Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEFINISI BENIH / BIBIT Dr. SUPRIYONO PRGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM KADIRI UNISKA KEDIRI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEFINISI BENIH / BIBIT Dr. SUPRIYONO PRGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM KADIRI UNISKA KEDIRI."— Transcript presentasi:

1 DEFINISI BENIH / BIBIT Dr. SUPRIYONO PRGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM KADIRI UNISKA KEDIRI

2 Definisi Benih / Bibit "BIBIT" mempunyai arti "BENIH" atau asal dari segala sesuatu yang berkembang (wujud) untuk kemudian dikembang biakan menjadi lebih banyak.

3 Proses penyediaan bibit/benih 1.Memilih benih yang baik :

4 adalah tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih menjadi bibit/semai yang siap ditanam di lapangan. Jenis persemaian Persemaian sementara (Flyng nursery) Persemaian Tetap 2. Persemaian

5 PERSEMAIAN SEMENTARA Adalah persemaian yang berukuran kecil dan terletak di dekat daerah yang akan ditanami. biasanya digunakan hanya untuk beberapa periode panenan (bibit/semai) yaitu hanya untuk waktu 5 tahunan.

6 PERSEMAIAN TETAP Adalah jenis persemaian yang biasanya berukuran (luasnya) besar dan lokasinya menetap di suatu tempat, untuk melayani areal penanaman yang luas.

7 Persemaian sementara (Flyng nursery) Keuntungan Keadaan ekologi selalu mendekati keadaan yang sebenarnya. Ongkos pengangkutan bibit murah. Kesuburan tanah tidak menjadi masalah Tenaga kerja sedikit kerugian Ongkos persemaian jatuhnya mahal Ketrampilan petugas sulit ditingkatkan Seringkali gagal menyulitkan pengawasan.

8 Persemaian tetap kelebihan Kesuburan tanah dapat dipelihara dengan pemupukan. Dapat dikerjakan secara mekanis Pengawasan dan pemeliharaan lebih efisien Perencanaan pekerjaan lebih teratur Produktivitas bibit tinggi kekurangan Keadaan ekologi tidak selalu mendekati keadaan yang sebenarnya. Ongkos pengangkutan lebih mahal Membutuhkan biaya investasi lebih tinggi

9 Pemilihan lokasi persemaian Aspek teknis Aspek fisik Kebutuhan bahan

10 –Letak lokasi persemaian Diusahakan terletak di tengah-tengah daerah penanaman. Areal persemaian terbuka / kena sinar matahari langsung, mudah dijangkau setiap saat dan terlindung dari angin kencang. –Jalan angkutan Dekat jalan angkutan yang memadai sesuai keperluan, baik lewat darat maupun lewat air/sungai. –Luas Persemaian Luas persemaian tergantung pada jumlah semai yang diproduksi, cara penanaman, dan lamanya semai/bibit dipelihara di persemaian. Aspek teknis

11 Air Kebutuhan air untuk persemaian tidaklah sama, tergantung pada jenis tanaman yang disemaikan. Media tumbuh/tanah. Untuk persemaian diusahakan memilih tanah yang steril dan yang mempunyai sifat-sifat baik seperti porositas dan drainasenya baik, bebas batu dan kerikil. pH media sebaiknya berkisar antara 5 – 7 dan diusahakan tidak menggunakan tanah liat. Kelerengan persemaian sebisa mungkin dipilih/digunakan lahan kelas kelerengan relative datar – landai. Pada umumnya diusahakan agar kelerengan untuk areal persemaian kurang dari 10 %.

12 Benih Dua faktor penting yang perlu mendapat perhatian di dalam penyediaan benih untuk bahan penanaman di persemaian yaitu kualitas dan kuantitas benih. Pasir dan tanah (jenis media tumbuh lainnya) Pada dasarnya bahan pasir maupun tanah untuk media sapihan dipilih yang baik, bebas batu, kerikil dan benda- benda lain. Kantong plastik Kantong plastik ini digunakan untuk media sapihan setelah diisi hampir penuh dengan tanah. Tanah untuk media sapih dipilih tanah yang baik halus, merata dan dicampur dengan pupuk.

13 Pelaksanaan persemaian

14 1.Pengadaan bahan, yang perlu disiapkan antara lain: Pasir Bedengan / bak, diberi atap Bedengan sapih, diberi atap Kantong plastik yang bagian bawah telah diberi lubang-lubang. Tanah yang baik, yang artinya dicampur dengan pupuk TPS Pupuk TSP dan NPK. Seng atau tripleks untuk label. Fungisida dan Pestisida. Bahan untuk pemagaran persemaian,

15 2.Peralatan/bangunan yang perlu disiapkan adalah: Parit / saluran pangairan Alat menyemprot fungisida / dan pestisida yaitu spayer. Alat-alat kerja : cangkul, sabit, ganco, gergaji, linggis. Alat pengukuran : meteran / roll meter, kompas. kantor, barak kerja, rumah jaga.

16 Pelaksanaan Pengukuran batas persemaian Pembersihan lapangan Pengerjaan/pencangkulan tanah dengan baik dan meratakannya. Pengaturan tempat. Pemagaran persemaian. Pembuatan bedengan/ bak yang diberi pasir bagian atasnya setebal cm dan bedengan sapih dengan diberi atap. Pembuatan jalan angkutan Pembuatan/pemasangan alat pengairan Pengisian kantong plastik sebagai medium sapihan Persiapan lapangan

17 Penaburan benih adalah menanam benih yang telah dipersiapkan / telah melalui perlakuan - perlakuan khusus dibedengan / bak dengan tujuan agar benih dapat berkecambah dengan baik. penaburan dapat dilakukan tiga cara : (1) satu persatu (drill sowing) (2) bentuk garis/baris (line sowing) (3) menabur mereta (dust sowing). Penaburan benih

18 penyapihan penyapihan adalah memindahkan bibit semai dari bedengan ke media di bedengan sapih.

19 Pemeliharaan persemaian Penyiraman –Cara pengairan / penyiraman yang paling ekonomis ialah dengan membuat bedengan di hulu sungai dan mengalirkan airnya di bedengan –Cara penyiraman yang biasa dikerjakan ialah penyiraman dengan tangan –dilakukan 2 kali setiap hari (sekitar pukul ) dan pagi hari (sekitar pukul ). –Penyiraman berhati-hati, terutama di bedengan/bak untuk menghindari agar kecambah yang masih lemah tidak rusak.

20

21 Pemanenan dan seleksi benih sebelum bibit didistribusikan ke lapangan terlebih dahulu dilakukan penyeleksian untuk memperoleh bibit yang baik, antara lain : (1) tinggi minimal 25 cm (2) media kompak (3) batang berkayu dan tunggal (4) tajuk sehat dan lain sebagainya.

22 Proses pengolahan tanah sebelum tanam

23 Pemilihan bibit Ciri-ciri bibit yang baik antara lain: –Tingginya kurang lebih 25 cm –Berdaun 5-7 helai –Batangnya besar dan kuat –Bebas dari hama dan penyakit

24


Download ppt "DEFINISI BENIH / BIBIT Dr. SUPRIYONO PRGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM KADIRI UNISKA KEDIRI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google