Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengapa Terjadi Kelangkaan? Kelangkaan timbul sebagai akibat dari hal-hal berikut: 1.Peningkatan kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengapa Terjadi Kelangkaan? Kelangkaan timbul sebagai akibat dari hal-hal berikut: 1.Peningkatan kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan."— Transcript presentasi:

1 Mengapa Terjadi Kelangkaan? Kelangkaan timbul sebagai akibat dari hal-hal berikut: 1.Peningkatan kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan kemampuan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan. 2.Banyaknya sumber daya alam yang rusak akibat keserakahan manusia. 3.Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya yang ada. Kelangkaan sumber daya menurut ilmu ekonomi dapat dirumuskan dengan cara yang berbeda sebagai berikut. 1.Langka dalam arti tidak cukup dibandingkan dengan banyaknya kebutuhan manusia, sedangkan benda-benda yang tersedia jumlahnya terbatas. 2.Langka dalam arti manusia harus melakukan pengorbanan untuk memperolehnya. By Nasrudin (ayunia.wordpress.com)

2 1. Sumber Daya Ekonomi Sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya modal merupakan sumber daya ekonomi. a.Sumber Daya Alam Sumber daya alam dapat dibagi sebagai berikut. 1)Tanah 2)Tambang 3)Air 4)Hutan b. Sumber Daya Manusia Unsur-unsur pembentuk sumber daya manusia yang berkualitas, antara lain sebagai berikut. 1)Keahlian 2)Kejujuran dan Keadilan 3)Kekuatan Fisik c. Sumber Daya Modal Modal dapat dikelompokkan sebagai berikut: 1)Menurut wujudnya, modal dikelompokkan sebagai berikut. a)Uang, merupakan dana yang dapat dipergunakan untuk membeli sarana, alat, dan bahan yang dipergunakan dalam produksi. b)Barang, merupakan alat yang digunakan untuk proses produksi. By Nasrudin (ayunia.wordpress.com)

3 Lanjutan 2)Menurut sifatnya, modal dikelompokkan sebagai berikut. a)Modal tetap, adalah modal yang dapat digunakan lebih dari satu kali masa produksi, contoh: gedung dan mesin. b)Modal lancar, adalah modal yang hanya sekali dipakai dalam proses produksi langsung habis. 3)Menurut subjeknya, modal dikelompokkan sebagai berikut. a)Modal perorangan, merupakan modal yang dimiliki satu orang. b)Modal kemasyarakatan, merupakan modal yang berasal dari banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak. 4)Menurut bentuknya, modal dikelompokkan sebagai berikut. a)Konkret (nyata), merupakan modal yang terlihat jelas dalam proses produksi. b)Abstrak, merupakan modal yang tidak terlihat, namun kegunaannya dapat dirasakan. 5)Menurut sumbernya, modal dikelompokkan sebagai berikut. a)Modal sendiri, merupakan modal yang berasal dari pemilik perusahaan. b)Modal pinjaman, merupakan modal yang diperoleh dari pihak lain. By Nasrudin (ayunia.wordpress.com)

4 2. Skala Prioritas Kebutuhan Manusia Skala prioritas kebutuhan adalah urutan kebutuhan yang disusun berdasarkantingkat kepentingan kebutuhan. Hal-hal yang memengaruhi prioritas kebutuhan manusia sebagai berikut. a.Tingkat pendapatan b.Status sosial (kedudukan dalam masyarakat) c.Lingkungan Sekian & Terima Kasih By Nasrudin (ayunia.wordpress.com) Buatlah tabel seperti di bawah ini! Sebutkan 5 barang kebutuhan kamu kemudian urutkan mana yang paling kamu butuhkan! NoNama BarangAlasan MuNomor Urut


Download ppt "Mengapa Terjadi Kelangkaan? Kelangkaan timbul sebagai akibat dari hal-hal berikut: 1.Peningkatan kebutuhan manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google