Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN II: Pasar Keuangan Dan Tingkat Suku Bunga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN II: Pasar Keuangan Dan Tingkat Suku Bunga."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN II: Pasar Keuangan Dan Tingkat Suku Bunga

2 Pasar Keuangan “Sebuah lembaga dan prosedur yang memberikan fasilitas transaksi untuk semua tipe tagihan keuangan.” “Sebuah lembaga dan prosedur yang memberikan fasilitas transaksi untuk semua tipe tagihan keuangan.”

3 Q: Apakah Sekuritas? A: Aktiva keuangan yang dibeli oleh investor dengan harapan memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi.

4 Jenis-jenis Sekuritas n Municipal Bonds (obligasi pemerintah) n Corporate Bonds (obligasi perusahaan) n Saham Preferen (saham yg memiliki hak istimewa) n Saham Biasa Mana yang paling (Beresiko) RISK? Mana yang menjanjikan (pengembalian yang tinggi) HIGH RETURNS? Adakah hubungan antara RISK dan RETURN?

5 Sumber Pendanaan Perusahaan n Tahun 2006, lebih dari Rp500 Milliar pendanaan perusahaan diperoleh dari external. n Sejak 1991 hingga 2006, modal diperoleh dengan menggunakan sumber sbb: n Obligasi Perusahaan dan wesel75.6% n Saham Preferen 4.2% n Saham Biasa20.2%

6 Kas Sekuritas Pentransferan Modal n Pentransferan Dana Secara Langsung Penabung perusahaan

7 Dana Pentransferan Modal n Pentransferan Dana Tidak Langsung, Menggunakan Bank Investasi Sekuritas Dana Sekuritas Bank Investasi Penabung perusahaan

8 Dana Pentransferan Modal n Pentransferan Tak Langsung Menggunakan Suatu Lembaga Perantara Keuangan Sekuritasperantara Dana SekuritasPerusahaan Perantara keuangan Perusahaan penabung

9 Jenis-jenis Pasar 1) Pasar Primer –Pasar dimana saham yang baru diterbitkan dijual pada pembeli pertama. 2) Pasar Sekunder –Pasar dimana saham yang telah diterbitkan, diperdagangkan.

10 3) Bursa –Pembeli dan penjual bertemu pada satu lokasi untuk melakukan perdagangan. 4) Over-the-Counter (OTC) –Dealer sekuritas beroperasi di tempat yang berbeda-beda di penjuru negara.

11 Bank Investasi Bankir investasi adalah badan spesialis keuangan yang terlibat sebagai penengah dalam perdagangan sekuritas.

12 Bank Investasi Bagaimana Bankir Investasi membantu perusahaan menerbitkan sekuritas? Fungsi bankir investasi : - Memberi konsultasi bagi perusahaan. - Underwriting (penjamin) saham yang diterbitkan. - Mendistribusikan saham yang diterbitkan. - Meningkatkan kredibilitas.

13 Metode Dalam Menerbitkan Sekuritas 1) Penempatan privat (Private Placement) –Perusahaan penerbit menjual sekuritas secara langsung kepada institusi atau investor.

14 Metode Dalam Menerbitkan Sekuritas 1) Penempatan privat –Perusahaan penerbit menjual sekuritas secara langsung pada institusi atau investor. 2) Penawaran Publik ( Public Offering) –Perusahaan penerbit menjual sekuritas kepada investment bank, yang kemudian menjualnya pada investor individual.

15 Penawaran Publik 1) Penawaran kompetitif ( Competitive bid) n Beberapa bank investasi menawarkan kepada publik untuk membeli saham yang baru diterbitkan perusahaan. 2) Negotiated Purchase n Perusahaan penerbit memilih satu investment bank. 3) Direct Sale n Perusahaan penerbit menjual sekuritas ke publik tanpa investment bank.

16 4) Penjaminan penerbitan (Underwritten issue) n Sejenis negotiated purchase. n Investment bank membeli saham dari perusahaan dengan harga tertentu. 5) Komisi/Dasar usaha terbaik (Best Efforts) n Investment bank mencoba untuk menjual saham untuk mendapatkan komisi. 6) Pendaftar istimewa (Privileged Subscription) n Bank investasi membantu perusahaan menjual saham baru kepada suatu grup investor. Penawaran Publik

17 Contoh Kasus 1: Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Apa tipe penerbitan saham ini? n Tipe negotiated purchase! (underwritten issue)

18 Contoh Kasus 2: Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Berapa lembar saham yang terjual?

19 Jawaban Contoh Kasus 2: Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Berapa lembar saham yang terjual? n 5 juta saham akan dijual

20 Contoh Kasus 3 : Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Berapakah pendapatan perusahaan?

21 Jawaban Contoh Kasus 3: Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Berapakah pendapatan perusahaan? n Dari harga per saham $20, maka perusahaan akan mendapatkan pendapatan sebesar $ total pendapatan perusahaan adalah $98 juta.

