Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SMK NEGERI 1 PURWOSARI Disusun Oleh: Citra Agustin Kelas X-TKJ 1 No.absen 08.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SMK NEGERI 1 PURWOSARI Disusun Oleh: Citra Agustin Kelas X-TKJ 1 No.absen 08."— Transcript presentasi:

1 SMK NEGERI 1 PURWOSARI Disusun Oleh: Citra Agustin Kelas X-TKJ 1 No.absen 08

2 Mempersembahkan Presentasi Mengenai “Perkembangan Sistem Komputer Dan Internet”

3 SEJARAH KOMPUTER HARDWARE SOFTWARE BRAINWARE SISTEM KOMPUTERINTERNET PERKEMBANGAN

4 Ketika kita berbicara tentang perkembangan sistem komputer maka kita tidak bisa lepas dari bagian-bagiannya, yaitu: Hardware, Software, dan Brainware. Ketiga bagian ini berkembang secar bersama-sama karena bila salah satu dari bagian ini berkembang pesat dibanding bagian lainnya, maka akan terjadi kesimpangsiuran antar bagian tersebut.

5 Sejarah Perkembangan Komputer Awalnya, sejarah perkembangan komputer berawal dari penemuan seseorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah seorang ilmuwan di dunia yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia, terutama perkembangan komputer. Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin penghitung (Difference Engine no.1) merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal komputer. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage sebagai penemu komputer dan dijuluki sebagai bapak komputer.

6 Hardware (Perangkat Keras) Hardware (Perangkat Keras) Perkembangan hardware komputer semakin cepat dari yang sederhana sampai hardware yang paling kompleks. Namun dilihat dari sejarahnya, perkembangan komputer diawali oleh kebutuhan manusia untuk melakukan pemrosesan data secara lebih mudah. Perkembangan hardware komputer itu sendiri adalah sebuah evolusi dari berbagai alat pengolahan data. Charles Babbage adalah seorang matematikiawan dari inggris yang pertama kali mengenalkan komputer yang pertama, namun pada periode ini komputer digunakan hanya untuk operasi matematika, baru setelah tahun 1940 komputer digunakan untuk pengolahan data yang lebih luas.

7 Sejarah Perkembangan Hardware Sejarah Perkembangan Hardware A. Generasi Pertama : Tabung Vakum ( 1945 – 1955 ) a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer ) ENIAC adalah komputer digital elektronik untuk kebutuhan umum pertama di dunia yang dirancang dan dibuat olehJohn Mauchly dan John Eckert di Universitas Pennsylvania. ENIAC memiliki berat 30 ton, terdiri dari lampu tabung (transistor ukuran besar), lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga watt. Saat pertamakali dioperasikan pertama, seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati. ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIAC tidak hanya memiliki kemampuan menghitung tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana.

8 b. Komputer Komersial Tahun 1950 dianggap sebagai tahun kelahiran industry computer dengan munculnya 2 buah perusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu sperry dan IBM. Tahun 1947, Eckert dan mauchly mendirikan Eckret – mauchly computer corporation untuk memproduksi computer secara komersial. Komputer pertama yang mereka hasilkan adalah UNIVAC I (universal Automatic Computer). UNIVAC I menjadi tulang punggung penghitungan sensus tahun 1950 di USA. UNIVAC II yang memiliki kapasitas memori lebih besar dan knerja yang lebih baik diluncurkan tahun Mulai saat itu perusahaan telah mengembangkan produk –produk baru yang kompatibel dengan produk sebelumnya sehingga pasar konsumen mereka tetap terjaga menggunakan produknya. IBM pun tidak mau kalah dengan mengeluarkan produk mereka yang akhirnya mendomnasi pasar bisnis saat ini. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan terus berkembang menjadi lebih baik hingga sekarang.

9 Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya.Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/ byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.

10 Komputer Generasi Pertama

11 B.Generasi kedua : transistor( ) Sejak pesatnya teknologi semikonduktor hingga menghasilkan komponen transistor membawa perubahan besar pada dunia komputer. Komputer era ini tidak lagi menggunakan tabung vakum yang memerlukan daya operasional besar, tabung -tabung itu digantikan komponen kecil bernama transistor. Konsumsi daya listrik amat kecil dan bentuknya relatif kecil.

