Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HYGIENE SANITASI Oleh : Dr. Azwar Djauhari MSc Disampaikan pada : Kuliah Blok 2.3 DASAR DASAR PATOLOGI Tahun Ajaran 2013/2014 Program Studi Pendidikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HYGIENE SANITASI Oleh : Dr. Azwar Djauhari MSc Disampaikan pada : Kuliah Blok 2.3 DASAR DASAR PATOLOGI Tahun Ajaran 2013/2014 Program Studi Pendidikan."— Transcript presentasi:

1 HYGIENE SANITASI Oleh : Dr. Azwar Djauhari MSc Disampaikan pada : Kuliah Blok 2.3 DASAR DASAR PATOLOGI Tahun Ajaran 2013/2014 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNIVERSITAS JAMBI

2  Kata Higiene berasal dari Bahasa Yunani "hygieine" (artinya healthfull = sehat),  seorang nama dewi kesehatan Yunani (Hygieia).  Pengertian higiene menurut Depkes adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu subyeknya.

3  Hygiene adalah usaha kesehatan yang preventif yang menitik beratkan kegiatannya pada usaha kesehatan individu maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia.  Higiene adalah ilmu yang berkaitan dengan pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan (the sciene concerned with the prevention of illness and maintanance of health.

4  Keadaan dimana seseorang, makanan, tempat kerja atau peralatan aman (sehat) dan bebas pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri, serangga, atau binatang lainnya.  Menurut Brownell, hygine adalah bagaimana caranya orang memelihara dan melindungi kesehatan.

5  Menurut Gosh, hygiene adalah suatu ilmu kesehatan yang mencakup seluruh factor yang membantu / mendorong adanya kehidupan yang sehat baik perorangan maupun melalui masyarakat.

6  Ilmu yang mengajarkan cara-cara untuk mempertahankan kesehatan jasmani, rohani dan social untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi.  Suatu pencegahan penyakit yang menitikberatkan pada usaha kesehatan perseorangan atau manusia beserta lingkungan tempat orang tersebut berada.

7  Menurut Prescott, hygiene menyangkut dua aspek yaitu: Yang menyangkut individu (personal hygiene) Yang menyangkut lingkungan (environment) Hygiene is a concept related to medicine as well as to personal and professional care practices related to most aspects of living although it is most often associated with cleanliness and preventative measures.

8  Sanitasi adalah usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kepada kegiatan usaha kesehatan hidup manusia.  Sanitasi adalah suatu usaha pencegahan penyakit yang menitikberatkan kegiatan pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia.

9  Upaya menjaga pemeliharaan agar seseorang, makanan, tempat kerja atau peralatan agar hygienis (sehat) dan bebas pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri, serangga, atau binatang lainnya.  Menurut Ehler & Steel, sanitation is the prevention of diseases by eliminating or controlling the environmental factor which from links in the chain of transmission.

10  Menurut Dr.Azrul Azwar, MPH, sanitasi adalah cara pengawasan masyarakat yang menitikberatkan kepada pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mungkin mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.  Menurut Hopkins, sanitasi adalah cara pengawasan terhadap factor-faktor lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap lingkungan.

11  Sanitasi makanan adalah salah satu usaha pencegahan yang menitik beratkan kegiatan dan tindakan yang perlu untuk membebaskan makanan dan minuman dari segala bahaya yang dapat menganggu atau merusak kesehatan, mulai dari sebelum makanan diproduksi, selama dalam proses pengolahan, penyimpanan, pengangkutan, sampai pada saat dimana makanan dan minuman tersebut siap untuk dikonsumsikan kepada masyarakat atau konsumen.

12  Secara garis besar perbedaan yang dapat ditarik antara hygiene dan sanitasi adalah bahwa hygiene lebih mengarah kepada manusia atau individu (masyarakat) sedangkan sanitasi lebih menitik beratkan pada faktor-faktor lingkungan hidup

13 1. Keamanan makanan dan minuman yang disajikan. 2. Hygiene perorangan dan pengamanan makanan oleh keryawan yang bersangkutan. 3. Keamanan terhadap penyediaan air 4. Pengolahan pembuangan air limbah dan kotoran. 5. Perlindungan makanan terhadap kontaminasi selama dalam proses pengolahan,penyajian dan penyinpanan. 6. Pencucian,kebersihan dan penyimpanan alat-alat perlengkapan pengolahan makanan.

14 7. Sanitasi Perumahan : rumah sehat, pembuangan limbah dan kotoran, pembuangan sampah padat, Penyediaan air bersih, Sanitasi ternak. 8. Sanitasi Tempat Tempat Umum : masjid, sekolah. Kantor, terminal, hotel, bioskop, kolam renang, tempat wisata dll 9. Sanitasi Tempat pengolahan penjualan makanan : tempat pembuatan makanan, restoran, penjualan makanan, dll

15 10. Tempat Penyimpanan dan penjualan pestisida 11. Pencegahan Pencemaran lingkungan 12. Pengawasan/pengendalian serangga dan binatang pengerat (insect and rodent control)

16  Menjamin tempat kerja yang bersih  Melindungi dari faktor lingkungan yang dapat merugikan kesehatan fisik maupun mental.  Mencegah timbulnya penyakit menular.  Mencegah kecelakaan dalam bekerja.  Menghindari pencemaran  Mengurangi jumlah /presentase sakit  Lingkungan menjadi bersih, sehat dan nyaman

17  Mandi secara teratur.  Menyikat gigi.  Berpakaian bersih.  Membiasakan membersihkan lubang hidung.  Membuang kotoran pada tempatnya.

18  Kulit harus dijaga kebersihannya.  Tangan tidak boleh kotor.  Jangan meludah sembarangan.  Menyisir rambut.

19  Jadi dalam hal ini sanitasi ditujukan kepada lingkungannya, sedangkan hygiene ditujukan kepada orangnya.  Sanitasi : Usaha kesehatan prevenif yang menitikberatkan kegiatan kepada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia.

20  Hygiene : Usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatannya kepada usaha kesehatan individu, maupun usaha kesehatan pribadi hidup manusia.  Kualitas lingkungan yang sehat adalah keadaan lingkungan yang bebas dari resiko yang membahayakan kesehatan dan keselamatan hidup manusia.

21  Sedangkan upaya yang harus dilakukan dalam menjaga dan memelihara kesehatan lingkungan adalah obyek sanitasi meliputi seluruh tempat kita tinggal/bekerja seperti: dapur, restoran, taman, public area, ruang kantor, rumah dsb.

22  Cuc i Tangan Pakai Sabun  kapan ?

23 CUCI TANGAN PAKAI SABUN K A P A N ???

24 1. Persalinan dinatu oleh tenaga kesehatan 2. Memberikan ASI Ekslusif 3. Menimbang bayi / balita setiap bulan 4. Cuci Tangan pakai sabun 5. Memakai air bersih 6. Memakai jamban sehat 7. Makan sayur dan buah buahan 8. Melakukan aktifitas fisk setiap hari 9. Membersihakan jentik nyamuk setiap minggu 10. Tidak merokok didalam rumah

25


Download ppt "HYGIENE SANITASI Oleh : Dr. Azwar Djauhari MSc Disampaikan pada : Kuliah Blok 2.3 DASAR DASAR PATOLOGI Tahun Ajaran 2013/2014 Program Studi Pendidikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google