Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energi. Kalori yang anda lihat di kemasan makanan sebenarnya adalah kilokalori, atau 1.000 kalori.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energi. Kalori yang anda lihat di kemasan makanan sebenarnya adalah kilokalori, atau 1.000 kalori."— Transcript presentasi:

1

2  Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energi. Kalori yang anda lihat di kemasan makanan sebenarnya adalah kilokalori, atau kalori.  Sebuah Kalori (kkal) adalah jumlah energi yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 derajat selcius dari 1 kilogram air

3  Pelabelan Nutrisi dan Undang-undang Pendidikan 1990 (NLEA / The Nutrition Labeling and Education Act of 1990) sedang menentukan informasi apa yang disajikan pada label makanan. NLEA mensyaratkan bahwa tingkat Kalori dimuat pada kemasan makanan yang dihitung dari komponen makanan. Menurut National Data Lab (NDL), sebagian besar nilai-nilai kalori di USDA dan tabel-tabel industri makanan didasarkan pada estimasi kalori yang tidak langsung dibuat dengan menggunakan system yang kita kenal sebagai system Atwater. Dalam sistem ini, kalori tidak dideterminasi secara langsung dengan membakar makanan. Sebaliknya, total nilai kalori dihitung dengan menambahkan kalori yang disediakan oleh energi yang mengandung zat gizi: protein, karbohidrat, lemak dan alkohol.. Karena karbohidrat mengandung beberapa serat yang tidak dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh, komponen serat biasanya dikurangi dari total karbohidrat sebelum menghitung kalori.

4  Jika makanan masuk membawa kalori, maka kalori tersebut akan digunakan untuk 3 hal, 1. memenuhi kebutuhan energi saat proses makanan, 2. memenuhi kebutuhan energi harian (secara umum berbagai produk menggunakan patokan 2000 kalori sehari) 3. disimpan sebagai cadangan. Pengertian kalori negatif sebenarnya bukan berarti bahwa kalori yang dibawa makanan tersebut benar-benar negatif. Tetapi lebih kepada jumlah kalori yang dibawa sangat sedikit sehingga untuk memenuhi energi saat proses makanan tersebut saja tidak cukup. Sebagai contoh: Jika sepiring makanan menyediakan 300 kalori dan 100 kalori digunakan untuk memproses makanan tersebut, maka 200 kalori sisanya akan digunakan untuk tujuan kedua, yaitu memenuhi kebutuhan harian. Sedangkan makanan seperti kol, menyediakan 50 kalori dan proses makanan membutuhkan energi 75 kalori sehingga 25 kalorinya akan membakar lemak tubuh sebagai energi tambahan.

5  Metode asli yang digunakan untuk menentukan jumlah kalori dalam makanan yang diberikan secara langsung untuk mengukur energi makanan yang terbentuk. Makanan ditempatkan dalam sebuah wadah tertutup dikelilingi oleh air – sebuah alat yang dikenal sebagai bom kalorimeter. Makanan benar-benar dibakar dan mengakibatkan kenaikan pada suhu air yang akan diukur.

6  Saat kita makan terdapat proses untuk penguraian makanan dan proses lainnya yang membutuhkan energi. Jika kita pernah mendengar bahwa 1 gram lemak menghasilkan 9 kalori, 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori dan 1 gram protein juga 4 kalori. Maka dengan mudah kita membuat kesimpulan bahwa pengurangan asupan lemak akan berguna bagi diet kita. Tetapi satu hal lagi yang perlu kita ketahui, ternyata protein dapat meningkatkan BMR (Basal Metabolic Rate/laju metabolis) yang berarti meningkatkan laju penggunaan energi makanan dan menciptakan panas serta membakar lebih banyak kalori.

7 Cara menghitung kalori yang di butuhkan tubuh: kalikan berat Anda dengan 11. Hasilnya disebut basal metabolic rate, yakni jumlah kalori minimum yang diperlukan untuk membuat sistem Anda tetap berjalan.  SAAT SEDANG MALAS-MALASAN A. Berat badan anda, dalam hitungan pon : B. A x 15 = C. B – 500 =  SAAT ANDA SIBUK A. Berat badan anda, dalam hitungan pon: B. A x 18 = C. B – 500 =

8  Pentingnya mengetahui makanan yang dikonsumsi beserta kandungan gizi yang terdapat pada masing-masing makanan membantu orang tersebut untuk mengontrol kebutuhan kalori yang sesuai. Agar proses penentuan kebutuhan makanan lebih efisien dan mudah, istem informasi ini bertujuan memecahkan masalah dalam menentukan kebutuhan makanan berdasarkan jumlah kalori. Untuk memenuhi kebutuhan makanan didapatkan dari pemilihan makanan dan dengan menentukan berat takaran makanan hingga kebutuhan kalori terpenuhi.

