Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENYUSUN KAJIAN TEORITIK/PUSTAKA PENELITIAN YANG RELEVAN KERANGKA BERPIKIR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENYUSUN KAJIAN TEORITIK/PUSTAKA PENELITIAN YANG RELEVAN KERANGKA BERPIKIR."— Transcript presentasi:

1 MENYUSUN KAJIAN TEORITIK/PUSTAKA PENELITIAN YANG RELEVAN KERANGKA BERPIKIR

2 TEORI Teori merupakan sekumpulan pemikiran atau konsep, definisi atau usulan yang saling berkaitan untuk menjelaskan suatu fenomena tertentu dengan cara menspesifikkan hubungan antar berbagai peubah/variabel (Kerlinger, 2000). Teori suatu penjelasan yang sistematis terhadap suatu fakta yang diamati dan hukum yang berhubungan dengan aspek kehidupan tertentu (Babbie, 1989).

3 KEDUDUKAN TEORI DALAM PENELITIAN Masalah Penelitian Hipotesis Kerangka Teori Analisis/kajian teori

4 PERAN TEORI DALAM PENELITIAN 1.Memberi kerangka pemikiran bagi penelitian; 2.Membantu peneliti dalam menyusun hipotesis penelitian; 3.Memberikan landasan yang kuat dalam menjelaskan dan memaknai data dan fakta; 4.Mendudukkan permaslahan penelitian secara logis dan runtut; 5.Membantu dalam membangun ide-ide yg diperoleh dari hasil penelitian; 6.Memberikan acuan dan menunjukkan jalan dalam membangun kerangka pemikiran; 7.Memberikan dasar-dasar konseptual dlm merumuskan difinisi operasional; 8.Membantu mendudukkan secara tepat dan rasional dalam mensitesis dan mengintegrasikan gagasannya

5 KAJIAN TEORI/PUSTAKA dalam Skripsi  Sebagai dasar untuk mencari kebenaran berdasarkan teori  Teori-teori yang diambil harus relevan  Relevan dengan permasalahan (isinya) dan variabel (judul/sub judulnya) yang diambil  Diambil dari teori-teori yang terbaru  Diambil dari berbagai aliran

6 SYARAT-SYARAT KAJIAN TEORI/PUSTAKA Relevansi (relevancy) – Relevan dengan permasalahan yang dihadapi, tidak bersifat umum – bukan untuk membuat buku ajar Kelengkapan – berkenaan dengan banyaknya sumber yang dibaca. Kemutakhiran (recency) – sebagian besar tidak melebihi 5 – 7 thn: buku, jurnal, internet, seminar/kongres

7 ACUAN DAN PROSES KAJIAN TEORI/PUSTAKA  Acuan Umum: konsep/teori umum  Acuan Khusus: hasil penelitian/tesis/disertasi Proses Kajian Pustaka: 1.Retrieval – proses penelusuran sumber 2.Review – proses mengabstraksikan hasil, melakukan sintesis sehingga menjadi kesimpulan yang padu. 3.Proses mempelajari teori / konsep untuk dapat mengambil kesimpulan yang koheren

8 CARA PENULISAN TEORI (Lexy J Moleong, 1996 : 199) Argumentasi Deskripsi Perbandingan Analisis proses Analisis sebab akibat Pemanfaatan analogi

9 TIPS MENYUSUN KAJIAN TEORI/PUSTAKA Seleksi dan pilah-pilah bahan yang terkumpul menurut topik. Buat catatan isi subtopik yang menarik (sediakan buku saku). Jangan lupa menulis sumber acuan secara lengkap. Bahan ini dirangkaikan menjadi tulisan utuh, bukan hanya kumpulan pustaka. Pada akhir topik/ subtopik buat kesimpulan ringkasnya. Usahakan perpindahan topik/subtopik jangan terputus Perhatikan pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar, jelas dan ringkas. Perhatikan paragraf, kalimat, istilah (konsistensinya). Istilah asing, cetak miring. Perhatikan etika penulisan (terutama mengutip pendapat orang) Setiap saat dibaca ulang dan diperbaiki, serta minta saran pembimbing atau teman lain. Susun daftar rujukan menurut sistem yang baku, konsisten dan disepakati (lihat buku Pedoman TAS UNY)

10 CONTOH KAJIAN TEORI/PUSTAKA Motivasi Prestasi belajar Hal yang mempengaruhi motivasi ??? Internal eksternal Dapat dilihat dengan apa ???

11 PENELITIAN YANG RELEVAN Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diteliti, dapat pula relevan dengan metode penelitiannya. Berguna untuk menghindari duplikasi. Penelitian yang relevan, baik yang dilakukan oleh peneliti sendiri maupun orang lain.

12 KERANGKA BERFIKIR Kerangka berfikir: model konseptual tentang bagaimana teori berhubungan dengan berbagai faktor yang telah diidentifikasi sebagai masalah yang penting. Kerangka berfikir yang baik akan menjelaskan secara teoritis pertautan antar variabel yang diteliti.

13 ALUR MENYUSUN KERANGKA BERPIKIR 1.Menetapkan variabel yang diteliti. Berapa jumlah variabel yang diteliti dan apakah nama setiap variabel merupakan titik tolak untuk menemukan teori yang akan dikemukakan. 2.Analisis Kritis terhadap Teori dan Hasil Penelitian Peneliti melakukan analisis secara kritis terhadap teori-teori dan hasil penelitian yang telah dikemukakan. Dalam analisis ini, peneliti mengkaji apakah teori-teori dan hasil penelitian yang telah ditetapkan itu sesuai dengan obyek penelitian atau tidak.

14 3.Analisis Komparatif terhadap Teori dan hasil Penelitian Dilakukan dengan cara membandingkan antara teori satu dengan teori yang lain dan hasil penelitian satu dengan penelitian yang lain sehingga peneliti dapat memadukan antara teori satu dengan teori yang lain atau mereduksi bila dipandang terlalu luas. 4.Sintesa Kesimpulan Sintesa kesimpulan sementara yaitu perpaduan sintesa antara variabel satu dengan variabel yang lain akan menghasilkan kerangka berpikir yang selanjutnya dapat digunakan untuk merumuskan hipotesis. 5.Kerangka Berpikir Berupa kerangka berpikir yang asosiatif/ hubungan maupun komparatif/perbandingan.


Download ppt "MENYUSUN KAJIAN TEORITIK/PUSTAKA PENELITIAN YANG RELEVAN KERANGKA BERPIKIR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google