Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SKRIPSI SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SKRIPSI SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA."— Transcript presentasi:

1 SKRIPSI SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA

2 Disusun Oleh : Nama: Donny Arianto NIM: Program Studi: Sistem Informasi Fakultas: Teknik

3 Alasan Pemilihan Judul Agar dapat menghasilkan suatu sarana pembantu pembelajaran yang menarik bagi guru dan siswa khususnya bagi SMP 2 Jati Kudus. Serta lebih mengenalkan perkembangan teknologi komputer kepada guru dan siswa.

4 Latar Belakang Fisika merupakan ilmu yang berkaitan erat dengan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga fisika bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi merupakan suatu proses penemuan. Perkembangan komputer, baik dalam bidang software maupun hardware saat ini sudah mencapai tahap memungkinkan untuk dibangun sebuah sistem pembelajaran berbasis multimedia. Pembelajaran multimedia merupakan salah satu cara dalam membantu siswa dalam mempelajari fisika. Pembelajaran berbasis multimedia dimaksudkan untuk memahami rumus- rumus dan teori-teori dalam mata pelajaran fisika dengan benar. Aplikasi pembelajaran ini memberikan tampilan berupa text dan animasi sehingga membantu siswa dalam memahami mempelajari fisika. Dari wacana tersebut diatas maka penulis dalam melakukan penelitian ini mengambil judul “SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA ”.

5 Pembatasan Masalah Dalam penelitian ini penulis membatasi penelitian pada : 1.Materi yang disampaikan adalah data materi pelajaran fisika kelas I dan II. 2.Pada simulasi pembelajaran ini tidak menyediakan penambahan materi dan aplikasi ini berbasis desktop. 3.Bentuk pembelajaran yang terdapat pada aplikasi ini berupa materi, latihan soal, dan evaluasi 4.Tahap latihan soal dan evaluasi akan digunakan soal acak agar siswa tidak menghafal jawaban dan berupa soal pilihan ganda. 5.Pada simulasi pembelajaran ini terdapat editor untuk melakuan edit, tambah dan hapus untuk latihan soal dan evaluasi.

6 Tujuan Skripsi 1.Untuk memenuhi syarat kelulusan Strata I program Studi teknik Jurusan Sistem Informasi Universitas Muria Kudus. 2.Untuk merancang Simulasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Fisika..

7 Metodologi Penelitian 1.Obyek Penelitian Dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah : Nama: SMP 2 JATI KUDUS Alamat: Jl. R. Agil Kusumadya No 34 kudus Telp: (0291)

8 2.Jenis Data Data Primer Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari obyek penelitian, yaitu materi mata pelajaran fisika pada SMP 2 Jati. Data Sekunder Data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung, yaitu sumber-sumber yang berada di luar SMP 2 Jati Kudus. Data ini diperoleh dari buku-buku dokumentasi, jurnal, literatur dan referensi yang relevan

9 3.Metode Pengumpulan Data Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Metode Observasi Merupakan teknik pengumpulan data dimana penulis mengandalkan pengamatan secara langsung pada kegiatan yang dilakukan oleh SMP 2 Jati Kudus terutama pada saat siswa menerima mata pelajaran fisika. Studi Pustaka Sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan data sekunder yang mengacu pada literatur, buku, jurnal, maupun referensi yang dapat menunjang penyusunan skripsi ini. Inteview/Wawancara Wawancara langsung dengan guru mata pelajaran fisika yang bersangkutan.

10 Metode Pengembangan Sistem Dalam pengembangan sistem menggunakan model Linear Sequential /Waterfall Model. Model ini merupakan model klasik yang bersifat sistematis, berurutan dalam membangun software. antara lain a.Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak Proses pengumpulan kebutuhan dilakukan secara intensif untuk menspesifikasikan kebutuhan seperti apa saja yang dibutuhkan user dalam program yang akan dibuat. b.Desain Desain dikerjakan setelah kebutuhan selesai dikumpulkan secara lengkap. Dan disain dipadukan dengan apa yang dibutuhkan user. c.Pembuatan kode program Desain ditranslasikan ke dalam program perangkat lunak. Aplikasi yang dibuat harus sesuai dengan desain yang telah dibuat pada tahap desain.

