Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROPOSAL PEMBUATAN TEROPONG BINTANG PPATRIA ARDI PRAYITNA PPRATIWI DEVI NURISTA PPUTRI YULI ASTUTI RRESTU ANDROMEDA ZATIRA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROPOSAL PEMBUATAN TEROPONG BINTANG PPATRIA ARDI PRAYITNA PPRATIWI DEVI NURISTA PPUTRI YULI ASTUTI RRESTU ANDROMEDA ZATIRA."— Transcript presentasi:

1

2 PROPOSAL PEMBUATAN TEROPONG BINTANG

3 PPATRIA ARDI PRAYITNA PPRATIWI DEVI NURISTA PPUTRI YULI ASTUTI RRESTU ANDROMEDA ZATIRA

4  Untuk mengetahui cara membuat teropong bintang dan prinsip kerja dari teropong bintang

5  Teropong bintan digunakan untuk mengamati benda – benda langit seperi bintang, planet dan asteroid. Teropong bintang menggunakan dua lensa cembung, satu sebagai lensa objektif, yang lain sebagai lensa okuler. Jarak fokus lensa objektif lebih panjang daripada jarak fokus lensa okulernya. Kedua titik fokus tersebut berhimpit.

6 LLensa Objektif & Okuler SShuttLe Kock PPipa Peralon KKertas Asturo SSolasi / double tape GGunting LLem GGergaji peralon SStero foam LLilin MMistar DDouble Tape

7

8 1. Mengukur fokus kedua lensa. 2. Siapkan peralatan seperti lensa, lilin, dan sebuah layar (kertas). 3. Usahakan jarak lilin dari lensa lebih panjang daripada jarak fokus ke lensa. 4. Geser – geser letak layar/lensa hingga bayangan lilin terlihat paling jelas di layar (kertas). 5. Ukur jatrak lilinh ke lensa sebagai jarak benda (s) kemudian ukur juga jarak layar ke lensa sebagai jarak bayangan (s’). 6. Hitung fokus masing – masing lensa dengan rumus 1/f = 1/s + 1/s’ 7. Menentukan apakah lensa tersebut lensa okuler natau lensa objektif dengan (jarak foukus lensaobjektif lebih panujang daripada lensa okuler nya). 8. Setelah diketahui kemudian menentukan panjang teropong yaitu jarak antara lensa objektif dengan okuler nya dengan rumus D = Fob + Fok

9 9. Ambil wadah shuttle cock 10. Potong wadah shuttle cock menjadi dua bagian 11. Potong satu buah peralon yang ukurannya hampir sama dengan wadah shutte cock.

10 12. Sesuaikan ukuran peralon dengan shutle cock. 13. Kemudian masukkan peralon kedalam wadah shuttle cock, hal ini agar kita dapat menarik ulur teropong. 14. Ambil gabus dan bentuk menjadi lingkaran dengan diamter yang sama dengan diameter wadah shuttle cock untuk merekatkan lensa yang akan dipasang pada teropong. 15. Pasang gabus pada wadah shutte cock.kemudian letakkan lensa dan rekatkan agar lensa tidak jatuh. Beri isolasi agar lensa dapat terpasang dengan baik.

11 16.Ambil peralon yang akan diberi lensa. Kemudian ukur apakah lensa dengan peralon ukurannya sama, apabila ukuran tidak sama maka ambil gabus dan dibentuk lingkaran. 17. Rekatkan gabus tersebut pada peralon dan letakkan lensa pada peralon yang telah diberi gabus, gunakan solasi agar lensa dapat menempel dengan baik. 18. Ambil kertas asturo berwarna kemudian digunting dan direkatkan pada sisi luar teropong untuk memberi warna pada teropong bintang.

12 SEKIAN DAN TERIMAKASIH


Download ppt "PROPOSAL PEMBUATAN TEROPONG BINTANG PPATRIA ARDI PRAYITNA PPRATIWI DEVI NURISTA PPUTRI YULI ASTUTI RRESTU ANDROMEDA ZATIRA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google