Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

30 1 Model Belajar Berjenjang ala Z 2 S Way Bambang Hariyanto Universitas Pasundan

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "30 1 Model Belajar Berjenjang ala Z 2 S Way Bambang Hariyanto Universitas Pasundan"— Transcript presentasi:

1 30 1 Model Belajar Berjenjang ala Z 2 S Way Bambang Hariyanto Universitas Pasundan bbghariyanto@yahoo.com

2 30 2  Towards software engineering excellence!  Indonesia goes to excellence!  To build national dignity!

3 30 3 Kesalahan Suatu Proyek Dapat Berakibat Fatal European Ariane 5 meledak 40 detik setelah take-0ff karena kesalahan pada software Karena pengujian dan pelatihan tidak mencukupi proyek Integrated Cargo System (ICS) di Australia dinyatakan gagal Paris – EuroDisney 1989 – 1992. Initial cost of the project $2.25 billion, final cost $4 billion. Census Bureau's handheld units, USA, 2006 $600M for 500,000 handheld devices to automate the 2010 census. Knight-Ridder's Viewtron service 20,000 subscribers Cost: 50$ Million

4 30 4 http://www.infoworld.com/infoworld/img/33FEmyth2_ch2.gif Tingkat Keberhasilan Proyek IT: Makin Besar Nilai Proyek, Tingkat Keberhasilan Makin Kecil

5 30 5 Tren Pertumbuhan Proyek TI di Indonesia Sumber:SHARING VISION TM, Project Management Survey, Tahun 2007-2009 75% 87% 50% Peningkatan Jumlah Peningkatan Kompleksitas Peningkatan Anggaran

6 30 6 ICT Terus Tumbuh Kecuali Fixed Phone Sumber: ITU, 2009 Penetration (%)

7 30 7 Trafik Internet dari Indonesia: Facebook Mendominasi 1.Facebook.com 2.Google.co.id 3.Google.com 4.Yahoo.com 5.Blogger.com 6.Kaskus.us 7.Wordpress.com 8.Youtube.com 9.Detik.com 10.4shared.com 11.Wikipedia.org 12.Kompas.com 13.Detiknews.com 14.Twitter.com 15.Klikbca.com 16.Multiply.com 17.Detiksport.com 18.Rapidshare.com 19.Ziddu.com 20.Vivanews.com Sumber: www.alexa.com, www.google.com/trends 20 top situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia Social networkNewsSharingBlogSearch engineService

8 30 8

9 30 9 Lebih dari 300 juta user, 50% adalah user aktif Lebih dari 350 ribu aplikasi aktif Lebih dari 65 juta user mengakses via ponsel Lebih dari 2 milyar content di- share tiap minggu Sumber: facebook.com, 2009 9.2 juta user dari Indonesia Revenue 2007$150 juta 2008$280 – $300 juta 2009$500 juta Jika Facebook sebuah negara, Facebook adalah negara ke 8 populasi penduduk terbesar, dan Indonesia adalah negara teraktif

10 30 10 Inovasi Google 2009 Google Server Google Wave Google Android Menjual server yang dilengkapi kecanggihan search engine Google dengan berbagai pilihan kapasitas dari 50000 hingga 300000 dokumen dengan harga US$2990-9990 Operating system berbasis open source 50 ribu aplikasi (desember 2009) 12 Android handphone pada sekitar 32 merek yang tersebar di 26 negara (oct 2009) HTC Magic terjual 1 juta ponsel (agustus 2009) Penggabungkan email dan instant messaging sehingga akan menghasilkan cara berkomunikasi baru di Google. Nampak mirip dengan sistem bulletin board yang menggabungkan email, instant messaging, wiki, dan photo sharing sehingga membuat komunikasi online lebih dinamis. Aplikasi ini pun membuat pengguna mudah berrbagi video, foto, dan map secara secara real time.

11 30 11 Net Income dan Revenue Google Sumber:www.wiwi.euv-frankfurt-o.de

12 30 12 Advertising Media Past vs Now NOW…. PAST….

13 30 13 Global Media & Advertising Spending 2008-2014 Sumber: PricewaterhouseCoopers (PwC) and Wilkofsky Gruen Associates, Global Entertainment and Media Outlook : 2009-2013 $421,087 $467,321

14 30 14 Telematic Sistem pada kendaraan yang menggunakan teknologi yang terintegrasi dengan GPS (Global Positioning System), komputer teknologi komunikasi untuk mobile sebagai sistem navigasi.

15 30 15 Market Telematic dan Layanan $16.5 Juta $6.2 Juta CAGR : 21.4% 67.2% 37.6% Sumber : Sharing Vision™, dari berbagai sumber

16 30 16 16% IT Spending Government digunakan untuk pengembangan e-Government IndustryTotal IT Spending (2009) Total IT Spending (2008) Growth (%) Utilities$ 131,812 USD$ 128,146 USD2.9% Healthcare$88,012 USD$ 86,080 USD2.2% Government$428,289 USD$ 419,533 USD2.1% Communication$ 371, 515 USD$ 268,341 USD0.9% Education$59,961 USD$ 59,341 USD1.0% Agriculture, Mining and Construction$ 29,658 USD$29,386 USD0.9% Services$ 192,622 USD$190,304 USD1.2% Retail Trade$ 153,755 USD$ 153,331 USD0.3% Transportation$ 105,806 USD$ 105,085 USD-0.2% Financial services$ 554,388 USD$ 558,496 USD-0.7% Wholesale Trade$ 81,446 USD$ 81,158 USD0.4% Manufacturing$ 479,586 USD$ 482,723 USD-0.6% Total$ 2,676,850 USD$ 2,662,825 USD0.5% IT Spending In Million Dollar Sumber: Sharing Vision™, dari berbagai sumber

