Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

(Apakah Anda sekedar pengagum atau pengikut Kristus?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "(Apakah Anda sekedar pengagum atau pengikut Kristus?"— Transcript presentasi:

1 (Apakah Anda sekedar pengagum atau pengikut Kristus?

2  Dua orang yang sedang menjalin hubungan perlu kejelasan status, baik untuk kepentingan mereka sendiri maupun untuk orang-orang di sekitarnya.  Setelah sekian lama menjadi orang Kristen, bagaimana status hubunganmu dengan Yesus? Apakah kita baru sekedar “pengagum” (fans) atau pengikut (followers) Kristus?

3 3 Kriteria Pengikut Kristus (Luk 9:23) 1. Menyangkal Diri Menyangkal = mengatakan tidak. Menyangkal diri = mengatakan tidak untuk kemauan diri sendiri. Kita tidak bisa melakukan sesuatu yang berguna bagi Allah, selama kita mencari kesenangan diri sendiri. Hanya jika kita menyangkal/meniadakan diri, barulah Kristus menjadi nyata lewat hidup kita.

4 2. Memikul salib setiap hari  Salib (silang) anda adalah ketika kehendak Anda dan kehendak Allah saling bersilangan (Charles Simpson). Memikul salib adalah keputusan untuk berhenti menyenangkan diri sendiri. Dan itu seharusnya dilakukan SETIAP HARI!  Ciri utama dari pengikut Kristus adalah apabila Roh Kristus ada dalam hidupnya dan menguasai keinginan dirinya (Rom 9:8).  Cara hidup yang salah bila “disilang” oleh salib akan menjadi saleh.

5 3. Mengikut (Teladan) Kristus  Tolok ukur pengikut Kristus yang sejati = serupa dengan Kristus (pikiran, sikap, perasaan, perkataan, tindakan, Roma 8:29)  Serupa dengan Kristus = menyukai apa yang disukai-Nya dan membenci apa yang dibenci-Nya. Terapkan pola hidup “What would Jesus Do?”

6 3 Contoh Model Pengikut Kristus (Lukas 9:57-62) 1. Bersedia Kehilangan Rasa Aman Jasmani (57-58)  Banyak orang yang mengikut Yesus karena hanya melihat sisi yang menyenangkan: kelompok yang berpengaruh, dukungan massa yang besar dan fasilitas yang memadai.  Yesus menunjukkan sisi lain menjadi murid Yesus: tertolak, dikucilkan, dipisahkan dari kenyamanan.  Tanpa kesiapaan melepaskan rasa aman duniawi dan mengandalkan rasa aman dalam Kristus, anda bukan “pengikut Kristus” melainkan “pengikut keinginan diri sendiri.”

7 2. Rela Melepaskan Ikatan Relasi (59-60)  Frase “menguburkan bapaku” adalah kewajiban anak laki-laki Yahudi terhadap orang tuanya sampai menguburkan.  Yesus menekankan bahwa siapapun yang memprioritaskan ikatan duniawi (keluarga, pekerjaan, hubungan sosial) tidak layak menjadi murid Yesus.  Tidak ada prioritas apapun yang mengalahkan tempat pertama dan terutama selain Tuhan dalam kehidupan pengikut Kristus yang sejati.

8 3. Mau Melepaskan Fokus Duniawi (61-62)  “Pamitan” adalah tindakan sopan santun dan menunjukkan penghormatan.  Ungkapan “membajak sambil menoleh ke belakang” adalah ungkapan sikap tidak fokus dan mendua hati.  Penundaan akan mengarah pada pembatalan dan berakhir dengan kegagalan.

9 Substitusi & Kompensasi (Luk. 18:28-30)  Apa yang ditinggalkan adalah sesuatu yang sangat berarti: keluarga, relasi, dan harta.  Namun yang didapat jauh lebih besar, yaitu “menerima kembali lipat kali ganda” (Mat 19:28 & Mrk. 10:29 menyebut “seratus kali lipat”), plus jaminan pasti akan hidup yang kekal di zaman yang akan datang.  BAYAR HARGANYA, DAN DAPATKAN KOMPENSASINYA!

10  Yesus tidak tertarik jumlah fans yang banyak, justru menantang para penggemar-Nya untuk berpikir ulang sebelum membuat komitmen mengikut Kristus.  Dengan 12 pengikut sejati saat mengakhiri tugas-Nya di bumi, tanpa keuangan, properti dan beking yang dapat diandalkan, dampak Gereja Kristus mendunia hingga kini.  Are you a fan or a follower?


Download ppt "(Apakah Anda sekedar pengagum atau pengikut Kristus?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google