Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR MANAJEMEN MIYV FAYZHALL, S.E., M.M. UNIVERSITAS BOROBUDUR

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR MANAJEMEN MIYV FAYZHALL, S.E., M.M. UNIVERSITAS BOROBUDUR"— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR MANAJEMEN MIYV FAYZHALL, S.E., M.M. UNIVERSITAS BOROBUDUR

2 TATA TERTIB KELAS  Handphone di getarkan, apabila menerima telepon harus keluar ruangan.  Mahasiswa tidak boleh tidur dalam kelas  Mahasiswa yang bisa mengikuti ujian adalah mahasiswa yang aktif mengikuti kuliah minimal 70% dari jumlah pertemuan yang ada.  Penilaian: Kehadiran (10%), Tugas (20%), Mid test (30%), dan UAS (40%).

3 MATERI AJAR Minggu 1: Organisasi dan Manajemen Minggu 1: Organisasi dan Manajemen Minggu 2: Manajemen dan Manajer Minggu 2: Manajemen dan Manajer Minggu 3: Perkembangan Teori Manajemen Minggu 3: Perkembangan Teori Manajemen Minggu 4: Manajer dan Lingkungan Eksternal Organisasi Minggu 4: Manajer dan Lingkungan Eksternal Organisasi Minggu 5: Proses Perencanaan Minggu 5: Proses Perencanaan Minggu 6: Penetapan Tujuan Organisasi Minggu 6: Penetapan Tujuan Organisasi Minggu 7: Pengambilan Keputusan Minggu 7: Pengambilan Keputusan Minggu 8: Pengorganisasian dan Struktur Organisasi Minggu 8: Pengorganisasian dan Struktur Organisasi Minggu 9: Koordinasi dan Rentang Manajemen Minggu 9: Koordinasi dan Rentang Manajemen Minggu 10: Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi Minggu 10: Wewenang, Delegasi dan Desentralisasi Minggu 11: Penyusunan Personalia Minggu 11: Penyusunan Personalia Minggu 12: Motivasi Minggu 12: Motivasi Minggu 13: Komunikasi dalam Organisasi Minggu 13: Komunikasi dalam Organisasi Minggu 14: Kepemimpinan Minggu 14: Kepemimpinan Minggu 15: Proses Pengawasan Minggu 15: Proses Pengawasan ( Batas Materi UTS)

4 REFERENSI T. Hani Handoko, Manajemen, Edisi 2 James A.F. Stoner. Manajemen, Harold Koontz; Cyril O Donnel, Hain Weihrich, Manajemen, edisi 8

5 BAB - I MANAJEMEN DAN ORGANISASI 1.1. Definisi Organisa 1.1. Definisi Organisasi (Griffin, 2002) Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu (Griffin, 2002) (Ernie, 2008) Organisasi sebagai sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama (Ernie, 2008) Karakteristik Organisasi : adanya tujuan, sekumpulan orang, terstruktur, memiliki sistim dan prosedur..

6 1.2. Definisi Manajemen efisienefekti Manajemen merupakan proses pengkoordinasian kegiatan- kegiatan pekerjaan sehingga pekerjaan tersebut dapat selesai secara efisien dan efektif dengan dan melalui orang lain. Efisiens Peter F. Drucker “melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right)” Efisiens mengacu pada memperoleh output terbesar dengan input yang terkecil, digambarkan oleh Peter F. Drucker adalah “melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right)” Efektivitas “mengerjakan pekerjaan yang benar (doing the right things)”. Efektivitas mengacu pada menyelesaikan kegiatan-kegiatan sehingga sasaran organisasi dapat tercapai, digambarkan sebagai “mengerjakan pekerjaan yang benar (doing the right things)”.

7 (Luther Gulick) Manajemen adalah suatu bidang pengetahuan yang secara sistematik berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerjasama (Luther Gulick) seni (Marry Parker Follet) Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain (Marry Parker Follet) prosesperencanaan, pengorganisasianpengarahan dan pengawasan (Stoner) Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yg telah ditetapkan (Stoner) Lanjutan.....

8 perencanaan, pengorganisasian, pengarahan pengawasan Dari definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya (1) melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. seniproses Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa Manajemen pada dasarnya merupakan seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (1) terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya modal, sumber daya informasi dan lain-lain sumber daya.

