Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab April Mei Juni 2012 Pedoman Pendalaman Alkitab April Mei Juni 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Jo e A. Weeb Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Penginjilan dan Kesaksian

4 Mengapa Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh harus ada? Apakah tujuan kita? Alasan apakah yang kita miliki? Jawabnya...Allah membangun gereja ini untuk mengabarkan “kebenaran masa kini,” pekabaran “Tiga Malaikat” dalam Wahyu 14:6-12 Ada begitu banyak gereja yang memiliki program penginjilan dan jangkauan keluar yang sangat agresif. Tetapi pada akhirnya, hanya ada satu gereja yang secara khusus mengumandangkan pekabaran “Tiga Malaikat” dalam Wahyu 14. Gereja itu adalah gereja kita—dan itulah sebabnya mengapa kita ada di sini. Penginjilan dan Kesaksian Pendahuluan Umum

5 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

6 “... pekerjaan kita yang terutama adalah menceritakan kisah Yesus dengan satu tujuan agar orang itu mau menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya lalu mau menjadi murid-Nya bahkan menjadikan banyak orang menjadi murid Yesus.” Seluruh anggota gereja MAHK memiliki tanggung jawab bersama yakni untuk menginjil dan bersaksi. Penginjilan dan Kesaksian Pendahuluan Umum

7 Bila mana pekerjaan menginjil dan bersaksi tidak dilakukan di tingkat gereja lokal, maka hal itu pasti tidak akan dapat terlaksana di mana pun juga. Adalah penting untuk mengetahui dan menjalankan “karunia rohani,” agar dapat melakukan penginjilan dan bersaksi dengan baik. Penginjilan dan Kesaksian Pendahuluan Umum

8 Penginjilan dan kesaksian haruslah dimotivasi oleh suatu sambutan kasih, bukan oleh rasa takut atau perasaan bersalah. Penginjilan dan kesaksian... Itulah alasan utama bagi Gereja MAHK. Penginjilan dan Kesaksian Pendahuluan Umum

9 1. Menjelaskan Arti Penginjilan Dan Kesaksian 2. Pelayanan Setiap Anggota 3. Karunia-karunia Rohani Untuk Penginjilan dan Kesaksian 4. Penginjilan Dan Kesaksian Sebagai Pola Hidup 5. Penginjilan Dan Kesaksian Yang Beraturan 6. Penginjilan Dan Kesaksian Pribadi 7. Penginjilan Dan Kesaksian Secara Kelompok 8. Persiapan Untuk Penginjilan Dan Kesaksian 9. Bergabung Dalam Pelayanan 10. Sambutan Kasih 11. Biarlah Gereja Mengetahuinya 12. Evaluasi Kesaksian Dan Penginjilan 13. Pelayanan Yang Berkelanjutan Penginjilan dan Kesaksian Daftar Isi

10 Menjelaskan Arti Penginjilan Dan Kesaksian Pelajaran 1

11 Pokok Pikiran Jika kita mau terlibat dalam menggenapi amanat agung Injil, kita harus mengerti apa yang dimaksud dengan “penginjilan” dan “bersaksi.”

12 Kata-kata Pembuka Setelah hidup bersama Yesus, para pengikut-Nya membagikan pengalaman mereka dengan orang lain. Bersaksi merupakan suatu hal yang alami dan merupakan hasil yang dicapai dari waktu yang mereka luangkan bersama Yesus. Namun itu juga merupakan suatu tugas khusus yang Yesus telah berikan kepada mereka—dan kepada kita-untuk dilaksanakan.

13 Ayat Hafalan Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.“ Matius 28:19, 20

14 Pengantar Seringkali seorang pekerja diberikan sebuah “uraian tugas.” Hal itu berupa catatan rinci dari tanggung jawab yang diharapkan dapat dia kerjakan. Alkitab juga berbicara tentang “uraian tugas,” dan dalam hal ini untuk umat Allah. Rasul Paulus menasihati umat percaya di Korintus agar “giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan.”... nasihat Paulus (ini) sesungguhnya (juga) mencakup pekerjaan penyebaran Injil.

