Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penerapan strategi kreatif iklan Pertemuan 09 Matakuliah: Periklanan Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penerapan strategi kreatif iklan Pertemuan 09 Matakuliah: Periklanan Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Penerapan strategi kreatif iklan Pertemuan 09 Matakuliah: Periklanan Tahun: 2009

3 Bina Nusantara University 3 Pengertian Strategi Kreatif Iklan Strategi kreatif merupakan isi pesan iklan yang akan disampaikan, sedangkan taktif kreatif merupakan cara kreatif untuk mengemas suatu iklan. Iklan kreatif merupakan kemampuan untuk mengolah ide awal yang unik dan pantas untuk memberikan solusi akan masalah komunikasi yang harus disesuikan dengan target pasar yang di tuju.

4 Bina Nusantara University 4 Fungsi Strategi Kreatif Strategi kreatif iklan sangat menentukan dalam kesuksesan suatu iklan dikarenakan tantangan yang dihadapi untuk merebut perhatian pasar semaksimal mungkin diantara jutaan iklan yang diterima oleh masyarakat setiap harinya. Namun tidak semua iklan kreatif menghasilkan peningkatan penjualan. Untuk itu, perlu adanya kerja sama yang berdampingan antara client dan agen periklanan untuk menghasilkan suatu iklan kreatif yang menjual dan menarik bagi target pasar yang di tuju.

5 Bina Nusantara University 5 Elemen penting penerapan strategi kreatif iklan Identifikasi target pasar yang di tuju Permasalahan mendasar, isu atau peluang iklan yang harus dipertimbangkan Ide yang paling menjual atau keuntungan khusus yang ingin ditonjolkan Informasi lain yang harus dipertimbangkan dalam penerapan strategi tersebut.

6 Bina Nusantara University 6 Kampanye iklan Merupakan rangkaian aktivitas marketing communication yang dilakukan berdasarkan 1 tema yang dimiliki yang akan muncul di berbagai media komunikasi yang telah ditentukan dalam kurun waktu tertentu.

7 Bina Nusantara University 7 Basis kreatif untuk pembuatan kampanye iklan Unique selling proposition (USP) - dikembangkan oleh Rosser Reever (sebelumnya chairman dari agensi Ted Bates), yang mengatakan 3 karakteristik yang menonjol yaitu: “Beli produk/jasa ini dan Anda akan mendapatkan keuntungan ini”; unik, yang membuat produk/jasa ini berbeda dengan yang lain; harus mempunyai kekuatan untuk menarik target pasar sebanyak-banyaknya. Menciptakan image produk/jasa yang mudah diingat dan kuat, setidaknya oleh pemakai produk/jasa tersebut. Konsep ini kemudian dipopulerkan oleh David Ogilvy yang menyatakan bahwa image atau kepribadian dari brand itu sendiri sangatlah penting terutama apabila terjadi persamaan di pasar.

8 Bina Nusantara University 8 Basis kreatif untuk pembuatan kampanye iklan Mencari drama yang berhubungan yang dapat dikaitkan dengan produk/jasa. Dikembangkan dari filosofi Leo Burnett (penemu Leo Burnett agency di Chicago) yang percaya bahwa iklan harus diciptakan berdasarkan kebutuhan konsumen dan keuntungan yang akan diperoleh ditambah dengan elemen drama yang mendukung keuntungan dari pemakaian produk/jasa tersebut. Positioning - merupakan posisi yang ingin dicapai dalam pikiran konsumen. Konsep ini diperkenalkan oleh Jack Trout dan Al Ries pada tahun 1970.

9 Bina Nusantara University 9 Tugas Jelaskan peranan penting Kretifitas dalam periklanan. Siapa yang bertanggung jawab atas kreatifitas tersebut? Pilih 1 iklan yang menurut Anda kreatif dan unik. Jelaskan basis kreatif yang digunakan dalam iklan tersebut. Pilih 1 iklan yang menurut Anda sangat tidak kreatif dan membosankan. Menurut Anda apa yang membuat iklan tersebut tidak menarik?


Download ppt "Penerapan strategi kreatif iklan Pertemuan 09 Matakuliah: Periklanan Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google