Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROYEKSI DAN SISTEM KOORDINAT PETA. PETA Peta adalah representasi dua dimensi dari permukaan b umi Telah diketahui bahwa bentuk bumi merupakan ruang 3D.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROYEKSI DAN SISTEM KOORDINAT PETA. PETA Peta adalah representasi dua dimensi dari permukaan b umi Telah diketahui bahwa bentuk bumi merupakan ruang 3D."— Transcript presentasi:

1 PROYEKSI DAN SISTEM KOORDINAT PETA

2 PETA Peta adalah representasi dua dimensi dari permukaan b umi Telah diketahui bahwa bentuk bumi merupakan ruang 3D sementara peta merupakan bidang 2D. Untuk merepresentasikan bumi sebagai peta perlu dilakukan transformasi yaitu dengan metode proyeksi peta. Memproyeksikan: menggambar secara sistematis garis-garis lintang dan bujur pada bidang datar.

3 PROYEKSI PETA Dengan kata lain, proyeksi peta berarti mengkonversikan lokasi pada permukaan bumi ke dalam peta Berarti mengubah sistem koordinat ruang menjadi sistem koordinat datar. Contoh: bujur/lintang menjadi sumbu x / sumbu y Pengkonversian ini pasti diikuti dengan adany a distorsi (ketidakcocokan dengan bentuk asli)

4 Contoh Bentuk Distorsi

5

6 Macam-macam Proyeksi Peta Berdasarkan bentuk permukaannya, proyeksi peta dibedakan menjadi 3. 1.Proyeksi silinder 2.Proyeksi kerucut 3.Proyeksi planar

7 Proyeksi Silinder Baik digunakan untuk mengamati daerah utara atau selatan dan daerah ekuator Dilakukan seakan-akan dengan cara bola bumi di masukkan ke dalam silinder dan didalam bola bu mi diberi sumber cahaya, sehingga tampak garis- garis bujur/lintang pada dinding silinder sebagai proyeksinya. Selanjutnya silinder dipotong dan didatarkan. Distorsi semakin besar jika makin menjauhi eku ator

8 Ilustrasi Proyeksi Silinder

9

10 Hasil Proyeksi Silinder

11 Proyeksi Kerucut Baik untuk mengamati area timur-barat Pengkonversia dilakukan sama seperti pada sili nder hanya saja dikerjakan dengan kerucut. Kutub digambarkan sebagai lengkung dan titi k Semakin jauh dari kutub yang digambarkan de ngan titik, distorsi semakin besar. Digunakan untuk memetakan area yang luas.

12 Ilustrasi Proyeksi Kerucut

13

14 Proyeksi Planar Baik untuk pengamatan secara global Dilakukan dengan memproyeksikan permukaan b umi pada suatu bidang datar Biasanya bidang datar disinggungkan pada sua tu titik (bisa kutub atau juga ekuator)

15 Ilustrasi Proyeksi Planar

16

17

18 Sistem Koordinat Peta Digunakan untuk menunjukkan lokasi pada bumi se cara akurat. Dibagi menjadi 2 yaitu sistem koordinat dua dim ensi dan sistem koordinat 3 dimensi

19 Sistem Koordinat 2D Berupa bidang datar Salah satu contohnya adalah sistem ko ordinat kartesian dan sistem koordinat pola r

20 Sistem Koordinat Kartesian

21 Sistem Koordinat Polar

22 Sistem Koordinat 3D Berupa bangun ruang Salah satu contohnya adalah sistem ko ordinat kartesian 3D (x,y,z) dan sistem koor dinat polar 3D (2 sudut 1 tinggi)

23 Sistem Koordinat Kartesian 3D

24 Sistem Koordinat Polar 3D

25 Sistem Koordinat 3D pada Bumi

26 Sistem Koordinat Pada Bumi

27 Garis Lintang dan Bujur Digunakan untuk memudahkan membagi wilayah p ada bumi dan juga sebagai penerapan sistem koor dinat pada bumi. Garis lintang membagi bumi menjadi utara dan sel atan Garis bujur membagi bumi menjadi barat dan tim ur

28 Garis Lintang (Latitude) Membagi menjadi utara dan selatan Garis lintang yang melalui tepat tengah permukaan bumi dsebut eku ator Garis lintang di atas ekuator disebut lintang utara dan dibawah eku ator disebut lintang selatan Satuan dalam Km 1 derajat latitude = 111 km 1 menit latitude = 1.85 km

29 Garis Bujur (Longitude) Membagi menjadi barat dan timur Garis bujur yang melalui tepat tengah bumi dise but prime meredian. Disebelah kiri prime mere dian disebut daerah bujur timur dan di sebelah kanannya disebut bujur barat.

30 Koordinat di Muka Bumi Titik pertemuan antara garis lintang dan garis bu jur disebut koordinat. Untuk mengetahui letak suatu lokasi di atas per mukaan bumi sangat mudah dilakukan jika diket ahui koordinat lintang dan bujurnya Contoh: Surabaya terletak pada S07,23726°, E1 12,73898° berarti Surabaya terletak pada perp otongan garis lintang selatan yang berjarak 07,2 3726° dari ekuator dengan garis bujur timur yan g berjarak 112,73898° dari prime meredian.


Download ppt "PROYEKSI DAN SISTEM KOORDINAT PETA. PETA Peta adalah representasi dua dimensi dari permukaan b umi Telah diketahui bahwa bentuk bumi merupakan ruang 3D."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google