Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRESENTASI DAN INTERPRETASI DATA S0192 – Metode Penelitian dan Penulisan Telnik Sipil PERTEMUAN : 12.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRESENTASI DAN INTERPRETASI DATA S0192 – Metode Penelitian dan Penulisan Telnik Sipil PERTEMUAN : 12."— Transcript presentasi:

1 PRESENTASI DAN INTERPRETASI DATA S0192 – Metode Penelitian dan Penulisan Telnik Sipil PERTEMUAN : 12

2 PRESENTASI DATA 1.Narasi Narasi adalah penyampaian informasi / data dalam bentuk laporan dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Teknik penyampaian ini sangat mudah diterima oleh orang awam 2.Tabel Data disusun berdasarkan suatu kategori tertentu, yakni menggunakan kolom (vertikal) dan lajur (horizontal)

3 PRESENTASI DATA 3. Diagram/Chart Data diolah dan disajikan dalam bentuk gambar berdasarkan suatu kategori tertentu. Contoh: pictorial chart, bar chart, pie chart 4. Grafik Data dapat dipresentasikan dengan menggunakan grafik dua dimensional (sumbu X- Y). Sumbu vertikal (Y) menyatakan nilai variabel tidak bebas (dependent variable) sedang sumbu horizontal (X) menyatakan nilai variabel bebas (independent variable)

4 Editing Editing Data (Penyuntingan Data) : suatu kegiatan yang bertujuan agar data yang telah dikumpulkan memberikan kejelasan, dapat dibaca, konsisten dan komplit.

5 Editing Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengedit data : 1.Apakah data sudah lengkap dan sempurna ? 2.Apakah data cukup jelas dan dapat dibaca ? 3.Apakah semua catatan dapat dipahami ? 4.Apakah semua data sudah cukup konsisten ? 5.Apakah data cukup uniform ? 6.Apakah ada responsi yang tidak sesuai ?

6 Coding Coding : data yang dikumpulkan dapat berupa angka, kalimat pendek atau panjang, ataupun hanya “Ya” atau “Tidak”. Untuk memudahkan pengolahan dan analisis data, maka jawaban-jawaban tersebut perlu diberi kode. Pemberian Kode terhadap jawaban responden penting artinya, jika pengolahan data dilakukan dengan komputer.

7 Coding Pengkodean Data : menerjemahkan data ke dalam kode, biasanya kode angka yang bertujuan untuk memindahkan data tersebut ke dalam media penyimpanan data dan analisis komputer lebih lanjut. Coding (Mengkode Jawaban) : adalah menaruh angka pada setiap jawaban.

8 Coding dan Tabulasi Data Pemberian Kode : dapat dilakukan dengan melihat jenis pertanyaan/pernyataan jawaban. Dalam hal ini dibedakan : 1)Jawaban berupa angka. 2)Jawaban dari pertanyaan tertutup. 3)Jawaban pertanyaan semi terbuka. 4)Jawaban pertanyaan terbuka. 5)Jawaban pertanyaan kombinasi. Tabulasi Data :memasukkan data ke dalam tabel-tabel


Download ppt "PRESENTASI DAN INTERPRETASI DATA S0192 – Metode Penelitian dan Penulisan Telnik Sipil PERTEMUAN : 12."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google