9 Faktor-Faktor dalam Pencapaian Tujuan (Griffin,2002) Adanya penggunaan sumber daya organisasi baik sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, sumber daya informasi maupun faktor-faktor produksi (2) (Griffin,2002) Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan. Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan. 2) (Griffin R : 2006) ( 2) (Griffin R : 2006) Faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa (tenaga kerja / labor, modal / capital, sumber daya fisik / physical resources, kewirausahaan / interpreneurship, dan sumber daya informasi / information resources)

10 MANAJEMENMANAJEMEN ILMU SENI PROFESI

11 Manajemen sebagai ilmu Manajemen sebagai ilmu yaitu upaya pencapaian tujuan dengan pendekatan menjelaskan fenomena-fenomena dan gejala-gejala manajemen serta mentransformasikan dan mengidentifikasikan proses manajemen berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Ciri-ciri manajemen sebagai ilmu : a.Prinsip dan konsep manajemen dapat dipelajari b.Pengambilan keputusan dapat didekati dengan kaidah- kaidah ilmiah c.Dalam penerapannya manajemen memerlukan pendekatan dari bidang ilmu lain : ekonomi, statistik, akuntansi, dsb.

12 Manajemen sebagai seni Manajemen sebagai seni yaitu diartikan sebagai pendekatan pencapaian tujuan yang lebih banyak dipengaruhi oleh kekuatan pribadi, bakat dan karakter manajer/pimpinan. Unsur seni dalam manajemen adalah pemakaian pengetahuan pada situasi tertentu yang dilakukan secara kreatif ditambah dengan skill tertentu. Ciri-ciri manajemen sebagai seni : a.Kesuksesan dalam mencapai tujuan sangat dipengaruhi dan didukung oleh sifat-sifat dan bakat para manajer b.Dalam proses pencapaian tujuan seringkali melibatkan unsur naluri, perasaan dan intelektual c.Dalam pelaksanaan kegiatan, faktor yang cukup menentukan keberhasilannya adalah kekuatan pribadi yang kreatif.

13 Manajemen sebagai profesi Manajemen sebagai profesi yaitu penekanan utama adalah pada kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang / manajer dengan keahlian tertentu.

14 FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN Perencanaan (Planning) Perencanaan (Planning) Pengorganisasian (Organizing) Pengorganisasian (Organizing) Pengarahan dan pengimplementasian (Directing/Leading) Pengarahan dan pengimplementasian (Directing/Leading) Pengawasan dan Pengendalian (Controlling) Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)

15 Perencanaan (Planning) Perencanaan (Planning) yaitu proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Kegiatan dalam Fungsi Perencanaan : Menetapkan tujuan dan target bisnis. Merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut. Menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan. Menetapkan standar/indikator keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis.

16 Pengorganisasian (Organizing) Pengorganisasian (Organizing) yaitu proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi Kegiatan dalam Fungsi Pengorganisasian Mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur yang diperlukan Menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggungjawab Kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia / tenaga kerja Kegiatan penempatan sumber daya manusia pada posisi yang paling tepat

17 Pengarahan dan Pengimplementasian (Directing/Leading ) (Directing/Leading ) yaitu proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi. Kegiatan dalam Fungsi Pengarahan dan Implementasi Mengimplementasikan proses kepemimpinan, pembimbingan, dan pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan Memberikan tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerjaan Menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

18 Pengawasan dan Pengendalian (Controlling) Pengawasan dan Pengendalian (Controlling) yaitu proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi. Kegiatan dalam Fungsi Pengawasan dan Pengendalian Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis

19 SUMBER DAYA ORGANISASI, TUJUAN, DAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN Planning & decision making Sumber Daya Organisasi  Sumber Daya Fisik/Alam  Informasi  Sumber Daya Manusia  Modal Controlling Leading Organizing Fungsi-fungsi Manajemen Tujuan Organisasi Efektif dan Efisien

20 Kegiatan dalam Fungsi-fungsi Manajemen Planning Penentuan Tujuan dan Bagaimana Cara Pencapaian yang terbaik Organizing Penentuan Bagaimana Penyusunan Organisasi dan Aktifitas dapat dilakukan Controlling Monitoring dan Perbaikan Aktifitas yang sedang berjalan agar Tujuan dapat tercapai Leading Proses Memotivasi Anggota Organisasi agar Planning dapat dijalankan Me nunjukkan Arah Tahapan dari setiap fungsi manajemen Menunjukkan keterkaitan timbal balik antar fungsi manajemen Keterangan:

21 FUNGSI OPERASIONAL DALAM MANAJEMEN Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi / Produksi Manajemen Operasi / Produksi Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan Manajemen Informasi Manajemen Informasi

22 Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah. Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.

23 Manajemen Produksi Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi. Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.

24 Manajemen Informasi Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.


Download ppt "PENGANTAR MANAJEMEN MIYV FAYZHALL, S.E., M.M. UNIVERSITAS BOROBUDUR"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google