17 30 17

18 30 18 Sifat alami persoalan pemrograman The devil is in the details. --- Common saying "In our profession, precision and perfection are not a dispensable luxury, but a simple necessity.“ --- Niklaus Wirth, Of course software has become even more complex since 1989 --- Steve McConnel Programming is art, science and skill. --- Charles Simonyi

19 30 19 Sifat-sifat alami persoalan mengajar pemrograman Harus ditujukan untuk memberi kemampuan mengatasi sifat-sifat alami persoalan pemrograman. And yet, teaching programming still seems to be a black art. There is no consensus on what the programming process is, much less on how it should be taught. --- Jens Bennedsen, Michael E. Caspersen, Michael Kölling

20 30 20 From Toyota Fact 1: The most important factor in software work is not the tools and techniques used by the programmers but rather the quality of the programmers themselves. --- Robert Glass “membuat sesuatu adalah mengenai membuat orang”. Jika siswa tidak belajar, itu berarti guru tidak mengajarkan. --- Toyota way

21 30 21

22 30 22 Dasar pemikiran model pengajaran Temuan Psikologi Mutakhir: “pengajaran paling efektif dilakukan kelompok kecil, “mentor” sebaya mengajarkan”. Kurva belajar Hermann Ebbinghaus: “Semakin sering sebuah tugas dilakukan, semakin sedikitlah waktu yang diperlukan untuk setipa pengulangan berikutnya”.

23 30 23 Hirarki Agregat Belajar 7, η Excellent 6, ζ Innovative 5, ε Creative 4, δ Effective & Efficient 3, γ Composition 2, β Analysis & Synthesis 1, α Basic

24 30 24 Kriteria Unit Pengajaran 1.from zero to expected, jika bisa sampai ke luar biasa. 2.From congcrete to abstract 3.From their known to unknown 4.litle step by little step 5.nearly all-in-one 6.metodhist 7.clear, detailed, flowcharting (visualiasing) 8.uniform, consistent 9.directed exploration 10.product/problem solution development directed teaching/skill transfer 11.level-by-level 12.memotivasi, exploratif 13. complete material, discussed in class, parts studied by him/her/themself 14. Penyelesaian secara lengkap 15. Telah dalam bentuk (proses dan representasi), mengikuti kaidah-kaidah kualitas meski tidak dijelaskan 16. Tidak tergesa-gesa, progresive terarah 17. dynamic interaction, quick feedback system 18. pattern/template/model-based solution approach 19. Pertanyaan-pertanyaan kontekstual dan mengarahkan untuk menyelesaikan latihan-latihan. 20. Latihan-latihan dan contoh-contoh yang menyelesaikan persoalan (nyata) dan dapat melangkah lebih jauh.

25 30 25 Metode Pengajaran TI (Pemrograman) IQ 85-115 Konjektur Saya, untuk berhasil: Mentoring bukan salah satu cara mengajar keahlian/ilmu/seni pemrograman pada IQ 85-115, melainkan satu-satunya cara.

26 30 26 Faktor-faktor Kritikal Penentu Keberhasilan (CSF) 1.Bahan ajar yang memenuhi 20 kriteria, disusun untuk mencapai agregasi belajar sesuai levelnya. 2.Proses 3.Monitoring 4.Evaluating 5.Controlling 6.Improving 7.Renumeration and reward system

27 30 27 Proof of Concepts Di Jurusan Informatika, Universitas Pasundan, Percobaan 26 orang mahasiswa, dimentor oleh alumni pintar yang baru lulus: – Bahan pengajaran hampir memenuhi 20 kriteria. – Penerapan mentoring secara intensif telah menghasilkan peningkatan keaktifan, interaksi dan pemahaman terhadap materi pelajaran.

28 30 28 Pendekatan Penerapan prinsip berikut pada pengajaran: 1.Separation of duties. 2.Leveling. 3.Time and motion studies. Tantangan: 4.Perlu perubahan model renumerasi dan penghargaan para pendidik di Perguruan Tinggi. 5.Perlu perubahan keorganisasian dan perubahan proses pembelajaran.

29 30 29 Persoalan berikutnya di lapangan: Keahlian pemrograman (TI) diharga sangat murah untuk bekerja keras dan keahliannya diperoleh sangat sulit. – Saling bersaing – Bekerja secara primitif – Tidak ada kartel “resmi” yang membelanya.

30 30 30 Merci bien ありがとう Matur Nuwun Hatur Nuhun Obrigado Dank Thanks Matur se Kelangkong Syukron Kheili Mamnun ευχαριστίες Danke Grazias 谢谢 Terima Kasih


Download ppt "30 1 Model Belajar Berjenjang ala Z 2 S Way Bambang Hariyanto Universitas Pasundan"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google