11 d.Pengujian Pengujian sistem untuk memastikan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan user. Pengujian juga dilakukan untuk menimalisirkesalahan dan memastikan bahwa program berjalan sesuai logikadan fungsionalnya. e.Pendukung dan pemeliharaan Kemungkinan adanya perubahan ketika dikirimkan ke user. Perubahan bisa terjadi akibat perangkat lunak yang beradaptasi dengan lingkungan baru.

12 Keterangan : BSNP: Badan Standar Nasional Pendidikan Promes: Program Semester Protah: Program Tahunan RPP: Rencana Pembelajaran Pendidikan LKS: Lembar Kerja Siswa

13 ANALISA DAN PERANCANGAN 1. Analisa Sistem Analisa dan perancangan merupakan salah satu kegiatan penting yang dilakukan dalam pembuatan sebuah perangkat lunak. Analisa secara umum dapat diartikan sebagai penguraian suatu sistem yang utuh kedalam sebuah komponen - komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan - permasalahan yang ada dan kebutuhan - kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan untuk perbaikannya ( Jogiyanto, HM.,2005). Sedangkan perancangan secara umum dapat diartikan sebagai penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa atau pengaturan berbagai elemen terpisah ke dalam satu kesatuan utuh dan berfungsi(Jogiyanto, HM.,2005).

14 2.Identifikasi Masalah Sesuai rumusan masalah yang diuraikan pada bab I, maka topik yang diangkat adalah Simulasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Fisika. Untuk menyinkronkan antara materi yang ada pada buku dan materi-materi yang disampaikan oleh para guru terutama dalam bidang ilmu fisika maka dibangun aplikasi Simulasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Fisika. dengan harapan minat belajar siswa menjadi bertambah. Software tutorial merupakan metode penyampaian materi pembelajaran ilmu fisika, penyampaian materi ini menggunakan metode visual dan audio yang sesuai dengan materi pembelajaran. Materi berdasarkan kurikulum yang ada terutama pada pelajaran ilmu fisika.

15 3.Analisa Kebutuhan Dalam penyusunan aplikasi ini diperlukan tahapan- tahapan, sehingga akan memperjelas proses pembuatannya. Penyusunan tahapanpembuatan dari aplikasi ini adalah untuk menghasilkan alat bantu ajar yang berdaya guna bagi user. Pada tahap ini akan dilakukan pembuatan kebutuhan dari user, karena hasil akhir dari pembuatanaplikasi harus sesuai dengan keinginan user. User dari perangkatlunak interaktif ini adalah untuk kalangan guru sekolah menengah pertama (SMP), tetapi tidak menutup kemungkinan digunakan oleh siswa untuk belajar di rumah maupun siapa saja sebagai referensi mengajar.

16 Analisa Kebutuhan Perangkat Lunak ( Software ) dan Perangkat Keras (Hardware) Kebutuhan komputer terdiri dari perangkat keras dan lunak. Perangkat tersebut digunakan untuk membuat dan menjalankan program. a. Perangkat Lunak ( Software ) Beberapa perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak alat bantu ajar fisika untuk siswa SMP adalah: 1.Perangkat Lunak yang digunakan sebagai sistem operasi adalah Microsoft Windows XP. 2.Perangkat Lunak yang digunakan untuk mengelola animasi Audio Visual adalah Adobe Flash CS3

17 Perangkat Keras (Hardware) Untuk mendukung pemakaian Perangkat Lunak diatas maka diperlukan komputer dengan Hardware yang memiliki spesifikasi sebagai berikut: 1.Prosessor merupakan otak dari komputer karena dilakukan proses-proses kalkulasi maupun proses pembacaan. 2.RAM merupakan tempat penampungan sementara data yang akan diproses dari harddisk ke prosessor atau sebaliknya. 3.VGA Card dengan memorri 32 MB atau lebih besar sebagai media pengolah gambar yang akan ditampilkan ke monitor. 4.Layar monitor yang mampu menampilkan resolusi gambar 800x600 pixel atau lebih. 5.Sound Card sebagai media pengolah untuk output suara ke speaker. 6.Keyboard dan mouse untuk alat input pada komputer.

18 4.Perancangan Sistem Perangkat lunak alat bantu ajar ini disusun untuk membantu pengajar dalam menyampaikan materi. Untuk itu program ini direncanakan sedemikian rupa sehingga fasilitas-fasilitas pokok akan tersedia, agar dapat membantu dan memberikan kemudahan kepada user dalam mempelajari teori tentang pembelajaran fisika. Fasilitas yang akan disajikan dalam bentuk menu- menu yang dibuat sedemikian rupa, sehingga materi yang diperlukan dalam program pembelajaran ini dapat menarik minat anak-anak (User)untuk dapat mencoba dan mempelajarinya. Aplikasi ini juga berisi evaluasi untuk melatih user dalam menyelesaikan soal tentang pelajaran IPA terutama fisika.