22 Contoh Kasus 4: Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Berapa bagian penjamin?

23 Jawaban Contoh Kasus 4: Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Berapa bagian penjamin? n $0.40 per lembar saham adalah bagian penjamin. Jadi, perusahaan akan membayar sebesar $2 juta kepada bank investasi.

24 Contoh Kasus 5: Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Apakah penjamin akan memiliki risiko?

25 Jawaban Contoh Kasus 5 : Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. Perusahaan kami membutuhkan tambahan dana sekitar $100 juta untuk ekspansi. Harga per saham $20. Merrill Lynch akan menjamin penerbit dengan komisi penjaminan 2%. n Apakah penjamin akan memiliki risiko? n Ya. Bank investasi akan mendapatkan risiko dalam menjual saham dengan harga $20 per lembar. Jika harga saham jatuh, bank investasi akan kehilangan uang.

26 Penentuan Tingkat bunga n Tingkat bunga nominal : tingkat bunga yang diteliti pada sekuritas pendapatan tetap, tidak ada pengaturan dilakukan untuk inflasi yang diharapkan n Tingkat bunga real : tingkat bunga nominal dikurangi tingkat inflasi selama tgl jatuh tempo sekuritas berpendapatan tetap.

27 Konseptual: TingkatBunganominalkrf = TingkatBungaBebasRisiko yang real k* + PremiRisikoinflasiIRP (1 + k rf ) = (1 + k*) (1 + IRP) Krf = k* + IRP + (k*.IRP) Hubungan antara tingkat bunga nominal, tingkat bungan riil, & tingkat inflasi dikenal dengan “Fisher Effect” ( Tingkat bunga nominal termasuk didalamnya tingkat bunga real dan premi inflasi.) Suku Bunga

28 Dampak Fisher (Fisher Effect) Anda meminjamkan $100 hari ini kepada seseorang selama 1 tahun, dengan tingkat bunga nominal 11,3% anda akan memperoleh kembali uang tersebut $111,30 dalam setahun. Jika terjadi inflasi sebesar 5% (hrg brg & jasa meningkat), berapakah pertambahan kemampuan membeli setelah setahun? Tingkat bunga nominal – (minus) tingkat inflasi. Anda meminjamkan $100 hari ini kepada seseorang selama 1 tahun, dengan tingkat bunga nominal 11,3% anda akan memperoleh kembali uang tersebut $111,30 dalam setahun. Jika terjadi inflasi sebesar 5% (hrg brg & jasa meningkat), berapakah pertambahan kemampuan membeli setelah setahun? Tingkat bunga nominal – (minus) tingkat inflasi.

29 Jika inflasi 5%, harga barang dan jasa yang tadinya $100 akan menjadi $105. Maka peningkatan kemampuan membeli Anda: Krf = k* + IRP + (k*.IRP) 0,113 = k* + 0,05 + 0,05k* k* = 0,06 = 6% Walaupun dari uang Anda yang tadinya $100 pada awal tahun menjadi $111,3 pada akhir tahun, tapi peningkatan daya beli Anda adalah 6% karena ada kenaikan inflasi 5%.

30 STRUKTUR MASA TINGKAT BUNGA n Hubungan antara tingkat bunga sekuritas utang dan lama waktu hingga utang jatuh tempo. NilaiJatuhtempo Masa jatuh tempo (tahun)

31 Struktur masa tingkat bunga NilaiJatuhtempo Masa jatuh tempo (tahun) Kurva nilai jatuh tempo dapat melengkung kebawah jika tingkat suku bunga yang diharapkan turun. bunga yang diharapkan turun.

32 Teori struktur masa n Teori harapan yang tidak berbias (Unbiased Expectations Theory) –Struktur masa ditentukan oleh harapan investor mengenai tingkat bunga dimasa depan. n Teori pilihan likuiditas (Liquidity Preference Theory) –Investor mensyaratkan premi jatuh tempo sebagai kompensasi untuk tambahan risiko dari tingkat bunga yang berfluktuasi. n Teori segmen pasar (Market Segmentation Theory) –Struktur masa ditentukan hanya oleh permintaan dan penawaran sekuritas yang memiliki jatuh tempo yang spesifik.


Download ppt "PERTEMUAN II: Pasar Keuangan Dan Tingkat Suku Bunga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google