Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah Kristus mulia yang pernah datang di tengah-tengah kita sebagai manusia, satu diantara kita, yaitu Yesus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah Kristus mulia yang pernah datang di tengah-tengah kita sebagai manusia, satu diantara kita, yaitu Yesus."— Transcript presentasi:

1 IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah Kristus mulia yang pernah datang di tengah-tengah kita sebagai manusia, satu diantara kita, yaitu Yesus dengan kabar gembira penyelamatan-Nya: Kerajaan Allah. Jadi, bukan Kristus mulia yang lepas dari dunia, yang lepas dari keprihatinan Kerajaan Allah yang dimaklumkan-Nya.

2 GEREJA Paguyuban orang-orang yang mengimani Yesus Kristus, Persaudaraan yang dibangun berdasarkan Injil Yesus Kristus dan hidup mengikuti Yesus Kristus

3 KERAJAAN ALLAH 1.KERAJAAN ALLAH : SIMBOL RELASIONAL 2.ASPEK-ASPEK PENGARTIAN KERAJAAN ALLAH 3.PERISTIWA KERAJAAN ALLAH DALAM FUNGSI-FUNGSI HIDUP GEREJA : PERSAUDARAAN INJILI (KOINONIA), PEWARTAAN (KERYGMA), PERAYAAN IMAN (LEITOURGIA), PELAYANAN (DIAKONIA), DAN PENGORBANAN SUCI (MARTYRIA).

4 KERAJAAN ALLAH : SIMBOL RELASIONAL 1.Simbol Relasional : realsi atau hubungan antara Allah dengan manusia. 2.Dari pihak Allah : Kerajaan Allah adalah Allah sendiri yang mewahyukan dan memberikan Diri kepada manusia. Kerajaan Allah adalah Allah sendiri yang meraja, kuasa dan belas kasih Allah yang menyelamatkan manusia. 3.Dari pihak manusia : Kerajaan Allah adalah peristiwa, iklim atau suasana, dimana manusia menerima Allah sebagai yang menentukan dalam mengatur hidupnya baik secara perorangan maupun secara sosial.

5 4 ASPEK PENGARTIAN KERAJAAN ALLAH 1.Soteriologis :  Allah meraja demi keselamatan manusia 2.Kristologis :  Kerajaan Allah berhubungan erat dengan pribadi Yesus Kristus 3.Teologis :  Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus itu mewahyukan gambaran baru mengenai Allah 4.Eskatologis :  Kerajaan Allah itu sudah dan sedang terwujud dalam perjalanan jaman menuju kepenuhannya pada akhir jaman

6 ASPEK SOTERIOLOGIS KERAJAAN ALLAH 1.Pemenuhan manusiawi : rohani-jasmani, pribadi-sosial 2.Mengutamakan mereka yang menderita Luk 7,22 Luk 4, Gerakan aktual sebagai hari dan peristiwa penyelamatan Luk 4,21

7 ASPEK KRISTOLIGIS KA 1.Keselamatan sudah hadir dan meraja dalam peristiwa Yesus Kristus. Hidup, pewartaan, dan tindakan Yesus mewujudkan Kerajaan Allah –Luk 11,20 2.Wujud dan arti baru dalam Yesus : Yesus menjalani hidup untuk pelayanan Kerajaan Allah sampai kematian-Nya di kayu salib. Dia dapat mengharapkan dari Bapa makna keselamatan kematian-Nya. Allah membangkitkan Yesus: segala sesuatu yang dimaklumkan Yesus dan yang membawa Dia ke kematian disalib adalah benar.

8 ASPEK TEOLOGIS KERAJAAN ALLAH 1.Gambaran baru mengenai Allah ; Allah sebagai Bapa tercinta. 2.Dalam Roh Kudus kita ikut ambil bagian dalam hidup Yesus dan menyapa Allah sebagai Bapa Tercinta

9 ASPEK ESKATOLOGIS KERAJAAN ALLAH 1.Kerajaan Allah sekarang ini sudah dan sedang mewujud pada jaman ini menuju kepenuhannya pada akhir jaman. 2.Kerajaan Allah terwujud dalam tindakan dan gerakan manusiawi.

10 PERISTIWA KERAJAAN ALLAH DALAM FUNGSI HIDUP GEREJA ALLAH Persaudaraan PewartaanPerayaan Iman PelayananPengorbanan Suci PERUBAHAN DUNIA Masyarakat yang lebih manusiawi, adil, dan merdeka


Download ppt "IKUT KRISTUS Kristus yang diikuti Gereja adalah Kristus mulia yang pernah datang di tengah-tengah kita sebagai manusia, satu diantara kita, yaitu Yesus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google