Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pokok Bahasan I PENDAHULUAN Pengertian Psikologi Pendidikan Hadjam Murusdi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pokok Bahasan I PENDAHULUAN Pengertian Psikologi Pendidikan Hadjam Murusdi."— Transcript presentasi:

1 Pokok Bahasan I PENDAHULUAN Pengertian Psikologi Pendidikan Hadjam Murusdi

2 Penertian Psikologi Dari bhs Inggris Psyche = Jiwa(Arruh Arab). Logos = Ilmu Pengetahuan. Jadi Psikologi dari segi makna kata =Ilmu Jiwa. Sebagai ilmu baru muncul pada ahir abad 19, sebelumnya dibahas pada Filsafat sbg induk ilmu pengetahuan. Dalam perkembangannya menjadi Psikologi (Ilmu jiwa tidak pas) Karena yang dikaji adalah gejala perilaku saja.

3 Macam psikolgi. 1. Psikologi Umum= yang dikaji adalah perilau manusia dewasa Normal dan berbudaya. 2. Psikolgi Khusus yang dipelajari psikologi yg bersifat khusus(Psi. Perkembangan,Psi Kepribadian. 3. Psikologi terapan Yg dipelajari peran psi. Dibidang tertentu agar usaha manusia berhasil baik( Psi. Pendidikan,Psib Industri) Dengan belajar psi Pend. Agar sebagai guru kelak PBM yg kita lakukan efektif dan ifisien.

4 Pendidikan. Suatu pergaulan antara orang dewasa dgn anak didik dengan matri pendidikan untuk dibawa pada tingkat kedewasaan. Pendidikan hakekatnya adalah proses memanusiakan anak manusia. Pendidikan menuntut prosionalitas, tanggung jawab,keahlian dan ketekunan.

5 Ada dua macam Pendidik. Pendidik kodrati: Orang Tua setelah melahirkan putra-putrinya disadari atau tidak secara kodrati ia adalah seorang pendidik. Pendidik Jabatan: Melaksanakan tugas pendidikan karena ada surat keputusan(SK) dari pihak yang berwewenang.

6 Psikologi Pendidikan Ilmu yang mempelajai tentang perkembangan peserta didik, konsep psikilogi yang tekait dengan pendidikan peserta didik sehingga proses Belajar Menagajar(PBM) menjadi efektif dan efisien. Psikologi Pendidikan mutlak dipelajarioleh semua orang, krn hakekatnya semua orang adalah pendidik.

7 Materi yang dikaji. Pengertian psikologi Pendidikan. Energi-energi Psikis yg sangat penting digunakan dlm PBM. KOnsepsi Belajar agar belajar menjadi efisien. SistemEvaluasi untuk mengetahui keberhasilan belajar. Cara pembuatan alat ukur ahsil belajar/ test yang baik.

8 Beberapa catatan penting Belajar harus penuh minat dan dengan kesungguhan dengan niat untk mencapai prestai yang teringgi. Perhatikan waktu belajar dengan seimbang sebagai kebutuhan mahasiswa. Pancangkan motivasi yg tinggi bahwa kuliah di UAD maks. 4 tahun syukur kurang dari itu.

9 Pengantar Psikologi diakui sebagai ilmu tersendiri pada akhir abad 19, sebelumnya masih bergantung pada ilmu induknya yakni filsafat. Psikologi berasal dari kata psyche (jiwa) dan logos (ilmu pengetahuan)  secara etimologis psikologi berarti ilmu jiwa. J I W A ? By Purwandari, M.si.

10 Perkembangan selanjutnya ada perbedaan antara ilmu jiwa dan psikologi Psikologi  membatasi diri pada hal-hal yang ilmiah saja Ilmu jiwa  mencakup hal yang lebih luas, dan segala persoalan-persoalan jiwa yang tidak ilmiah Psikologi tidak mempersoalkan jiwa tetapi gejala kejiwaan atau secara umum disebut tingkah laku. Jadi psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Obyek psikologi adalah tingkah laku. By Purwandari, M.si.

11 Psikologi psyche logos JiwaIlmu pengetahuan Ilmu jiwa Gejala kejiwaan/perilaku Ilmu yang mempelajari perilaku manusia By Purwandari, M.si.

12 Tingkah laku perbuatan penghayatan Pemunculannya berupa gerakan- gerakan yang dapat diamati secara langsung Perilaku yang tidak segera dapat diamati secara langsung By Purwandari, M.si.

13 Pengertian Psikologi Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas individu (Woodworth) Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia (W.J.H. Sprott) Psikolgi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan motifnya (J.S. Ross) Psikologi adalah ilmu yang mempelajari penghayatan dan perbuatan manusia ditinjau dari fungsinya dari subyek (Verbeek) Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia (Singgih Dirgagunarsa) By Purwandari, M.si.

14 Tujuan psikologi Memahami  yakni memahami tingkah laku manusia. Memprediksi  menggunakan pengetahuan yang sudah diperoleh untuk memprediksi (prediksi merupakan pemberitahuan lebih dahulu apa yang akan terjadi). Mengendalikan  mencegah dan memperbaiki keadaan yang kurang menguntungkan dan membuka kemungkinan terjadinya keadaan yang menguntungkan. By Purwandari, M.si.

15 PSIKOLOGI Ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia Psikologi umumPsikologi Khusus Mempelajari tingkah laku manusia dewasa, berbudaya dan normal Mempelajari tingkah laku yang khusus menekankan pada aspek-aspek tertentu Contoh: psi perkembangan, psi pendidikan, psi kepribadian, psi ABK, psi sosial, psi industri, psi klinis, dll. By Purwandari, M.si.


Download ppt "Pokok Bahasan I PENDAHULUAN Pengertian Psikologi Pendidikan Hadjam Murusdi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google