15 Menjelaskan Arti Penginjilan dan Kesaksian Sekilas Pandang 1. Penginjilan Adalah... (Kisah 5:42) 2. Kesaksian Adalah... (Markus 5:18-20) 3. Tugas Kita: Menginjil dan Bersaksi (1 Petrus 3:15 )

16 Menjelaskan Arti Penginjilan dan Kesaksian 1. Penginjilan Adalah... (Kisah 5:42)

17 Kisah Para Rasul 5:42 Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.

18 Mengalami Injil Untuk menjadi seorang penginjil dalam konteks apa pun, maka orang itu harus memiliki pemahaman dan pengalaman pribadi tentang “Injil kekal.” Injil inilah yang pada akhirnya menghasilkan kepercayaan, pengakuan, pertobatan, baptisan dan pemuridan, serta janji hidup yang kekal.

19 Arti Penginjilan Penginjilan adalah suatu proses pemberitaan Injil Tuhan Yesus yang dilakukan secara jelas dan meyakinkan sehingga orang itu mau menerima Dia menjadi Juruselamat pribadi dan mengikut Dia sebagai Tuhan, menjadi murid dan juga dapat menjadikan orang lain sebagai murid.

20 poin-poin penting dari khotbah penginjilan pada abad pertama haruslah juga menjadi pokok pembahasan penting untuk saat ini. Pokok-pokok Penting yang Dibahas Saat Melakukan Penginjilan

21 Hal Penting Yang Harus Diingat Sehubungan Dengan Penginjilan Penginjilan adalah merupakan suatu “proses” yang berkelanjutan bukan hanya sekadar sebuah program atau peristiwa.

22 Penginjilan Dalam Jemaat yang Mula-mula (Kisah 2:36-39; 4:33; 5:42; 7:56; 13:48) Jemaat yang mula-mula melihat penginjilan lebih dari sekadar mengkhotbahkan sebuah pekabaran. Proses penginjilan yang mereka lakukan tidak berakhir sampai orang itu menjadi murid dan telah benar- benar diterima ke dalam persekutuan umat percaya.

23 DISKUSIKAN Gereja yang mula-mula dalam buku Kisah Para Rasul adalah merupakan gereja yang aktif dalam melakukan penginjilan. Menurut anda prinsip- prinsip penginjilan pada gereja yang mula-mula apa saja yang dapat kita gunakan pada zaman ini, jelaskan!

24 Menjelaskan Arti Penginjilan dan Kesaksian 2. Kesaksian Adalah... (Markus 5:18-20)

25 “Pada waktu Yesus naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Dia. Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau! Orang itu pun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran. Markus 5:18-20

26 Pengertian “Saksi’ Seorang saksi adalah orang yang memberikan suatu kesaksian, yang menyatakan sesuatu yang dia ketahui berdasarkan pengalaman pribadi.

27 Lebih Lanjut Tentang Bersaksi Bersaksi, ialah membagikan kepada orang lain pengalaman pribadi Anda dengan Allah—dengan tujuan untuk mendorong orang lain supaya mau menerima Kristus. Bersaksi, tidak perlu terorganisasi rapi seperti radio, televisi atau kebaktian kebangunan rohani. Menjadi seorang saksi dapat terjadi secara spontan sebab kesempatan untuk berbagi cerita tentang Yesus dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Kita harus siap sedia dalam segala hal kesempatan untuk membagikan pengetahuan dan pengalaman kita.

28 Kesaksian yang Paling Berkuasa Menyaksikan pengalaman pribadi. Yaitu, membagikan apa yang Allah telah lakukan bagi saya dan bagaimana Dia telah mempengaruhi kehidupan dan pengalaman saya.

