Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

9-1 Disajikan kembali oleh: John Suprihanto Etika & Moralitas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "9-1 Disajikan kembali oleh: John Suprihanto Etika & Moralitas."— Transcript presentasi:

1 9-1 Disajikan kembali oleh: John Suprihanto Etika & Moralitas

2 9-2 Telaah Awal: Etika dan Bisnis  Kasus Perusahaan Merck & Co menangani river blindness di Afrika dan Amerika Latin.  Kasus-Kasus di Indonesia? Nasional  Kasus-Kasus di sekitar kita? Regional

3 9-3 Etika dan Moralitas (1)  Etika: Prinsip-prinsip yang digunakan untuk mengatur perilaku individu dan atau kelompok.  Etika: Pelajaran tentang moral atau kajian moralitas karena dasar etika adalah moral.  Etika: Penelaahan baik aktivitas penelaahan maupun hasil penelaahan thd moralitas.  Etika merupakan studi/ilmu yang mendalami standar moral perorangan dan masyarakat.  Etika mempertanyakan bgmn standar2 diaplikasikan dalam kehidupan kita dan apakah standar itu masuk akal/tidak? Yaitu apakah didukung dengan penalaran yg benar atau salah?

4 9-4 Etika dan Moralitas (2)  Moralitas: pedoman yang dimiliki individu atau kelompok mengenai apa itu benar dan salah atau baik dan jahat.  Standar moral: Norma-norma yang kita miliki tentang jenis-jenis tindakan yang kita percaya secara moral benar atau salah.  Tujuan akhir standar moral: mengembangkan bangunan standar moral yang kita anggap masuk akal untuk dianut dan diimplementasikan.

5 9-5 Hakekat Standar Moral  Berkaitan dengan serius merugikan atau menguntungkan manusia.  Tidak dapat ditetapkan/diubah oleh keputusan dewan otoritatif.  Harus lebih diutamakan dp nilai lain, termasuk kepentingan pribadi.  Berdasarkan pertimbangan tidak memihak.

6 9-6 Perkembangan Moral (1) (Lawrence Kohlberg) Terdapat 6 tingkatan (3 2 tahapan) yang teridentifikasi dr perkembangan moral seseorang berhadapan dengan isu2 moral. Level Satu: Prakonvensional:  Tahap 1. Orientasi Hukuman dan Ketaatan  Tahap 2. Orientasi Instrumen dan Relativitas Level Dua: Konvensional  Tahap 3. Orientasi pd Kesesuaian Interpersonal  Tahap 4. Orientasi pd Hukum dan Keteraturan

7 9-7 Perkembangan Moral (2) (Lawrence Kohlberg) Level tiga: Postkonvensional, Otonom atau Berprinsip  Tahap 5. Orientasi pada Kontrak Sosial  Tahap 6. Orientasi Prinsip Etika yang Universal Pd tahap 6 Tindakan yg benar didefinisikan dlm pengertian prinsip moral yang dipilihkrn komprehensivitas, universalitas, dan konsistensi.

8 9-8 Perkembangan Moral (3) (Lawrence Kohlberg)  Teori Kohlberg membantu memahami bgmn kapasitas moral kita berkembang dan memperlihatkan proses menjadi lebih berpengalaman dan kritis dalam memahami dan menggunakan standar moral.  Namun tidak semua orang mengalami perkembangan secara lengkap.

9 9-9 Moral dan Individu  Moral lebih kearah individu  Organisasi (bisnis) adalah kumpulan individu yang bekerjasama (berhubungan dalam lingkungan tertentu) untuk mencapai tujuan tertentu.  Individu sebagai pelaksana utama vs penghalang dari tugas moral dan atau tanggungjawab moral.  Herbert G. Hicks (1980): Menjelaskan hubungan antara tujuan individu dengan tujuan organisasi.

10 9-10 Tanggung Jawab dan Kewajiban Moral: Individu Salah?  Seseorang secara moral bertanggungjawab atas tindakannya dan efeknya diketahui merugikan:  Dilakukan dengan dengan sengaja dan secara bebas.  Gagal melaksanakan atau mencegahnya yang secara moral keliru.

11 9-11 What Is Business Ethics? Etika bisnis melibatkan menerapkan prinsip- prinsip etika umum dan standar untuk kegiatan, perilaku dan keputusan2 bisnis. Prinsip-prinsip etika dalam bisnis tidak berbeda dari prinsip-prinsip etika pada umumnya Langkah-langkah bisnis dinilai: – Dengan standar etika umum masyarakat – Bukan dengan standar lebih permisif

12 9-12 Pemicu perilaku bisnis dan strategi tidak etis  Pandangan bahwa “bisnis dari bisnis adalah bisnis”, bukan etika.  Terlalu bersemangat mengejar keuntungan pribadi, kekayaan pribadi, dan kepentingan diri.  Tekanan berat pada manajer perusahaan untuk memenuhi atau melampaui target laba  Suatu budaya perusahaan yang menempatkan keuntungan dan kinerja yang baik di atas perilaku etis


Download ppt "9-1 Disajikan kembali oleh: John Suprihanto Etika & Moralitas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google