Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pasar sekuritas Menjelaskan perbedaan antara pasar sekuritas primer dan sekunder. Pasar sekuritas primer melibatkan pembelian dan penjualan sekuritas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pasar sekuritas Menjelaskan perbedaan antara pasar sekuritas primer dan sekunder. Pasar sekuritas primer melibatkan pembelian dan penjualan sekuritas."— Transcript presentasi:

1

2 Pasar sekuritas Menjelaskan perbedaan antara pasar sekuritas primer dan sekunder. Pasar sekuritas primer melibatkan pembelian dan penjualan sekuritas baru, baik melalui penawaran publik atau penawaran terbatas.

3 Bankir investasi—mengkhususkan diri dalam menerbitkan sekuritas di pasar primer. Pasar Sekunder melibatkan perdagangan saham dan obligasi melalui institusi-institusi yang telah dikenal seperti New York Stock Exchange, American Stock Exchange, Bursa Efek Indonesia dan pasar Nasdaq.

4 Pertumbuhan Nilai Pasar; Wal-Mart Versus Yahoo!

5 Saham Mendiskusikan nilai saham biasa dan saham preferen bagi para pemegang saham serta menerangkan pasar sekunder untuk setiap tipe sekuritas. Saham biasa memberikan investor prospek keuntungan modal dan/atau pendapatan dividen.

6 Nilai saham biasa diekspresikan dalam tiga cara: 1.nilai pokok (nilai nominal suatu saham ketika diterbitkan), 2.nilai pasar (harga pasar saat ini dari suatu saham), dan 3.nilai buku (nilai ekuitas pemilik dibagi jumlah saham).

7 Yahoo!Japan adalah salah satu dari lusinan perusahaan terkait Internet yang memiiliki portofolio di Japan’s Softbank Corp. yang menghasilkan aliran keuntungan sebesar 83% dari transaksi ritel online. Di tahun 2004 nilai Yahoo!Japan meningkat 50%, dan Softbank telah menyimpan keuntungannya dalam Yahoo!BB, sebuah layanan broadband untuk pelanggan yang telah menarik 4,3 juta pengguna dengan tarif $20 hingga $30 per bulannya. Untuk memperkuat posisinya dalam layanan broadband di Jepang, Softbank juga melibatkan dirinya dalam, “perekonomian lama” dengan membeli saham provider telepon sambungan tetap ketiga terbesar di Jepang, Japan Telecom Co.

8 Nilai pasar merupakan nilai yang terpenting bagi investor. Saham preferen tidak begitu berisiko. Saham ini menawarkan pendapatan yang lebih stabil karena pemegang saham preferen harus didahulukan dalam pembayaran dividen daripada pemegang saham biasa.

9 Baik saham biasa maupun preferen diperdagangkan di bursa efek (institusi yang dibentuk melaksanakan perdagangan sekuritas yang ada) termasuk perdagangan di lantai bursa, bursa elektronik, dan di pasar luar bursa (OTC/Over The Counter/direct exchange) (organisasi pedagang efek yang dibentuk untuk memperdagangkan sekuritas di luar ketetapan bursa).

10 “Anggota” yang memiliki tempat di bursa pada perdagangan bertindak sebagai pialang—agen yang melaksanakan perintah pembelian atau penjualan—untuk nonanggota. Perdagangan di lantai bursa termasuk bursa efek New York, American, dan regional serta luar negeri. Nasdaq adalah bursa efek elektronik pertama dan terbesar di dunia.

11 Pertumbuhan Perdagangan Online

12 Di tahun 2004, Tehran Stock Exchange

13 obligasi Membedakan berbagai tipe obligasi sehubungan dengan penerbit, keamanan, dan pembayarannya. Obligasi adalah (surat utang)—suatu perjanjian yang dikemukakan penerbit untuk membayar kepada pembeli sejumlah uang tertentu pada satu tanggal tertentu di masa mendatang, biasanya dengan bunga pada jangka waktu tertentu.

14 Obligasi berbeda dari segi tanggal jatuh tempo, status pajak, dan tingkat risiko versus hasil potensialnya.

15 Obligasi pemerintah didukung oleh agensi dan institusi pemerintah seperti Bendahara Negara atau Administrasi Federal. Obligasi Kotapraja, yang ditawarkan oleh pemerintah negara bebas dan pemerintah daerah untuk membiayai berbagai proyek, biasanya juga merupakan instrumen yang aman dan bunganya biasanya bebas pajak.

