Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Creative Advertising & Advertising Approach Pertemuan 4 Matakuliah: U0133 / Pengantar Periklanan Tahun: 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Creative Advertising & Advertising Approach Pertemuan 4 Matakuliah: U0133 / Pengantar Periklanan Tahun: 2007."— Transcript presentasi:

1 1 Creative Advertising & Advertising Approach Pertemuan 4 Matakuliah: U0133 / Pengantar Periklanan Tahun: 2007

2 2 creative adv & adv approach creative strategy | suatu plot atau rancangan kerja untuk memudahkan pengembangan ide-ide kreatif ketika kita menemukan banyak sekali hal, strategi kreatif akan membantu kita membuat penajaman-penajaman dan fokus pada masalah tertentu. sebagai sebuah plot atau rancangan kerja, strategi kreatif harus menyiratkan masalah apa yang dihadapi, data-data yang mendukung, apa tujuan komunikasinya, bagaimana tone & manner dari kreatif yang akan dibuat, dsb. yang lebih penting, dengan strategi kreatif pekerjaan kreatif seharusnya menjadi lebih mudah, bukan sebaliknya.

3 3 creative adv & adv approach rumusan strategi kreatif. • brand image david ogilvy (ogilvy & mather) konsumen membeli merk, bukan produk. iklan adalah investasi jangka panjang dalam rangka pengembangan dan menjaga eksistensi sebuah merk • inherent drama leo burnett (leo burnett worldwide) mendramatisir keberadaan sebuah produk. misalnya apa alasan seseorang membeli sebuah produk, setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda terhadap produk • usp/unique selling proposition rosser reeves (ted bates agency) setiap (hal) produk harus memiliki satu keunikan yang membedakannya dengan produk lain. • esp/emotional selling proposition john hegarty (bartle bogle hegarty’s) esp adalah pengembangan dari usp. dalam hal ini, merk dibuat berbeda secara emosional melalui style, attitude dan cara-cara tertentu. kalau usp unsur dasarnya rational benefit, maka esp dikembangkan atas pertimbangan emotional benefit

4 4 creative adv & adv approach beberapa pendekatan kreatif. (creative approach) berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk dapat membuat ide-ide visual, namun sangat terbuka bagi kita untuk dapat mengembangkan pendekatan-pendekatan yang lain. • spokesperson (talking head) seseorang akan tampil untuk menyampaikan pesan sebagai ‘presenter’. dalam pemilihan presenter ini haruslah seseorang yang mempunyai kepribadian yang dapat disukai atau dapat dipercaya oleh target audience. misalnya iklan oli Top One. • testimonial biasanya cara pemakaian testimonial ini dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kaitan langsung dengan brand yang kita iklankan (pemakai produk). sebaiknya orang yang dipakai juga dapat mempengaruhi pembaca/pemirsa, mereka bisa orang terkenal atau orang biasa, yang penting target audience bisa menerima dan percaya si ‘endoser’. • demonstration televisi merupakan media yang tepat untuk mempergunakan teknik ‘demonstration’. misalnya bagaimana cara kerja sebuah produk sabun baru, dsb.

5 5 creative adv & adv approach • close up teknik ini banyak dipakai untuk menjual produk-produk yang berkaitan dengan rasa atau produk yang mementingkan detil, misalnya mie goreng, ice cream, emas, dsb • slice of life cara ini banyak dipakai berdasarkan dramatisasi dari problem-solution dengan memakai hal-hal biasa yang terjadi dalam keseharian kita. misalnya si A mempunyai masalah, tetangganya si B memberikan solusi, kemudian si A menjadi senang. misal produk Aqua Proof ‘genteng bocor’ • story telling cara ini sama dengan sebuah miniatur, jadi penyampaian pesan dari produser ini disampaikan dengan satu cerita. kebanyakan teknik ini dipergunakan untuk iklan televisi. pendekatannya bisa dengan dramatisasi atau slice of life. misalnya iklan Surf ‘ibu bijak’ • metaphor & analogy biasanya ini dilakukan apabila kita harus menyampaikan satu performa yang sulit untuk diperlihatkan secara langsung. misalnya mobil yang cepat dianalogikan dengan kuda, iklan rokok, iklan obat kuat lelaki, dsb

