Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul 1. Pokok Bahasan Pengertian Komputer Periode Perkembangan Alat Pengolah Data dan Generasi Komputer Tokoh Penting dalam Perkembangan Komputer Jenis-Jenis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul 1. Pokok Bahasan Pengertian Komputer Periode Perkembangan Alat Pengolah Data dan Generasi Komputer Tokoh Penting dalam Perkembangan Komputer Jenis-Jenis."— Transcript presentasi:

1 Modul 1

2 Pokok Bahasan Pengertian Komputer Periode Perkembangan Alat Pengolah Data dan Generasi Komputer Tokoh Penting dalam Perkembangan Komputer Jenis-Jenis Komputer

3 Pengertian Komputer ?

4 Siklus Pengolahan Data

5 Elemen-elemen Sistem Komputer

6 Brain Ware Computer Operator, bertugas untuk pengoperasian komputer secara keseluruhan. Data Entry Operator, bertugas untuk pemasukan (input) data. Librarian, bertanggung jawab atas penyimpanan dan pengorganisasian file data dan program. Computer Programmer, bertugas untuk pembuatan program berdasarkan spesifikasi dari system analyst. Network manager (system manager), bertanggung jawab atas kelancaran sistem jaringan komputer secara keseluruhan. System analyst, bertanggung jawab untuk perancangan sistem informasi secara keseluruhan. Chief Information Officer, biasa juga disebut Manager Departement Sistem Informasi.

7 Periode Perkembangan Alat Pengolah Data dan Generasi Komputer

8 Periode Manual (1000 SM – 1600 M ) Pada mulanya seluruh alat bantu hitung digerakkan secara manual dengan tenaga manusia Periode Mekanis (1642 – 1885 ) kemudian alat bantu hitung berkembang menggunakan tenaga penggerak mekanik menggunakan roda gigi yang digerakkan tangan Periode Elektromekanis (1886 – 1945) Pada perkembangan selanjutnya, alat bantu hitung, mesin mekaniknya mulai menggunakan tenaga listrik, Periode Elektronik (1946 – sekarang ) Perkembangan terakhir menggunakan sirkuit elektronik

9 Generasi Komputer KOMPUTER GENERASI I (1946), beberapa ciri utama dari generasi ini diantaranya: – Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya. – Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar. – Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetic tape atau magnetic drum. – Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language).

10 contoh komputer generasi pertama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) Dikembangkan tahun 1946 oleh Jhon W. Mauchly dan J. Presper Eckert dari Universitas Pennsylvania merupakan First General Purpose Electronic Computer. Komputer pada zaman ini memiliki ribuan tabung hampa untuk satu komputernya, ukuran fisik yang cukup besar, dan membutuhkan tempat yang cukup luas. Umumnya komputer ini digunakan untuk menghitung ketepatan tembakan. Mau tahu cara memprogram komputer ini? Yaitu dengan menghubungkan dan memotong kabel dan serta menggunakan kontak-kontak. Komputer pada generasi ini masih lambat prosesnya, dan memakan listrik yang cukup tinggi, serta daya simpan masih sedikit. ENIAC sendiri pada waktu itu membutuhkan tempat lebih dari 500 m2 (lihat Gambar 1), dan menggunakan tabung hampa. Generasi komputer pada era tersebut dikenal dengan nama generasi mainframe.

11 ENIAC

12 UNIVAC (Universal Automatic Computer) Sudah menggunakan pita magnetik sebagai media input dan outputnya, seperti terlihat pada Gambar 2. Merupakan komputer komersial pertama yang dipakai oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk digunakan dalam menghitung sensus penduduk dan sebagai komputer pertama yang dibuat untuk tujuan aplikasi bisnis. Generasi komputer pada era tersebut dikenal dengan nama generasi micro computer.

13 UNIVAC

14 KOMPUTER GENERASI II (1959) Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya: Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya. Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947 oleh Jhon Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley. Program dibuat menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN (1954) dan COBOL (1959) yang lebih mirip bahasa Inggris. Kapasitas memori utama sudah cukup besar. Mulai digunakan dan dipasarkan media penyimpanan berupa removable disk pack sebagai pendukung dari sistem magnetic tape. Mulai digunakan pada kalangan bisnis, perguruan tinggi, dan lembaga pemerintahan. Adapun contoh komputer generasi ke dua ini di antaranya: IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 yang di buat oleh International Business Machine. NRC 300 yang dibuat oleh National Cash Register. Honeywell 400 dan Honeywell 800 yang dibuat oleh Honeywell.

15 KOMPUTER GENERASI III (1964) beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya: Sudah menggunakan IC (Integrated Circuits) sebagai pengganti transistor. Kecepatan pengolahan data sudah mencapai 10,000 kali komputer generasi pertama dengan kapasitas memori komputer lebih besar. Media penyimpanan bersifat random access, yaitu menggunakan disk magnetic. Penggunaan tenaga listrik yang lebih hemat. Kemampuan untuk melakukan multiprocessing dan melakukan komunikasi data antar komputer. Adapun contoh komputer generasi ketiga ini di antaranya: IBM S/360 yang dirancang untuk bisnis dan teknik. General Electric mengeluarkan GE 600 dan GE 235. National Cash Register mengeluarkan NCR seri Century.

