Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komponen Aspek Psikologis Wasit dan Juri Dalam Cabang Olahraga Renang Oleh: Agus Supriyanto.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komponen Aspek Psikologis Wasit dan Juri Dalam Cabang Olahraga Renang Oleh: Agus Supriyanto."— Transcript presentasi:

1 Komponen Aspek Psikologis Wasit dan Juri Dalam Cabang Olahraga Renang Oleh: Agus Supriyanto

2 Dicabang renang wasit dan juri dibedakan sebagi berikut: Refree (Ketua wasit dan wakil) Juri terdiri: Juri Pembalikan (8 orang) Juri Gaya (4 orang)

3 Komponen aspek psikologis wasit dan juri dalam cabang olahraga renang 1. Reliability (keajegan/konsistensi): Contoh dalam renang: Pengambilan keputusan saat terjadi kesalahan/diskualifikasi dalam gaya renangan, start atau pembalikan 2. Komunikasi: Contoh dalam renang: Seorang wasit/juri harus dapat berkomunikasi dengan baik teknis aturan lomba agar tidak terjadi miskomunikasi terutama dalam proses memulai jalannya perlombaan

4 Komponen aspek psikologis wasit dan juri dalam cabang olahraga renang 3. Ketegasan (decisive thinking) Contoh dalam renang: Seorang wasit/juri harus dapat memutuskan dengan tegas saat melakukan diskualifikasi dalam gaya renangan, start atau pembalikan dan bila terjadi protes dari official. 4. Elegan (cool, calm and collected): Contoh dalam renang: Seorang wasit/juri harus dapat berpenampilan rapi sesuai dengan pakaian tempat tugasnya masing-masing, tidak boleh banyak bicara.

5 Komponen aspek psikologis wasit dan juri dalam cabang olahraga renang 5. Integritas – kemandirian, kejujuran, tanggung jawab, tidak memihak Contoh dalam renang: Seorang wasit/juri harus punya integritas – kemandirian, kejujuran, tanggung jawab, tidak memihak saat melakukan diskualifikasi dalam gaya renangan, start atau pembalikan dan bila terjadi protes dari official. 6. Percaya diri Contoh dalam renang: Seorang wasit/juri harus punya rasa percaya diri saat memimpin jalannya perlombaan dan saat melakukan diskualifikasi dalam gaya renangan, start atau pembalikan dan bila terjadi protes dari official.

6 Komponen aspek psikologis wasit dan juri dalam cabang olahraga renang 7. Motivasi Contoh dalam renang: Seorang wasit/juri harus punya motivasi saat memimpin jalannya perlombaan dari awal hingga akhir, walaupun terkadang cuaca panas atau hujan. 8. Konsentrasi Contoh dalam renang: seorang wasit/juri harus mempunyai konsentrasi yang tinggi saat jalannya perlombaan, pada saat memperhatikan apabila ada perenang yang melakukan kesalahan pada saat start, pembalikan dan gaya renangan.

7 Komponen aspek psikologis wasit dan juri dalam cabang olahraga renang 9. Leaderships Contoh dalam renang: seorang wasit/juri harus mempunyai leaderships saat memimpin jalannya perlombaan. 10. Kerjasama Contoh dalam renang: seorang wasit/juri harus bisa bekerjasama antar wasit/juri dalam pengambilan keputusan jika terjadi protes dari official 11. Empati Contoh dalam renang: seorang wasit/juri harus mempunyai sifat empati sesuai aturan main yang berlaku misalnya ketika ada perenang cidera/kram di air.


Download ppt "Komponen Aspek Psikologis Wasit dan Juri Dalam Cabang Olahraga Renang Oleh: Agus Supriyanto."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google