Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Petemuan XIII. Tabulasi dan Analisis Data Tahapan Tabulasi Sebelum dilakukan analisis data, data- data yang telah dikumpulkan dari lapangan perlu – diedit,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Petemuan XIII. Tabulasi dan Analisis Data Tahapan Tabulasi Sebelum dilakukan analisis data, data- data yang telah dikumpulkan dari lapangan perlu – diedit,"— Transcript presentasi:

1 Petemuan XIII

2 Tabulasi dan Analisis Data

3 Tahapan Tabulasi Sebelum dilakukan analisis data, data- data yang telah dikumpulkan dari lapangan perlu – diedit, – verifikasi dan tabulasi, – diberi kode, – entri dalam data base atau komputer.

4 Pengujian Data yang dikumpulkan Arsip atau ke lapangan Edit, verifikasi dan Tabulasi Pemberian Kode Entri ke komputer Cek kode, konsistensi dan kasus ekstrim Analisis Data Gambar 2. Tahapan editing, tabulasi dan analisis data

5 Tahap Analisis Pengolahan data atau analisis data, dapat menggunakan berbagai macam perangkat lunak seperti : Excel, Minitab, SAS, SPSS dan lain- lain. Proses analisis data tidak selalu merupakan proses pendugaan atau pengujian hipotesis atau dengan analisis statistik inferensia, tetapi juga mengungkapkan perhitungan rataan, ragam, koefiesien korelasi dan regresi, jumlah kuadrat dan analisis ragam. Dalam analisis data perlu juga penyajian data dalam bentuk deskriptif berupa rata-rata, standar deviasi, varian, nilai minimum dan maksimum, dalam bentuk tabel, gambar dan ukuran pemusatan.

6 Gambar 3. Proses Analisis Statistik

7 Pertemuan XIII

8 Teknik Penulisan Ilmiah Bahan dan Ukuran Pengetikan Pemberian Tanda Urut Tabel dan Gambar Bahasa Penulisan nama Hal-hal lain yang perlu diperhatikan

9 Persiapan Buatlah kerangka utama presentasi kamu Bandingkan dengan minat pendengar Ketahui karakteristik dan dasar pengetahuan pendengar: Pembukaanmu harus "menggiring" pendengar pada satu pemikiran. Dari pembukaan ini, tunjukkan pendapat/topik yang akan disampaikan. Kemudian mulailah memasuki argumentasi. Melihat poin di atas, persempit topik presentasimu menjadi beberapa pemikiran utama. Latihlah presentasimu, entah itu kamu rekam sendiri, atau melakukannya di hadapan beberapa teman.

10 Teknik Presentase Buat suasana yang santai dan rileks untuk pendengarmu, misalnya dengan guyonan yang relevan, atau ambil perhatian mereka dengan bahasa tubuh atau peristiwa yang dramatik. Gunakan kata ganti "personal" (misalnya kita) dalam memberikan presentasi. Lakukan kontak mata dengan pendengar. Presentasikan topik kamu dengan menggunakan suara yang ramah/akrab, tapi beri variasi sebagai penekanan pada beberapa kata. Gunakan kata/kalimat transisi yang memberitahukan pendengar bahwa kamu akan menuju ke pemikiran yang lain. Berilah pertanyaan-pertanyaan kepada pendengar untuk melibatkan mereka. Ambil kesimpulan sesuai dengan pemikiran/argumentasi yang sudah dipresentasikan. Sisakan waktu untuk pertanyaan, dan mintalah masukkan pada: isi presentasi (ide-ide berhubungan yang mungkin belum disentuh) kesimpulan cara presentasi

11 Penggunaan Alat Audio Visual Bila menggunakan komputer, periksa apakah hardware- nya cocok dengan software yang hendak kamu gunakan. Periksa juga apakah dokumenmu bisa digunakan dengan versi software yang ada. Datanglah lebih pagi, serta periksalah apakah semua alat bantu yang hendak digunakan (audio, visual, komputer) bisa dilihat, didengarkan, dan dimengerti oleh semuanya. Gunakan huruf-huruf sederhana dan berukuran besar agar bisa dibaca dengan mudah (tampilan visual). Perlengkapi setiap pemikiran utamamu dengan material yang bisa ditunjukkan. Jangan membagikan kertas (handout), termasuk kerangka utama, sebelum presentasimu (atau pendengar akan terfokus untuk membacanya daripada mendengarkan presentasimu).

12 Pertemuan XIV

13 Review dan Presentase Presentase masing-masing kelompok Review materi kuliah


Download ppt "Petemuan XIII. Tabulasi dan Analisis Data Tahapan Tabulasi Sebelum dilakukan analisis data, data- data yang telah dikumpulkan dari lapangan perlu – diedit,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google