16 KOMPUTER GENERASI IV (1971) beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya: Mulai dikembangkannya komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080). Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).

17 Adapun contoh komputer generasi ketiga ini di antaranya: Apple II yang dikembangkan oleh Steven Jobs dan Steve Wozniak. Gambar di atas ditampilkan Apple II dengan Steven Job (kiri) dan Steve Wozniak (kanan). IBM PC dengan kompatibelnya yang diproduksi massal oleh berbagai perusahaan sehingga komputer micro memasyarakat hingga saat ini. IBM PC terus berkembang mulai dari IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PC/386, IBM PC/486 menggunakan microprocessor Intel 8088, 80286, 80386, 80486, selanjutnya menjadi seri Intel Pentium. Yang memproduksi microprocessor selain perusahaan Intel, ada juga perusdahaan AMD (Advanced Micro Devices). Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Graphical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corporation.

18 KOMPUTER GENERASI V (1985) Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya: Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent. Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).

19 Tokoh Charles Babbage Seorang penemu dan ahli matematik yang lahir di Inggris tahun Berhasil membuat model mesin yang dinamakan Difference Engine dan merancang Analytical Engine Modern Computer) karena dalam rancangannya Analytical Engine mempunyai lima unsur yang terdapat pada komputer modern, yaitu: – Alat masukan (input device). – Tempat penyimpanan data yang akan diproses. – Alat pemrosesan. – Unit pengontrol pengolahan. – Alat keluaran (output device). Ada Augusta Byron (Countess of Lovelace) Dikenal sebagai programmer pertama (First Computer Programmer) karena membantu mengembangkan instruksi untuk menjalankan Analytical Engine. Herman Hollerith Tahun 1886 membuat Tabulating Machine yang digunakan untuk menghitung hasil sensus penduduk Amerika Serikat di tahun 1890 dengan cepat. Tahun 1896 mendirikan Tabulating Machine Company dan tahun 1924 melakukan merger dengan dua perusahaan lain dan membentuk International Business Machines Corporation – IBM Co.

20 Thomas Watson Pada tahun , memimpin International Business Machines (IBM) dan berhasil membawa IBM mendominasi pasar sebagai pemasok mesin pengolah data dan mulai menjadi pengembang komputer ternama. Sejak tahun 1981, IBM memasuki bisnis komputer mikro dengan memperkenalkan IBM PC. Bob Noyce dan Gordon Moore Tahun 1968 mendirikan Intel dan tahun 1971 memperkenalkan micro-processor pertama (4004).

21 Steven Jobs dan Steven Wozniak Tahun 1976 memperkenalkan Apple I, yaitu komputer pertama dengan keyboard dan layar. Membentuk perusahaan Apple Computer Inc. dan mengembangkan Apple II. Bill Gates dan Paul Allen Sebagai pendiri perusahaan Microsoft. Tahun 1980 IBM memilih Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi bagi IBM PC dan hasilnya adalah sistem operasi yang dikenal dengan nama MS-DOS. Tahun 1990 perusahaan Microsoft mendominasi pasar perangkat lunak (software) dengan semakin luasnya penggunaan system operasi Microsoft Windows dengan berbagai program aplikasi untuk keperluan bisnis, teknik, pendidikan, dan pribadi. Richard Stallman Tahun 1984 mengawali proyek GNU (Gnu’s Not Unix), yaitu sistem operasi mirip Unix yang bersifat free software. Tahun 1985 mendirikan lembaga Free Software Foundation yang mensponsori pengembangan free software. Linus Torvalds Tahun 1991 mengembangkan sistem operasi Linux yang kemudian disebarluaskan secara Open Source. Sistem operasi linux banyak diaplikasikan untuk server pada system jaringan. Perusahaan besar seperti IBM dan SUN telah mengadopsi Linux sebagai perangkat lunaknya.

22 Jenis-jenis Komputer Berdasarkan data yang diolahnya, komputer dikelompokkan ke dalam tiga golongan: Komputer Analog, digunakan untuk data yang sifatnya berkesinambungan dan bukan data yang berbentuk angka (tetapi dalam bentuk fisik). Misalnya untuk mengukur arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan, detak jantung, dan sebagainya. Komputer digital, digunakan untuk mengolah data berupa huruf dan angka. Komputer jenis ini biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik. Beberapa keunggulan dari komputer digital adalah: – Memproses data lebih tepat bila dibandingkan dengan komputer analog. – Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses. – Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya. – Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus. – Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik, maupun gambar. Komputer Hybrid, digunakan untuk aplikasi khusus. Merupakan kombinasi dari komputer analog dan komputer digital.

23 Berdasar ukurannya Super Computer Mainframe Computer Mini Computer Micro Computer

24 see U next Time


Download ppt "Modul 1. Pokok Bahasan Pengertian Komputer Periode Perkembangan Alat Pengolah Data dan Generasi Komputer Tokoh Penting dalam Perkembangan Komputer Jenis-Jenis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google