12 Generasi dua ini juga terdapat perubahan perkembangan pada ALU yang makin kompleks, lahirnya bahasa pemograman tingkat tinggi maupun tersedianya software sistem operasi. Generasi kedua juga ditandai munculnya Digital Equipment Corporation (DEC) tahun 1957 dan meluncurkan komputer pertamanya, yaitu PDP 1.

13 Komputer Generasi Kedua

14 C. Generasi Ketiga : Integrated Circuits ( ) Pada tahun 1958 terjadi revolusi elektronika kembali, yaitu ditemukannya integrated circuit (IC) yang merupakan penggabungan komponen-komponen elektronika dalam suatu paket. Dengan ditemukan IC ini semakin mempercepat proses komputer, kapasitas memori makin besar dan bentuknya semakin kecil.

15 Komputer Generasi Ketiga

16 D. Generasi Keempat : Very Scale integration (1980- ????) Setelah IC muncul, tujuan Pengembangan Komputer menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektronik. Large Scale Integration atau LSI dapat memuat ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian tahun 1980-an, Very Large Scale Integration atau VLSI memuat ribuan komponen dalam satu chip tunggal. ULSI atau yang disebut dengan Ultra-Large Scale Integration mampu meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang banyak komponen dalam satu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer

17 Komputer Generasi Keempat

18 Kecepatan generasi-generasi komputer No.TAHUNTEKNOLOGIkecepatan (operasi/detik) – 1957TABUNG VAKUM – 1964TRANSISTOR SMALL AND MEDIUM SCALE INTEGRATION – 1977 LARGE SCALE INTEGRATION ???? VERY LARGE SCALE INTEGRATION

19 Karena komputer telah mampu menjadi ladang bisnis yang cerah, maka munculnya persaingan antara IBM PC dengan perusahaan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh yang menjadi terkenal karena mampu mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya yang masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Perusahaan Macintosh juga mempopulerkan penggunaan perangkat keras mouse. Saat ini kita telah mengenal perjalanan IBM compatible dengan memakai CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4 (Serial dari CPU ciptaan dari Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dan lain-lain. Itu semua termasuk ke dalam golongan komputer generasi keempat.

20 Software (Perangkat Lunak) Software (Perangkat Lunak) Sejarah Perkembangan Software dibagi dalam beberapa era yaitu: 1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software computer pada awalnya adalah sambungan kabel keantar bagian dalam komputer, cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan computer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.

21 2. Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu- satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini juga mulai dikenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data.

22 3. Era Mikro. Pada Era Mikroini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) danLanguange Software/BahasaPemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

23 4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah computer tetapi sebuah handphone pun telah dilengkapi dengan sebuah software system seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

24 Brainware (User/Pengguna) Brainware (User/Pengguna) Brainware Komputer diartikan sebagai pengguna komputer yaitu setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware komputer maupun software komputer. Tanpa adanya brainware ini mustahil hardware dan software yang canggih sekalipun dapat dimanfaatkan secara maksimal.

25 Berdasarkan tingkat pemanfaatannya, brainware komputer dibagi dalam 4 tingkatan : A. System Analyst System Analyst adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang system analyst harus memiliki setidaknya empat keahlian : analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain).

26 B. Programmer Programmer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan menguasai salah satu atau banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, dll. Programmer juga bisa dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang.

27 C. Administrator Administrator adalah seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. D. Operator Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau istilahnya dia hanya menggunakan apilkasi-aplikasi tertentu.

28 Dengan adanya sistem komputer sudah pasti ada juga internet. Kata tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita karena sampai saat ini pun kita masih menggunakan internet.

29 Perkembangan Internet Perkembangan Internet Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

30 Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu : 1. Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala, performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.

31 2. Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks. 3. Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini. 4. Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat.

32 TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA SEMOGA BERMANFAAT


Download ppt "SMK NEGERI 1 PURWOSARI Disusun Oleh: Citra Agustin Kelas X-TKJ 1 No.absen 08."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google