19 Perancangan Program Setelah tahap penganalisaan, tahap berikutnya adalah proses perancangan. Proses perancangan akan memberikan gambaran tentang program yang akan dibuat dan nantinya akan dikembangkan. Program pembelajaran ini secara umum dibedakan menjadibeberapa bagian utama, yaitu : 1.Rancangan Frame pembuka 2.Rancangan Frame Menu Utama 3.Rancangan Frame Materi 4.Rancangan Frame Bantuan 5.Rancangan Frame Editor 6.Rancangan Frame Latihan 7.Rancangan Frame Evaluasi 8.Rancangan Frame Keluar

20 Struktur Program

21 Usecase Diagram Pembelajaran Fisika

22 Class Diagram Pembelajaran Fisika

23 Sequence diagram akses materi

24 Sequence Diagram Akses Evaluasi

25 Sequence Diagram Akses Latihan Soal

26 Sequence Diagram Akses Profil

27 Sequence Diagram Akses bantuan

28 Sequence diagram Kelola Materi

29 Sequence diagram kelola evaluasi

30 Sequence diagram kelola latihan soal

31 Activity Diagram Akses Profil

32 Activity Diagram Akses Materi

33 Activity Diagram Akses bantuan

34 Activity Diagram Akses Evaluasi

35 Activity Akses latihan Soal

36 Activity Kelola Materi

37 Activity Kelola Evaluasi

38 Activity Diagram Kelola latihan Soal

39 Statechart Diagram Tampil Profil Statechart TampilanMateri

40 Statechart Diagram Tambah Materi Statechart Diagram Ubah Materi

41 Statechart Diagram Hapus Materi Statechart Diagram Tampil Evaluasi

42 Statechart Diagram Tambah Evaluasi Statechart Diagram Ubah Evaluasi

43 Statechart Diagram Hapus Evaluasi Statechart Diagram Tampil Latihan Soal

44 Statechart Diagram Tambah Latihan Soal Statechart Diagram Ubah Latihan Soal

45 Statechart Diagram Hapus Latihan Soal Statechart Diagram Tampil Bantuan

46 Perancangan Output Perancangan Halaman Intro

47 Perancangan Halaman Utama

48 Perancangan Halaman Materi

49 Perancangan Halaman Bantuan

50 Perancangan Halaman profil

51 Perancangan Halaman Latihan Soal

52 Perancangan Halaman Editor

53 Perancangan Halaman Evaluasi

54 Perancangan Halaman Hiburan

55 Hasil Yang Dicapai Program Aplikasi Simulasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Fisika.

56 Kegunaan Sebagai alat Simulasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Fisika pada SMP 2 Jat Kudus Namun tidak menutup kemungkinan aplikasi ini dapat digunakan untuk kelas selanjutnya karena datanya dapat di update oleh guru sehingga dapat menyesuaikan materi yang sekarang.

57 PENUTUP Kesimpulan 1.Aplikasi alat bantu ajar ini dapat digunakan sebagai media bantu belajar anak SMP yang interaktif dalam mata pelajaran IPA khususnya fisika sehingga anak dapat mengenal kehidupan sekitar sejak dini dan lebih suka belajar. 2.Kerja sistem alat bantu ajar ini memiliki alur yang teratur sehingga user dapat dengan mudah mengerti dan memahami dari isi materi yang ada seperti halnya menu materi yang merupakan isi dari materi, menu latihan soal buat pembelajaran dan menu evaluasi yang digunakan untuk evaluasi dari pembelajaran materi.

58 Saran 1.Program animasi ini memerlukan pengembangan yang lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu tentang pengembangan tampilan dan animasi terlebih dari isi materi yang lebih detail lagi. 2. Karakter gambar yang dibuat masih dalam bentuk 2 dimensi sehingga perlu pengembangan menjadi 3 dimensi supaya lebih menarik. 3.Sistem yang dibuat menjadi lebih baik apabila aplikasi ini diterapkan pada Instansi pendidikan. Karena sistem ini dapat memotivasi para siswa untuk terus belajar lebih giat dan memudahkan pemahaman untuk dimengerti

59 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "SKRIPSI SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google