Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By: Fahrul Fahmi, S.Kom. Operasi Dasar Komputer  Objektif: Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa mampu dan mengerti tentang sejarah komputer,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By: Fahrul Fahmi, S.Kom. Operasi Dasar Komputer  Objektif: Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa mampu dan mengerti tentang sejarah komputer,"— Transcript presentasi:

1 By: Fahrul Fahmi, S.Kom

2 Operasi Dasar Komputer  Objektif: Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa mampu dan mengerti tentang sejarah komputer, pengoperasian dasar komputer, perangkat komputer, booting dan prosedur penggunaan komputer.  Materi: Sejarah komputer, perangkat komputer, perangkat lunak komputer, booting, prosedur penggunaan komputer.

3  Apa itu komputer? Dari bahasa latin ‘computare’ yang artinya menghitung (to compute) Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

4  Sejarah komputer? Generasi Pertama: Perkembangan komputer pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari tabung vakum, resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert ( ) dan John W. Mauchly ( ), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

5

6 Generasi Kedua: Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.

7

8 Generasi Ketiga: Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

9

10 Generasi Keempat: Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

11

12 Generasi Kelima: Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

13

14 Perangkat Utama Komputer:  Perangkat Input  Perangkat Proses  Perangkat Output, dan  Perangkat Penyimpanan

15 Perangkat Input (masukan): input device adalah semua perangkat / alat pada komputer yang digunakan untuk memasukan data ke bagian pemproses data (processor) untuk diproses. yang termasuk input device adalah keyboard, mouse, joystick, light-pen, webcam, microphone, dan scanner, dll.

16

17 Perangkat Pemrosesan: Unit pemrosesan akan memproses data dari perangkat masukan untuk selanjutnya diteruskan keperangkat output atau disimpan didalam media penyimpanan.

18 Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu:  Arithmetic and Logic Unit (ALU)  Control Unit  Registers  CPU Interconnections

19 Arithmetic and Logic Unit (ALU) Arithmetic and Logic Unit atau sering disingkat ALU saja dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti Unit Logika dan Aritmatika. Bagian ini mempunyai tugas utama untuk membentuk berbagai fungsi pengolahan data komputer. Sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasa mesin. ALU sendiri juga masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu:  arithmetic unit (unit aritmatika), bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan perhitungan, dan  boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani berbagai operasi logika.

20 Control Unit: Control Unit atau Unit Kendali, mempunyai tugas utama untuk mengendalikan operasi dalam CPU dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing. Di samping itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.

21 Registers: Registers (jamak, dalam bahasa Indonesia menjadi register-register atau banyak register) merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat pengolahan data. Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer masih hidup, ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi berada di dalam registers, dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang berada di dalamnya akan hilang.

22 CPU Interconections: CPU Interconnections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU dengan bus-bus eksternal CPU.

23 Komponen-komponen CPU: 1. Processor 2. Motherboard 3. Memori 4. Harddisk 5. Drive

24 Processor: Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.

25 Motherboard: Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).

26 Memori: Memori komputer bertanggung jawab untuk menyimpan data dan aplikasi sementara atau secara permanen. Hal ini memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi yang tersimpan di komputer. Tanpa memori, prosesor tidak akan dapat menemukan tempat yang diperlukan untuk menyimpan perhitungan dan proses. Memori utama dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu: RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory)

27 Hard Disk: Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Atau dapat diartikan dengan cakram keras. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan.

28 Drive: Drive adalah perangkat yang biasanya terpasang dalam kotak komputer terdiri beberapa macam, yaitu floppy drive cd drive, dan dvd drive.

29 Perangkat Keluaran (Output): Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh computer dapat digolongkan 4 bentuk : 1. Tulisan (huruf, angka, karakter khusus, simbol lain) 2. Image (grafik, gambar) 3. Suara 4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin

30

31 Perangkat Lunak Komputer (Software): Software adalah kumpulan perintah yang dieksekusi oleh komputer untuk melakukan tujuan tertentu. Software dibagi atas 4, yaitu: 1. Operating System (Sistem Operasi) 2. Aplication Software (Program Aplikasi) 3. Programming Language (Bahasa Pemrograman) 4. Utility

32 Operating System: Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.perangkat keras komputeraplikasi Sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu.

33

34 Aplication software: Aplication software adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. perangkat lunakkomputer pengguna perangkat lunak sistemkomputerpengolah kata lembar kerjapemutar media

35

36 Programming Language: Bahasa Pemrograman adalah bahasa yang digunakan untuk memprogram komputer, yang dibagi menjadi tiga level bahasa yaitu bahasa tingkat rendah (low level language), bahasa tingkat menengah (Middle level language) dan bahasa tingkat tinggi (high level language).

37

38 Utility: Program Utility adalah program-program (dalam hal ini pada Windows) yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan. Program Utility ada yang internal (bawaan dari Windows), ada yang eksternal (program lain) Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows. Contoh : Sytem tools, Notepad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, dan lain lain. Sedangkan Utility eksternal adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu. Seperti halnya anti virus, Burning (pembakar CD), Cleaning sytem, dan lain lain.

39

40 Tugas: Kelompok I : 5 macam Operating System Kelompok II : 5 macam Aplication Software Kelompok III: 5 macam Programming Language Kelompok IV: 5 Macam Utility Kelompok V : 5 Macam Antivirus Lengkap dengan gambar dan penjelasan


Download ppt "By: Fahrul Fahmi, S.Kom. Operasi Dasar Komputer  Objektif: Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa mampu dan mengerti tentang sejarah komputer,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google