16 Obligasi perusahaan dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan dana jangka-panjang. Obligasi yang secara umum lebih berisiko dibanding obligasi pemerintah dan obligasi jangka pendek ini memiliki beberapa tingkat keamanan.

17 Obligasi ada yang terjamin (didukung oleh aset penerbit), tapi ada juga yang tak terjamin (debenture). Keamanan obligasi dinilai oleh Moody’s dan Standard & Poor’s. Sistem Peringkat Obligasi

18 Investasi lainnya Menjabarkan peluang-peluang investasi yang ditawarkan reksa dana dan komoditas. Reksa dana menghimpun investasi individual dan organisasi untuk membeli portofolio dari sekuritas. Para investor merupakan pemilik parsial dari portofolio.

19 Dana yang berbeda dirancang untuk menarik tujuan investor yang berbeda. Mereka yang menekankan pertumbuhan mencakup reksa dana berimbang—portofolio obligasi dan saham preferen serta saham biasa, khususnya yang berasal dari perusahaan yang sudah mapan.

20 Kontrak futures—kesepakatan untuk membeli jumlah komoditas tertentu dengan harga tertentu pada tanggal yang sudah ditentukan—dibeli dan dijual di pasar komoditas. Kontrak tidak hanya tersedia untuk saham melainkan juga untuk komoditas yang berkisar dari biji kopi, sawit hingga propana (LPG) dan platinum. Karena harga jual mencerminkan perkiraan peristiwa dan nilai masa depan, harga menjadi mudah berubah-ubah dan perdagangan menjadi sangat berisiko.

21 Pedagang di New York Mercantile Exchange memperdagangkan kontrak futures—perjanjian untuk membeli atau menjual komoditas pada harga tertentu di waktu tertentu di masa depan. Hari ini (18 Mei 2004) adalah hari yang menarik. Pembunuhan seseorang pemimpin Irak telah menimbulkan kekhawatiran mengenai pasokan minyak mentah, sehingga harga untuk bulan Juni mencapai rekor $41,55 per barel. Sementara itu, karena investor di bursa efek mengkhawatirkan biaya energi yang meningkat akan menurunkan belanja konsumen dan mengurangi laba perusahaan, indeks Dow Jones turun 1,1% dan Nasdaq turun 1,5%.

22 Para investor biasanya menyeleksi satu bauran, atau portofolio dari investasi. Ada yang lebih mau mengambil risiko dan ada yang lebih konservatif dalam salah satu dari dua cara. 1.Diversifikasi berarti membeli beberapa jenis investasi yang berbeda.

23 2.Alokasi aset merujuk pada jumlah dana relatif yang diinvestasikan dalam (atau dialokasikan pada) masing-masing alternatif investasi. Ketika tujuan investasi Anda berubah, Anda dapat mengubah alokasi aset Anda sesuai dengannya.

24 Jual beli sekuritas Menjelaskan proses jual beli sekuritas. Pertama-tama Anda perlu mencocokkan investasi dengan tujuan investasi Anda. Berikutnya Anda harus memilih seorang pialang dan membuka satu rekening sehingga Anda dapat melakukan transaksi. Perlu juga Anda ketahui cara membaca kuotasi saham, obligasi, dan reksa dana. Transaksi setiap hari dilaporkan dalam surat kabar.

25 Membaca Kuotasi Saham

26 Membaca Kuotasi Reksa Dana

27 Bull dan Bear Market, 1972 – 2000

28 Investor biasanya menggunakan layanan informasi keuangan seperti yang terdapat dalam koran dan kuotasi saham, obligasi, dan OTC (OTC quotation) online untuk mempelajari kemungkinan investasi. Kuotasi : harga penawaran tertinggi untuk membeli atau harga penawaran terendah untuk menjual ataupun untuk memanfaatkan jasa. Indeks pasar seperti Dow Jones Industrial Average, Standard & Poor’s Composite Index, dan Nasdaq Composite Index, menyediakan rangkuman tren, dalam industri tertentu dan dalam pasar secara keseluruhan.

