari output-output tersebut. Pada pembahasan yang dimaksud.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desain output terinci dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan seperti apa bentuk dari output-output tersebut. Pada pembahasan yang dimaksud."— Transcript presentasi:

1

2 Desain output terinci dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan seperti apa bentuk dari output-output tersebut. Pada pembahasan yang dimaksud dalam bab ini adalah untuk output berbentuk laporan di media keras. Umumnya laporan yang paling banyak digunakan adalah bentuk tabel dan grafik (bagan).

3 Macam-macam laporan berbentuk tabel yang bisa meliputi : 1. Notice Report Yakni bentuk laporan yang memerlukan perhatian khusus, harus dibuat sesederhana mungkin, tetapi jelas. 2. Equipoised Report Biasanya digunakan untuk maksud perenca- naan. Berisi hal-hal yang bertentangan yg digunakan sbg dasar pengambilan kepu- tusan.

4 PT Rizki Laporan Penurunan Penjualan Menurut Jenis Barang Bulan Desember 2012 Daerah Penjualan% Penurunan Bandung10,00 % Jakarta15,00 % Yogyakarta12,50 %

5 PT Rizki Laporan Perencanaan Memasuki Pasar Yang Baru – Daerah Medan Untuk Tahun Fiskal 2012 JELEKBAIK PenjualanRp Rp Hrg Pokok Penjln.Rp Rp Laba KotorRp Rp Biaya PenjualanRp Rp Biaya AdministrasiRp Rp Laba/Rugi(Rp )Rp

6 3. Variance Report Laporan ini menunjukkan selisih (variance) antara standar yang sudah ditetapkan dengan hasil kenyataan/sesungguhnya. 4. Comparative Report Hasil dari laporan ini membandingkan antara satu hal dengan hal yang lainnya. Mis pada laporan laba rugi atau neraca dapat dibandingkan antara nilai-nilai elemen th berjalan dg tahun-tahun sebelumnya.

7 JENIS BARANG JUMLAH UNIT HARGA SESUNGH HRG STANDAR SELISIH HARGA TOT SELISIH CPU R Monitor R Keyboard R Hardisk L Modem L Printer R TOTAL??

8 1. Bagan Garis (Line Chart) 2. Bagan Batang (Bar Chart) 3. Bagan Pastel (Pie Chart) Bagan Garis Kebaikan : 1. Dapat menunjukkan hubungan antara nilai dengan baik 2. Dapat menunjukkan beberapa titik

9 3. Tingkat ketepatannya dapat diatur sesuai dengan skalanya 4. Mudah dimengerti Bagan Batang Kebaikannya : 1. Baik untuk perbandingan 2. Dapat menunjukkan nilai dengan tepat 3. Mudah dimengerti

10 Bagan pastel Kebaikannya 1. Baik untuk perbandingan sebagian dengan keseluruhannya 2. Mudah dimengerti Kelemahannya: 1. Penggunaannya terbatas. 2. Ketepatannya kurang. 3. Tidak dapat menunjukkan hubungan bebera titik.

11

12 Berikut ini termasuk pedoman-pedoman dalam pembuatan suatu laporan, yakni 1. Untuk laporan formal dibagi 3 bagian utama yakni Judul laporan, Tubuh Laporan dan Catatan Kaki laporan 2. Untuk Laporan penting, gunakan kertas berkualitas baik, tidak mudah sobek dan tidak mudah kotor. 3. Untuk tiap batas tepi laporan sebaiknya diberi jarak 2 ½ cm.

13 4. Gunakan spasi baris yang cukup, sehingga laporan mudah dibaca 5. Untuk hal-hal yang ingin ditonjolkan, dapat ditulis dengan huruf besar, tebal atau diga- ris bawah. 6. Gunakanlah bentuk huruf cetak yang jelas dan tidak membingungkan serta hindari penggunaan font yang sulit dimengerti. 7. Laporan harus didistribusikan tepat pada waktunya

14 8. Laporan harus sederhana tetapi jelas 9. Laporan harus diungkapkan dalam bentuk dan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh pemakainya. 10. Isi laporan harus akurat 11. Laporan harus distandarisasi 12. Laporan harus berguna 13. Biaya pembuatan laporan harus dipertim- bangkan.

15 Alat-alat yang digunakan untuk Desain Output secara terinci, meliputi : 1. Printer Layout Form atau printer spacing chart atau printer layout chart merupakan suatu bagan yang digunakan untuk menggambarkan sketsa bentuk dari output di printer. 2. Kamus Data output yang merupakan pengemba ngan dari kamus dari arus data dan digunakan untuk menjelaskan secara terinci ttg data yang akan disajikan di laporan.

16 Masukan (input) merupakan awal dimulainya proses informasi. Hasil dari transaksi merupa kan masukan untuk sistem informasi. Desain input harus berusaha membuat suatu sistem yang dapat menerima input dengan baik. Dokumen Dasar Dokumen dasar (source document) merupakan formulir yang digunakan untuk menangkap data yang terjadi.

17 Data yang sudah dicatat di dokumen dasar kemudian dimasukkan sbg input ke sistem informasi. Perancangan Dokumen dasar yang baik : 1. Kertas yang Dipergunakan 2. Ukuran dari Dokumen dasar 3. Warna yang Digunakan 4. Judul Dokumen Dasar 5. Nomor Dokumen Dasar 6. Nomor Urut Dokumen Dasar

18 7. Nomor dan Jumlah halaman 8. Spasi 9. Pembagian Area 10. Caption

19 Terima Kasih

20 Kerjakan dan Dikumpulkan Hari ini juga 1. Apa yang Anda ketahui tentang Design Force (Tekanan Desain Sistem) dan sebutkan sejumlah design force yang memengaruhi kerja ! 2. Sebutkan langkah-langkah yang hrs dilakukan dalam Desain Output secara umum. 3. Sebutkan (minimal 3) pedoman apa saja yang diperhatikan dalam mendesain laporan!

21 4. Sebutkan Alat-alat apa saja yang digunakan untuk Desain Output secara terinci.


Download ppt "Desain output terinci dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan seperti apa bentuk dari output-output tersebut. Pada pembahasan yang dimaksud."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google