9  tertawa adalah obat yang paling baik, salah satunya adalah untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian tertawa bisa membakar kalori dan juga memberikan manfaat kesehatan lainnya bagi orang yang melakukan.  tertawa bisa meningkatkan detak jantung sebesar persen. Saat detak jantung meningkat akan membuat metabolisme menjadi lebih cepat yang membuat kalori di dalam tubuh ikut terbakar setelah seseorang berhenti tertawa.

10  Jika seseorang tertawa selama menit, maka ia akan membakar kalori sebanyak kalori. Hal ini tergantung dari berat badan yang dimiliki dan juga tingkat aktivitasnya. Dalam setahun seseorang bisa turun 4 kilogram dengan cara cukup menikmati diri sendiri dan tertawa. Selain membakar kalori tertawa dapat meningkatkan kadar immunoglobulin sebesar 14 persen yang berguna untuk memerangi penyakit serta melihat orang tertawa dapat meningkatkan kapasitas otak.

11  Berikut ini 5 manfaat telur: 1. Menjaga perut tidak cepat lapar Bagi yang ingin menurunkan berat badan, telur bisa menjaga perut terasa penuh lebih lama sehingga tidak cepat merasa lapar. Penelitian di Rochester Centre of Obesity di Amerika mengungkap 2 butir telur rebus dalam menu sarapan bisa memangkas kebutuhan sekitar 400 kalori sepanjang hari. 2. Meningkatkan kekuatan otak Sebutir telur berukuran sedang mengandung sekitar 250 mg choline, senyawa penting yang dibutuhkan dalam perkembangan otak janin dalam kandungan. Ibu hamil yang mengonsumsi 550 mg choline setiap hari akan melahirkan bayi dengan daya ingat lebih kuat.

12 3. Mencegah kebutaan pada lansia Bagian yang disebut-sebut mengandung banyak kolesterol yakni kuning telur punya kandungan lain yang sangat penting yakni senyawa lutein. Jika dikonsumsi secara rutin, lutein bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis kebutaan yang dipicu oleh proses penuaan. 4. Menjaga kesehatan jantung Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, kandungan kolesterol dalam kuning telur tidak akan membahayakan jantung dan pembuluh darah. Sebaliknya, kandungan lemak baik yakni omega 3 yang tinggi dalam telur justru bisa memperbaiki sirkulasi darah serta meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan. 5. Memberikan nutrisi untuk awet muda Agar kulit tidak cepat keriput, wanita membutuhkan asupan protein 45 g/hari sementara pria butuh 55 g/hari. Karena telur ayam berukuran sedang mengandung sekitar 8 g protein, maka 2 butir telur sudah memenuhi lebih dari sepertiga dari kebutuhan protein pada wanita atau hampir sepertiga kebutuhan protein pada pria

13  Umumnya orang yang paling banyak pengaplikasian menghitung kalori pada makanan adalah orang-orang yang diet, namun kita juga penting menentukan kalori yang di butuhkan tubuh agar tubuh menjadi sehat.

14 Sate : 35 KalKue lapis : 130 kal Pizza Keju : 240 kalBubur kacang ijo : 100 kal Burger : 425 kalTelur goreng : 110 kal Nugget ayam : 60 kalPisang goreng : 180 kal Paha ayam : 130 kalAyam kari : 250 kal Nasi putih : 260 kalEs krim : 390 kal Nasi goreng+telur : 635 kalSKM : 71 kal Roti : 156 kalMinuman Kotak : 150 kal Emping jagung : 160 kalMin Berkarbonasi : 120 kal Mie goreng : 660 kalPisang : 76 kal

15


Download ppt " Kalori adalah satuan yang digunakan untuk mengukur energi. Kalori yang anda lihat di kemasan makanan sebenarnya adalah kilokalori, atau 1.000 kalori."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google