6 6 creative adv & adv approach • problem >< solution teknik yang paling sering dipakai, dalam hal ini kita menghadirkan masalah dan produk kita yang memberikan solusinya • comparison membandingkan produk yang kita jual dengan produk lainnya. market leader biasanya tidak menggunakan cara ini. misalnya iklan minyak goreng, dsb • humor cara ini sangat efektif untuk menarik perhatian, namun tantangannya adalah bagaimana membuat naskah humor yang relevan dengan produknya, dan yang lebih penting adalah pemirsa mengingat produknya ketimbang humor itu sendiri • customer interview cara ini sangat efektif untuk memperkuat persepsi audien tentang ‘kehebatan’ sebuah produk di tengah masyarakat/konsumennya. namun tidak semua iklan dengan pendekatan ini dibuat sesuai dengan keadaan sebenarnya/rekayasa. contoh: The Botol Sosro, Rinso, dll

7 7 creative adv & adv approach • animation pada umumnya iklan dengan pendekatan ini sangat disukai anak-anak, namun beberapa produk yang ditujukan untuk orang dewasa juga menggunakan pendekatan yang sama. misalnya: iklan Visa versi Tomb Rider, iklan minuman Ribena, dll • stop motion cara ini cukup efektif untuk menarik perhatian, karena biasanya iklan ini pandai menyiasati karakter media televisi yang sifatnya ‘motion’. iklan Sari Puspa versi hasil riset IPB • vignette/slice of film film merupakan media yang banyak di’pinjam’ untuk memperkuat image sebuah produk. biasanya kepopuleran sebuah film menjadi jamu mujarab untuk dipakai membantu mengkomunikasikan produk. contohnya: TV Panasonic ‘Saving Private Ryan’, iklan Visa ‘James Bond’, Visa ‘Crouching Tiger Hidden Dragon’ • music apabila kita tidak mempunyai sesuatu yang bisa disampaikan mengenai suatu produk, maka musik adalah cara yang sangat tepat, karena musik bersifat universal. kekuatan sebuah komersial yang memakai ide musik dalam menyampaikan pesan bisa menyamai kekuatan naskah ataupun visual

8 8 creative adv & adv approach public service ad. tentu anda pernah mencermati iklan yang isinya mengajak pemirsa untuk peduli dengan masalah-masalah sosial, iklan layanan masyarakat (public service ad) iklan layanan masyarakat merupakan satu bentuk tanggung jawab moral dari biro iklan dan media kepada masyarakat. dengan demikian proyek tersebut tanpa memerlukan biaya penayangan. masalah yang diangkat biasanya yang sedang hangat dan menjadi isu nasional, misalnya: korban bencana, aids, narkoba, pemilu damai

9 9 creative adv & adv approach berikut adalah beberapa tujuan iklan layanan masyarakat: • to inform menginformasikan popularisasi persoalan sosial • to influence mempengaruhi masyarakat untuk mengubah kebiasan buruk • to invest menanamkan sikap/nilai pada masyarakat • to introduce mengenalkan tata cara baru • to remind mengingatkan khalayak untuk membantu dan peduli • to build awareness membangun kesadaran masyarakat terhadap suatu masalah public service ad.

10 10 creative adv & adv approach contoh public service ad.

11 11 creative adv & adv approach contoh pendekatan iklan / advertising approach

12 12 creative adv & adv approach iklan cetak sebagai himbauan untuk mencegah AIDS, menggunakan analogi ban pelampung penyelamat mewakili image kondom contoh analogy & metaphor adv approach.

13 13 creative adv & adv approach iklan cetak produk pemotong rumput Honda, menunjukkan ketajaman dan cara kerja produk, hingga tikus tanah ikut tercukur dan menjadi botak, bersifat menghibur contoh humor adv approach.

14 14 creative adv & adv approach iklan cetak yang menjadikan karung tinju sebagai analogi dari wanita (kekerasan pada wanita) iklan layanan masyarakat contoh analogy & metaphor adv approach. contoh public service ad.

15 15 creative adv & adv approach iklan cetak produk enervit, menggunakan pendekatan humor, menghibur contoh humor adv approach.

16 16 creative adv & adv approach fin. source | ‘Clueless in Advertising’ by Jim Aitchison & May Lwin ‘Clueless in Marketing Communication’ by Jim Aitchison & May Lwin ‘Archive Magazine Vol ’


Download ppt "1 Creative Advertising & Advertising Approach Pertemuan 4 Matakuliah: U0133 / Pengantar Periklanan Tahun: 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google