29 Investor kemudian dapat membuat keputusan terhadap pilihan yang berbeda-beda. Order pasar (market order) adalah pesanan untuk membeli atau menjual pada harga yang sedang berlaku.

30 Bursa Efek: Perbandingan Volume Dolar Perdagangan

31 Jika Anda seorang pedagang saham harian (day trader), apakah pasar yang bergejolak baik atau buruk? Jika pasar tidak stabil, terdapat jarak (spread) yang lebih besar antara bid prices (harga yang dibayarkan pedagang untuk sebuah saham) dengan ask prices (harga yang pedagang tawarkan untuk sebuah saham). Perbedaannya tidak selalu besar, namun jika Anda dapat melakukan sejumlah transaksi dengan cepat selama hari itu, Anda dapat menghasilkan sedikit uang di sini dan banyak uang di sana. Strategi inilah yang dilakukan oleh para pemain saham di perusahaan-perusahaan besar seperti Carl Lemon, yang berdagang di Bright Trading di San Francisco. Investor-investor kecil, akan memilih untuk mendapatkan harga tetap berdasarkan arahan pasar, dan gejolak pasar menyulitkan hal tersebut untuk dilakukan.

32 Karena para investor tidak mengetahui pada tingkat harga berapa pesanan pasar akan dieksekusi, mereka dapat menyatakan order batas (limit order) atau stop order yang akan diberlakukan jika harga naik atau turun di bawah tingkat yang telah ditentukan.

33 Round lot dibeli dalam kelipatan saham 100 lembar. Odd lot dibeli sebagai fraksi dari round lot. Sekuritas dapat dibeli dalam marginnya atau sebagai bagian dari short sale—penjualan di mana investor menjual sekuritas yang dipinjamkan dari pialang dan dikembalikan pada tanggal setelahnya.

34 Menerangkan bagaimana pasar sekuritas diatur. Selain peraturan pemerintah, baik NASD maupun NYSE mengatur dirinya sendiri. Sebagai contoh, satu sebab terjadinya fluktuasi pasar yang tiba-tiba adalah program trading— satu strategi yang melibatkan penjualan atau pembelian satu kelompok saham bernilai $1 juta atau lebih, yang sering dipicu oleh program perdagangan terkomputerisasi tanpa supervisi manusia. Peraturan pasar sekuritas

35 Karena perdagangan semacam itu dapat menyebabkan pasar berputar di luar kendali, program tersebut menyebabkan circuit breakers, yaitu aturan perdagangan untuk mengurangi penjualan karena kepanikan, gejolak pasar dan meningkatkan kepercayaan para investor.

36 SEC melindungi para investor dari terbitan palsu dengan mengharuskan semua perusahaan mengajukan prospektus sebelum pengajuan penawaran dimulai. Prospektus memuat informasi tentang sekuritas yang ditawarkan dan perusahaan yang menerbitkan.

37 SEC juga memberlakukan undang-undang melawan perdagangan orang dalam (insider trading) yang dapat menggunakan pengetahuan khusus mereka untuk meraup laba dan keuntungan.

38 Sebetulnya. Martha Stewart tidak dituntut untuk insider trading: dia dituntut atas perbuatannya untuk menghina hukum dan membuat pernyataan-pernyataan palsu selama proses investigasi sehingga menghasilkan kesepakatan yang tidak pasti. Di tahun ia menjadi tersangka, yaitu pada tahun 2002, 8 kasus penghinaan hukum diajukan para penuntut. Sejak 1986 sekitar sepertiga dari kasus pemberian pernyataan palsu yang diajukan menjalani persidangan, dan dari kasus-kasus tersebut, hanya sebesar 17% yang dituntut penjara. Hanya 5% dari yang menjalani investigasi yang kemudian dipenjarakan.

39 Bursa saham membantu menghentikan tindakan orang dalam ini, mendenda perusahaan anggota dan para pejabat, serta menghambat atau menskors mereka. Pemerintah negara bagian memberlakukan apa yang disebut blue sky laws, dan penyalur sekuritas harus diberi lisensi oleh negara bagian tempat mereka melakukan bisnis.


Download ppt "Pasar sekuritas Menjelaskan perbedaan antara pasar sekuritas primer dan sekunder. Pasar sekuritas primer melibatkan pembelian dan penjualan sekuritas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google