29 Tiga Bagian yang Berbeda Dalam Memberikan Kesaksian Kehidupan sebelum mengenal Yesus Berisi uraian singkat mengenai kehidupan sebelum menerima Kkristus sebagai Juruselamat pribadi: Bagaimana anda bertemu dengan Tuhan Berisi sebuh penjelasan tentang bagaimana anda dapat bertemu dengan Tuhan Kehidupan anda setelah bertobat Berisi penjelasan mengenai pengalaman hidup sejak mengenal Yesus

30 Nasehat Penting Dalam Memberikan Kesaksian Pribadi Kesaksian pribadi jangan panjang. Bersaksi adalah cara yang lebih spontan untuk menceritakan tentang Yesus daripada ceramah kebangungan rohani yang terencana dengan baik. Umat Kristiani harus dapat memberikan kesaksian mereka secara singkat sebab kita tidak mengetahui kapan kesempatan itu tiba agar kita dapat bercerita tentang Yesus. Situasi apa pun yang kita hadapi, kita harus siap sedia dan mau bercerita tentang apa yang Tuhan telah lakukan bagi kita,

31 Hubungan Bersaksi & Penginjilan Bersaksi dan Penginjilan, memiliki tujuan yang sama yakni “memenangkan jiwa-jiwa bagi Kristus.” Bersaksi dan Penginjilan memiliki strategi yang berbeda Bersaksi dapat dilakukan secara spontanitas dan untuk waktu yang singkat, sementara penginjilan cenderung lebih kepada jangka panjang dan terencana. Kadang-kadang penginjilan yang terencana dikuatkan oleh kesaksian pribadi dari anggota yang terlibat, dan seballiknya terkadang kesaksian yang terjadi secara spontan dapat menuntun orang ke dalam program yang lebih terencana.

32 Gereja yang mula-mula, menghadapi rintangan saat mereka memperkenalkan Yesus. Salah satu rintangan itu adalah mereka dianggap tidak kredibel dalam menginjil atau bersaksi Meskipun memiliki banyak tantangan, mereka merasakan panggilan Allah untuk melanjutkan penginjilan dan kesaksian. Berkat pengampunan dan jaminan yang mereka rasakan secara pribadi memaksa mereka untuk bersaksi. Bersaksi adalah hasil alami dari pertobatan. Rintangan dalam Menginjil dan Bersaksi

33 Hal-hal yang ditekankan dalam Penginjilan dan Kesaksian Gereja Mula-mula Yesus Kristus adalah Tuhan; keselamatan melalui kebenaran-Nya, kerajaan Allah yang datang, dan janji kehidupan yang kekal.

34 Diskusikan Apakah yang menjadi alasan mengapa banyak anggota gereja tidak bersaksi? Manakah yang lebih tepat, memiliki hubungan baik lebih dulu dengan Allah baru kita dapat bersaksi atau bersaksi akan membuat kita memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan kita, Jelaskan penbdapat anda!

35 Menjelaskan Arti Penginjilan dan Kesaksian Sekilas Pandang 3. Tugas Kita: Menginjil dan Bersaksi (1 Petrus 3:15 )

36 1 Petrus 3:15 “Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat,

37 FAKTA PENTING! Menurut para ahli Pertumbuhan Gereja, hanya 10% saja dari anggota jemaat yang memiliki karunia “menginjil.” Meskipun tidak semua anggota jemaat dapat menginjil, tetapi semua anggota jemaat harus menjadi “saksi.” Setiap anggota jemaat dapat menjadi “saksi.”

38 Tanggung Jawab Kita Sebagai Anggota Gereja Allah telah memberi kita tanggungjawab untuk menyaksikan bagaimana Dia telah mengubah hidup kita seperti yang Dia telah lakukan kepada orang yang tadinya kerasukan Setan di Gadara dan kepada pengikut-Nya yang lain.

