Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Antari Innaka Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Antari Innaka Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada."— Transcript presentasi:

1 Antari Innaka Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada

2  Setiap anggota kelompok saling memperkenalkan diri, membuka diri dan berinteraksi secara bebas  Memilih satu orang ketua dan satu orang sekretaris  Menetapkan prosedur diskusi: bagaimana skenario didiskusikan; bagaimana memanfaatkan waktu secara efektif; bagaimana menetapkan keputusan kelompok.

3  Skenario harus dibaca oleh seluruh kelompok.  Ketua kelompok membuka diskusi dengan mengajukan pertanyaan kepada para anggota.  Sekretaris tetap ikut aktif dalam diskusi.  Tugas sekretaris: mendengarkan pendapat para anggota; mencatat kesimpulan sementara; mengelompokkan hasil diskusi dalam katagori tertentu sehingga hasil diskusi dapat disusun secara terstruktur.

4  Seluruh pembelajar masih harus menelusuri informasi secara mandiri baik melalui buku, jurnal, internet, video, pakar dalam bidang pokok bahasan. Penelusuran ini harus dirasa tanggung jawab baik bagi diri sendiri maupun teman pembelajar lainnya.  Seluruh hasil penelusuran informasi mandiri dilaporkan dalam diskusi berikutnya dan dirangkum dalam satu kesimpulan yang kemudian dituangkan dalam laporan kelompok.  Seluruh anggota bertanggung jawab atas tujuan pembelajaran.

5 7.Berbagi hasil pembelajaran mandiri 1.Klarifikasi terminologi yg tidak jelas makna 2.Penetapan masalah 4.Pemecahan masalah sementara 5.Penetapan tujuan pembelajaran 6.Pengumpulan informasi secara mandiri 3.Curah pendapat The Seven Jumps

6  Identifikasi istilah atau kata-kata yang maknanya kurang jelas  Tanyakan kelompok, barangkali ada anggota yang tahu dan dapat menjelaskan atau mendefinisikan istilah atau kata-kata yang maknanya kurang jelas tsb.  Anggota kelompok harus jujur tidak perlu malu terhadap hal-hal yang dianggap kurang jelas.

7  Anggota kelompok harus aktif berpartisipasi dalam menyumbangkan pikirannya/pandangannya terhadap masalah yang sedang dibahas.  Hasil tertulis berupa daftar topik yang perlu dijelasakan lebih lanjut. Setiap anggota kelompok sangat mungkin mempunyai pandangan yang sangat berbeda terhadap masalah yang sedang dibahas.

8  Tahap lanjutan yang merupakan sesi terbuka dimana para anggota diminta untuk membuat formulasi, mencocokkan dan membandingkan buah pikiran mereka.  Hipotesis artinya suatu usulan pikiran yang diajukan sebagai dasar penalaran tanpa asumsi kebenaran (titik awal pemikiran lebih lanjut).  Dalam tahap ini setiap anggota berkesempatan untuk mencocokan atau menarik kembali pemahaman sesuai dengan proses diskusi.

9  Tahap ini mahasiswa akan memiliki buah pikiran yang berbeda-beda. Masalah dibahas lebih teliti dan dibandingkan dengan hipotesis atau penjelasan yang sedang dikembangkan untuk mengetahui apakah sudah sesuai makna atau belum. Jika belum, maka perlu eksplorasi lebih lanjut.

10  Tahap ini kelompok sepakat tentang tujuan pembelajaran yang akan dipelajari oleh seluruh anggota kelompok.  Hasil tertulis berupa tujuan pembelajaran merupakan hasil awal dari kerja kelompok. Tujuan pembelajaran diekspresikan dalam bentuk pertanyaan yang spesifik.

11  Mahasiswa bekerja mandiri (privat study). Mencari informasi baik melalui perpustakaan, jurnal, internet, video, pakar atau apa saja yang menyediakan informasi yang sesuai dengan topik bahasan.  Hasil tertulis berupa catatan mahasiswa secara individu.

12  Langkah ke-7 dilaksanakan pada perkuliahan minggu berikutnya.  Pada awalnya kelompok kembali kepada tujuan pembelajaran yang telah disepakati bersama (langkah 5)  Setiap anggota kelompok melaporkan sumber-sumber belajar.  Menganalisis seluruh masalah secara lengkap.

13  Jenis pertanyaan: ◦ Pertanyaan yang menarik pengetahuan bersama misalnya: “Faktor utama apa yang berpengaruh terhadap terjadinya kejahatan menjelang hari raya idul fitri?” ◦ Pertanyaan yang mendorong terjadinya diskusi lebih lanjut atau lebih luas, misalnya: “ Apakah hakim ketua sidang pengadilan berhak untuk menetapkan keputusan pengadilan tanpa memperhatikan pendapat dari hakim anggota lain?

14  Tingkat Pertanyaan: ◦ Pengujian pengetahuan, misalnya:” Apa saja bentuk-bentuk wanprestasi yang dapat dilakukan oleh debitur? Dan apa alasan yang dapat digunakan oleh debitur untuk menghindarkan diri dari tuntutan wanprestasi? ◦ Aplikasi, pembelajar diminta untuk mengaplikasikan pengetahuannya dalam suatu situasi, misalnya:”Pemerinatah telah berusaha untuk memerangi penyalahgunaan narkoba, tetapi hasilnya belum memuaskan, apa yang anada usulkan agar supaya pemerintah dapat berhasil?


Download ppt "Antari Innaka Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google