39 Tanggung Jawab Kita Sebagai Anggota Gereja Penginjilan dan Kesaksian merupakan tanggung jawab pribadi dari setiap umat yang percaya, seluruh anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (jemaat) memiliki tanggung jawab bersama juga Bilamana Penginjilan dan Kesaksian tidak dilakukan di tingkat gereja lokal, maka hal itu pasti tidak akan terlaksana di mana pun juga (Baca: Pendahuluan Umum Pelajaran SS Triwulan II, 2012)

40 Hidup dan Ajaran Yesus Penginjilan dan kesaksian harus membicarakan tentang kehidupan dan ajaran Yesus, perubahan yang telah dihasilkan oleh ajaran dan keyakinan itu dalam kehidupan pribadi umat percaya, dan perbedaan yang Yesus dapat buat dalam kehidupan siapa saja yang menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat.

41 Hidup dan Ajaran Yesus Pertumbuhan pesat yang dialami jemaat yang mula-mula sebagaian besar di pengaruhi oleh keyakinan dan komitmen anggotanya. Hal ini didasarkan pada pengalaman pribadi mereka dengan Yesus dan melalui kuasa kecurahan Roh Kudus. Ajaran Yesus Kristus dan pengaruh Roh Kudus sangat mendasar dan penting bagi setiap kesaksian penginjilan.

42 DISKUSIKAN Menurut pengamatan anda di jemaat mu, apakah anggota jemaat sudah aktif melakukan penginjilan dan kesaksian, baik secara individu maupun secara kelompok? Jika ternyata anda temukan anggota gereja masih minim yang terlibat dalam menginjil dan bersaksi, kira-kira menurut anda apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimanakah cara terbaik untuk memotivasi setiap anggota jemaat terlibat dalam penginjilan?

43 KUTIPAN ROH NUBUAT “... pernyataan yang benar dan jujur dari anak-anak Allah, dan diucapkan dalam kesederhanaan yang alami, memiliki kuasa untuk membuka pintu-pintu hati yang sudah lama tertutup untuk Kristus dan kasih- Nya.”—Ellen G. White, The Colporteur Evangelist,hlm.38.

44 RANGKUMAN Menceritakan pengalaman kita tentang apa yang telah dilakukan Kristus bagi kita merupakan kesaksian yang kita dapat bagikan kepada pribadi lepas pribadi. Pekerjaan perorangan yang kita lakukan bagi Allah merupakan suatu bagian yang sangat penting dari pekerjaan penginjilan jangka panjang yang dilakukan oleh jemaat.

45 “Sebagai wakil-wakil Kristus di antara manusia, Ia tidak memilih malaikat yang tidak pernah jatuh, tetapi manusia, manusia yang sama dengan mereka yang akan dicari untuk diselamatkan. Kristus mengambil kemanusiaan bagi-Nya, agar Ia dapat mencapai umat manusia. Keilahian memerlukan kemanusiaan; karena keduanya dituntut yaitu Keilahian dan kemanusiaan, untuk membawa keselamatan kepada dunia. Keilahian memerlukan; supaya kemanusiaan boleh menjadi saluran antara Allah dan manusia.”—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld.5, hlm. 315 KUTIPAN ROH NUBUAT

46 PENERAPAN: Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Sebagai seorang anggota gereja saya wajib memberitakan injil Kristus dan bersaksi kepada setiap orang baik secara pribadi sebagai anggota gereja maupun bersama-sama dengan anggota gereja lainnya secara kelompok Perobahan hidup yang aku alami di dalam Kristus harus dibagikan kepada orang- orang disekitar saya dengan penuh kasih. Saat yang sama saya juga harus mendukung misi gereja dalam menjadikan murid Saya terlalu sibukMinggu mendatang ini saya akan berusaha menyisihkan waktu saya untuk membagikan Kristus kepada orang yang saya temui. Saya juga akan ikut berpartisipasi dalam program penginjilan gereja.

47 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google